Cara Agar Kinerja Komputer Optimal

Posted By : Posted on - 6:41:00 PM with No comments

Cara Agar Kinerja Komputer Optimal - Komputer yang kinerjanya sangat lambat sering membuat kita frustasi, jengkel apalagi kita memiliki tugas ataupun pekerjaan yang berkaitan dengan komputer. Komputer baru akan sangat baik kinerja maupun kecepatannya, namun seiring berjalannya waktu kierja komputer akan melambat. Beberapa faktor bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat seperti komputer overheating atu panas, virus, registry, memory, umur komputer dan lain sebagainya. Namun ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mempercepat kinerja komputer. Berikut adalah tips & cara mempercepat kinerja komputer untuk mendapatkan kinerja komputer yang optimal.

Cara Agar Kinerja Komputer Optimal

Bersihkan Komputer dari Windows Registry
Penyebab utama penyebab kinerja komputer menjadi lambat adalah masalah dan kesalahan dalam registri windowsnya. Adware, spyware dan ancaman lain biasanya target registri. Program software yang tidak terupdate juga sering menjadi masalah kinerja komputer menjadi melambat. Kebanyakan orang tidak suka meng update windowsnya mungkin karena masalah besarnya memori download yang dibutuhkan untuk mengupdate sistem windownya. Padahal update windows menjadi hal yang sangat penting yaitu memperbaharui sistem atau program windows yang telah usang, mengupdate fire wall yang melindungi sistem dari masuknya virus, menghapus registri sistem windows yang tidak terpakai dan lain sebagainya. Untuk itulah kenapa anda harus menhidupkan sistem update otomatis pada sistem windows anda.

Hapus File tidak dibutuhkan
Hapus file file program yang tidak dibutuhkan dalam komputer anda, program program yang menumpuk akan berpengaruh pada kecepatan loading komputer anda. Anda juga menghapus cache browser iternet, kebanyakan file file chace iternet tersebut memang tidaklah besar namun jika jumlahnya banyak maka memori yang dibutuhkan juga akan menjadi sangat besar. Gunakan program pembersih file tidak terpakai atau pembersih chace browser internet yang banyak disediakan di internet sebagai contoh saja pcutility, cc cleaner dan lain sebagainya dan pastikan anda selalu mengupdatenya.

Hapus Program yang tidak dibutuhkan
Seperti kebnayakan orang, setiap orang yang memiliki komputer akan mendownload banyak program yang diaplikasikan dalam komputer mereka. Namun seringkali mereka melupakan bagaimana memilah program program yang memang dibutuhkan. Dengan banyaknya program yang terpasang dikomputer hal itu akan memperlambat kinerja komputer. Solusinya adalah uninstall program program yang tidak terpakai dan gunakan yang penting penting saja jangan sampai program tersebut hanya memenuhi memori komputer anda saja.

Kosongkan Recycle Bin
Ketika anda menghapus sebuah atau beberapa file dalam komputer anda, maka secara otomatis file tersebut memang terhapus di tempat anda tadi menghapusnya namun tidak terhapus sepenuhnya dan akan masuk ke recycle bin. Nah folder recycle bin menggunakan memori lokal disk dimana anda menjalankan sistem operasi yang anda gunakan. Jika file file di recycle bin anda besar dan membutuhkan banyak memori maka hal tersebut akan mengurangi memori lokal disk sistem operasi dalam komputer anda sehingga komputer anda akan melambat. Nah solusinya adalah dengan mengosongkan rycycle bin.

Lakukan Disk Defragmentation
Lakukan pengecekan hardisk di komputer dan defregmentasi hardisk komputer anda, dengan fragmentasi hardisk maka akan mengatasi file file korup dalam hardisk, file file tidak terpakai dan file yang tidak terbaca. Komputer melambat akibat dari lamanya mendeteksi file yang korup, tidak terbaca atau hilang. Untuk iulah diperlukan defragmentasi hardisk untuk memecahkan masalah tersebut.

Update Antivirus Secara Berkala
Komputer yang melambat juga bisa disebabkan oleh masuknya virus dalam komputer anda sehingga akan mempengaruhi kinerja komputer. Untuk itulah mengapa sangat penting untuk menginstaal program antivirus terbaik di komputer anda. Nah untuk kinerja yang optimal di antivirus maka diperlukan untuk selalu mengupdate program antivirus anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara