sponsored ads

Tips SEO Blog Sederhana Yang Perlu Anda Tahu

Posted By : Posted on - 6:37:00 AM with No comments

Tips SEO sederhana - Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara yang digunakan untuk mengoptimalkan konten suatu blog dengan mekanisme mesin pencari. Banyak cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan konten blog agar berada di rank atas hasil pencarian suatu mesin pencari. Kenapa? Karena dengan hasil teratas di halaman mesin pencari maka kemungkinan kunjungan ke blog atau website anda memiliki peluang lebih besar bagi para pengguna internet untuk masuk dalam blog atau website anda. Jadi untuk itulah kenapa SEO dibutuhkan.

Seperti yang saya sebut diatas banyak cara dilakukan untuk SEO ke blog seperti SEO on page, off page, web crawling, pengoptimalan robots txt mesin pencari, media sosial, web direktori, bahkan penggunaan jasa SEO atau cara cara SEO entah itu berbayar, legal atau ilegal banyak digunakan tujuannya hanya satu yaitu meningkatkan SEO agar ramai trafik kunjungan ke blog. Namun daripada anda pusing memikirkannya saya akan share tentang Tips SEO sederhana yang terbukti berhasil untuk meningkatkan trafik atau kunjungan ke blog anda dengan cara sederhana dan aman, dan artikel ini merupakan lanjutan dari artikel kemarin tentang pengaturan SEo paling penting.

tips seo sederhana

6 Tips SEO Blog Sederhana Yang Perlu Anda Tahu

Teratur update konten asli
Yang perlu anda ketahui tujuan utama Google dalam visi dan misinya adalah untuk menyediakan kemudahan bagi para pengguna internet dengan hasil pencarian yang relevan dan berguna. nah jika anda mengetahui mengetahui secara jelas apa visi dan misi Google tersebut anda bisa menentukan langkah SEO yang anda butuhkan. Yang anda butuhkan adalah konten unik & memecahkan masalah yang dibutuhkan oleh pengguna internet dan itu merupakan jawaban yang tepat bagi blog anda. Anda harus rajin mengupdate blog anda sehingga konten blog selalu fresh dan disukai mesin pencari. Kenapa harus unik dan orisinil? Berikut alasan kenapa konten anda harus unik dan orisinil.

  • Konten yang unik & orisinil lebih disukai mesin pencari dan jika disukai di mesin pencari maka kemungkinan blog anda tampil dihalaman teratas menjadi lebih besar.
  • Konten orisinil namun tidak unik dan banyak ditemukan di blog sebenarnya tidak salah dan dapat memperbaiki trafik namun tetap saja anda bersaing dengan ratusan bahkan ribuan konten blog lain dengan judul atau tema blog lain yang sama.
  • Konten unik namun tidak orisinil tentu menyalahi hak cipta apalagi anda menjiplaknya secara utuh tanpa pengeditan walaupun persaingan keyword tersebut rendah namun banyak dicari.
  • Konten tidak unik + tidak orisinil maka siap siaplah blog anda berada ditepi jurang, sekali tendang Google blog anda akan terjun bebas hehehhe...Dan yang perlu anda ketahui berapa banyak artikel yang anda punyai entah itu ribuan tetapi hasil jiplak atau copy paste blog orang lain saya yakin rank anda tetap rendah dan sulit bersaing dengan blog orisinil karena saya sudah membuktikan sendiri hal tersebut. Masih untung jika blog anda tidak kena tendang Google hehehhe...

Dan yang perlu anda perhatikan bahwa ungkapan "konten asli" berarti jauh lebih besar dari sekedar posting blog saat ini. Anda harus mulai mulai memikirkan untuk membuat konten blog anda orisinil secara menyeluruh dimulai dari:

Gambar
Gambar sendiri merupakan pilihan terbaik bagi kesehatan blog anda dan sangat disukai mesin pencari. Anda bisa mengambil gambar melalui ponsel anda atau bisa mengambil dikomputer menggunakan print screen sysrq untuk digunakan diblog anda. Jika anda menggunakan gambar yang diambil diinternet pastikan untuk mengambil gambar yang berlisensi boleh digunakan kembali tanpa atau lewat editing. Dapatkan di Flickr atau Photobucket, wikipedia commons atau situs web yang menyediakan gambar tanpa lisensi secara gratis yang banyak disediakan. Jika menggunakan google pencarian pastikan untuk mencari gambar yang bebas lisensi atau hak cipta.  Baca juga cara optimasi SEO pada gambar

Video
Membuat tutorial atau melakukan posting video dengan webcam Anda. Hal ini akan membangun link dan lalu lintas dari Youtube. Baca juga cara lengkap upload video dari youtube ke blog.

Idealnya adalah untuk membangun hubungan dengan pembaca Anda dengan membantu mereka mendapatkan pemecahan masalah atau kebutuhan yang mereka cari diinternet dengan konten yang unik, orisinil dan berguna. Ini akan berarti lebih banyak berbagi dan hasil yang lebih cepat pada SERPs (posisi peringkat mesin pencari).

Membangun backlink yang relevan dengan cara alami
Cara sederhan tips SEO untuk blog atau website bisa anda dapatkan lewat backlink untuk memperbaiki nilai SERP. Jika Anda baru memulai atau belajar dengan SEO Anda mungkin tahu sedikit tentang backlink. Sebuah backlink adalah ketika situs lain link kembali ke situs Anda dari situs mereka. Tidak semua backlink bagus bagi blog atau website anda, backlink yang berkualitas merupakan tips sederhana ntuk meningkatkan SEO blog.

Tidak semua backlink diciptakan sama, backlink bisa merupakan inlink / inbound (link yang menautkan antar link didalam konten blog anda) atau outlink (link yang menghubungan link blog satu dengan blog yang lain). Beberapa hal yang perlu diketahui dan perhatikan:

Jangan membeli backlink
Saya pernah mendengar tentang seorang pria yang merupakan kepala SEO sebuah perusahaan investasi ternama didunia. Dia membeli beberapa backlink murah pada sebuah domain dengan jutaan dolar dan mendapatkan hal yang dilarang dari Google dan akhirnya Google mendepaknya dari mesin pencari, namun setelah beberapa mediasi dan membuat pernyataan untuk tidak mengulangi hal tersebut akhirnya Google membuka kembali web tersebut masuk dalam pencarian mereka. Jangan membeli backlink. Google sangat tidak menyukai backlink yang tidak wajar dan berlebihan.
    
Backlink dari Web besar / otoritas
Mendapatkan backlink dari rank blog yang berada dibawah anda merupakan hal yang tidak berpengaruh, yang mempengaruhi adalah jika backlink tersebut memiliki self domain seperti com, net, info, me atu sel domain lain hal itu mempengaruhi walapun rank mereka dibawah blog kita. Akan lebih berpengaruh lagi jika kita mendapatkan backlink dari blog atau web yang memiliki rank jauh diatas kita apalagi dari domain otoritas (.edu dan .gov karena web tersebut sangat valid) dan peringkat Anda dipastikan akan menanjak secara drastis.
    
Jangkar teks (Anchor)
Jangkar teks adalah kata-kata yang digunakan sebagai link yang menuju ke artikel lain dalam blog lain. Namun perlu diperhatikan untuk menautkan link yang relevan dengan kata kunci yang ditargetkan.

Blogwalking
Blogwalking dipercaya mampu untuk mendapatkan backlink berkualitas, namun anda juga perlu untuk berkomentar dengan baik di blog lain yang memiliki niche atau tema yang hampir mirip dengan tema blog anda

Pengoptimalan SEO pada Template
Mengoptimalkan template blog merupakan cara seo sederhana yang bisa anda lakukan. Mengoptimalkan template Anda adalah penting karena membantu memberikan Google indikator bahwa Anda adalah situs yang dapat dipercaya. Hal ini juga membantu Google menemukan konten Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Bersihkan template dari javascript atau kode HTML maupun floating ads yang tidak diperlukan & memberatkan loading blog.
  • Pastikan template Anda dikodekan dengan baik sehingga robot crawling mudah merayapi konten blog anda.
  • Pastikan  template ringan dan loading singkat atau cepat. Sebuah situs dengan pemuatan konten atau loading cepat baik untuk pengguna dan dengan demikian baik untuk mesin pencari seperti Google. Anda bisa mengecek kecepatan loading blog anda menggunakan layanan yang banyak disediakan di internet.
  • Pastikan Anda membersihkan setiap link yang rusak dan pastikan navigasi Anda semua berjalan lancar.
  • Memiliki tema yang dirancang dengan baik.

Memasang sitemap
Sitemap merupakan peta lokasi, yang namanya peta pasti bertujuan memudahkan arah sampai ditempat tujuan. Sama seperti sitemap pada blog yang berguna untuk memudahkan mesin pencari menemukan struktur konten blog anda. Dengan memasang sitemap atau peta situs juga mepunyai tujuan untuk "melaporkan" bahwa anda mengupdate artikel anda secara berkala kemudian menyerahkannya ke mesin pencari untuk diindeks ke hasil pencarian mereka. Menurut Google site anda dianjurkan setidaknya memiliki 2 sitemap. Satu digunakan untuk pembaca anda sebagi sitemap HTML atau lebih dikenal dengan daftar isi pada blog dan yang lain digunakan untuk mesin pencari yang lebih dikenal dengan sitemap XML yang digunakan dan dipasang di webmaster. Baca juga cara membuat sitemap.

Komentar pada blog lain
Untuk waktu yang lama strategi SEO sederhana saya terdiri dari hanya komentar pada blog otoritas lainnya. Tidak hanya membuat Anda lebih banyak lalu lintas, eksposur dan hubungan baru, juga dianggap sebagai backlink. Komentar yang benar bisa membuat backlink yang berguna untuk trafik blog anda. berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan:

  • Memperoleh peluang kunjungan dari pengunjung blog yang anda komentari
  • Komentar yang ditampilkan di blog lain yang memiliki niche sama bisa memberikan anda tambahan backlink, semakin anda memiliki banyak kualitas backlink semakin tinggi mesin pencari menganggap blog anda penting.
  • Mempunyai hubungan baru dan baik dengan admin blog lain
  • Bisa bertukar pikiran dengan pembaca maupun admin blog lain yang memiliki keterkaitan niche yang sama

Membangun media sosial Anda
Begitu banyak pengguna website media sosial di dunia ini jutaan bahkan ratusan juta orang, kenapa anda tidak menawarkan kepada mereka tentang isi blog anda. Cara efektif meningkatkan trafik ke blog anda adalah dengan menyebarkan atau share konten anda ke media sosial seperti twitter, facebook, G+, dll. Anda juga bisa menggunakan web direktori yang secara gratis memberikan anda submit artikel ke web direktori mereka. Semakin banyak anda menyebar link ke situs meia sosial atau web direktori semakin besar peluang anda untuk mendapatkan banyak trafik masuk ke blog anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara