sponsored ads

Cara Alami Mengobati Bermacam Macam Jenis Batuk

Posted By : Posted on - 4:13:00 PM with 2 comments

Cara Alami Mengobati bermacam-macam jenis Batuk - Batuk biasanya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, pergantian cuaca, kemasukkan debu, radang pada tenggorokan, penyakit, alergi dan lain sebagainya. Jenis batuk pun berbeda beda, ada batuk kering, berdahak, biasa dan berat. Batuk kering adalah batuk yang keluar tanpa dahak biasanya batuk kering ini disebabkan oleh alergi bau-bauan, debu, asap rokok dan lain lain. Batuk berdahak adalah batuk yang biasanya sering desertai dahak yaitu semacam lendir berwarna jernih, putih atau kekuning-kuningan, batuk berdahak biasanya timbul disertai radang ringan tenggorokan disebabkan oleh sakit flu. Batuk biasa adalah batuk yang timbul secara biasa contohnya bersin-bersin, sedang batuk berat adalah batuk yang disebabkan oleh penyakit berat sebagai contoh TBC, kanker tenggorokan, Amandel dan lain sebagainya.
 
Nah untuk itulah jika kita menderita batuk harus diketahui dahulu jenis dan macamnya sehingga kita bisa menggunakan obat yang sesuai untuk meredakan batuk tersebut. Berikut adalah obat batuk alami yang dipercaya dapat meredakan batuk sesuai jenis batuk tersebut. Jika pengobatan tidak berhasil dan batuk terus berlanjut segera hubungi dokter mungkin ada gejala lain yang menyebabkan timbulnya batuk tersebut:

Cara Alami Mengobati Batuk

Cara Alami Meredakan Batuk Biasa
Batuk biasa adalah batuk yang disebabkan oleh perubahan cuaca, cuaca dingin dan lain sebagainya. Pengobatan batuk ini cukup mudah menggunakan bahan-bahan alami yang dapat kita temukan disekitar kita:

Jeruk Nipis
Jeruk nipis yang berguna untuk mengobati penyakit panu juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit batu, Caranya adalah belah jeruk nipis kemudian peras airnya dan tambahkan madu atau kecap (bisa anda tambahkan kedua-duanya tergantung selera) kenapa saya katakan tergantung selera karena pengalaman saya pribadi perasan jeruk nipis ditambah kecap rasanya bikin saya mual jadi saya memilih perasan jeruk nipis dengan madu. Minum 3 kali sehari sampai batuk anda reda.

Daun Sirih
Daun obat dari keputihan ini bisa digunakan untuk meredakan batuk, Caranya rebus 3-5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air bersih sampai mendidih dan diamkan sampai kira-kira menjai 1 gelas. Angkat diamkan sampai dingin lalu diminum 2 kali sehari sampai batuk anda reda.

Kunyit
Kunyit dihaluskan menggunakan blender atau ditumbukdan peras airnya ditambah madu lalu diminum. Kunyit juga dipercaya dapat mengobati sariawan.

Jahe
Potong tipis 1 buah jahe lalu masukkan ke dalam 1 gelas air mendidih. Diamkan hingga hangat suam-suam kuku lalu diminum 2 kali sehari sampai batuk mereda.

Belimbing Wuluh
Ambil beberapa bimbing wuluh lalu haluskan dengan cara diparut atau diblender. Saring hasil parutan tadi hingga tersisa airnya saja tambahkan sedikit garam. Minum air sari belimbing wuluh ini 2 kali sehari sampai batuk mereda.

Cara Alami Meredakan Batuk Berdahak
Batuk berdahak adalah batuk yang biasanya disertai dengan dahak atau lendir. Pengobatannya bisa menggunakan ramuan herbal seperti dibawah ini:

Jahe dan Kencur
Ambil beberapa potong jahe dan kencur dengan rasio 1:1. parut atau haluskan dengan blender kedua bahan tersebut lalu masak hingga mendidih. Diamkan hingga hangat lalu saring ramuan tersebut dan diminum selagi hangat 2 kali sehari sampai batuk mereda.

Daun Sirih dan Jahe
Ambil5-7 lembar daun sirih dan 1 potong jahe diris tipis tipis dan masukkan kedua bahan tersebut ke dalam 2 gelas air dan didihkan hingga tersisa 1 gelas. Minum selagi hangat.

Cara Alami Meredakan Batuk Kering
Batuk kering adalah batuk yang tanpa disertai dengan dahak atau lendir. Penyebab batuk kering ini biasanya disebabkan karena kurangnya cairan ditenggorokan hingga menyebabkan dinding tenggorokan terluka. Luka ini juga bisa disebakan karena debu. Pengobatannya sebagai berikut:

Bubuk Kunyit & Bubuk Merica
Ambil bubuk kunyit 1 sendok makan dan bubuk merica setengah sendok teh. Masukkan ramuan tadi dalam air bersih 2 gelas dan didihkan. Minum saat rebusan tadi hangat.

Jahe Merah
Jenis jahe yang sedang populer saat ini yaitu jahe merah dapat digunakan untuk meredakan batuk kering caranya ambil 1 jahe merah sebesar ibu jari. Kunyah jahe tersebut dan hisap airnya dan buang ampasnya.

2 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara