sponsored ads

Tips & Cara Membuat Sebuah Komputar Yang Cepat & Powerful

Posted By : Posted on - 5:14:00 AM with No comments

Tips & Cara Membuat Sebuah Komputar Yang Cepat & Powerful - Memiliki komputer yang berkinerja cepat serta powerful tentunya memudahkan pekerjaan kita yang berhubungan dengan komputer. Kita pasti mencari cara mengatasi komputer yang lemot jika kinerja komputer kita berjalan lambat. Sebenarnya ada beberapa komponen dalam komputer yang membantu membuatnya lebih cepat dan lebih kuat. Di bawah ini adalah daftar semua komponen hardware yang membantu berkontribusi pada kinerja komputer. Perlu diingat bahwa bahkan perangkat lunak yang berjalan pada komputer dapat mempengaruhi kecepatan komputer. Nah berikut ini adalah bagaimana membuat sebuah komputer yang berkinerja cepat dan powerfull & komponen apa saja untuk mendapatkannya:

Tips & Cara Membuat Sebuah Komputar Yang Cepat & Powerful

Processor (CPU)
Kecepatan CPU komputer keseluruhan atau kecepatan clock komputer dan seberapa cepat ia mampu melakukan pengolahan data yang dikelola oleh prosesor komputer (CPU). Komputer akan jauh lebih cepat dan lebih kuat ketika ia mampu menjalankan instruksi lebih setiap detik. Sebagai contoh, prosesor komputer pertama adalah Intel 4004, prosesor yang hanya memiliki kemampuan 740 kHz dan mampu memproses sekitar 92.000 instruksi per detik. Prosesor saat ini adalah prosesor GHz multi-core mampu memproses lebih dari 100 miliar instruksi per detik. Nah untuk membuat sebuah komputer yang berkinerja cepat anda harus menggunakan prosesor terbaru. Baca juga tips memilih AMD atau intel prosesor.

Cache
Meskipun komputer saat ini mampu melaksanakan miliaran instruksi setiap detik, prosesor biasanya menunggu instruksi tersebut dari jenis lambat dari memori di komputer. Karena RAM dan hard disk drive jauh lebih lambat dibandingkan CPU, prosesor komputer dan motherboard menggunakan cache yang mentransfer instruksi antara prosesor, memori, dan komponen dalam komputer. Cache adalah jenis tercepat memori dan komputer dengan lebih L2 cache atau L3 cache akan mampu menyimpan instruksi lebih dan mengirim instruksi tersebut ke prosesor lebih efisien.

Memory (RAM)
Sebuah komputer dengan lebih banyak memori (RAM) akan mampu menyimpan lebih banyak program yang sedang berjalan di memori. Jika komputer Anda kehabisan memori, komputer harus menukar data yang tidak terpakai yang disimpan dalam memori untuk hard disk drive sampai dibutuhkan lagi. Hal ini membuat setiap tugas yang lebih kompleks dengan menambahkan langkah tambahan lain dan karena hard drive adalah jenis memori yang paling lambat di komputer itu akan mengurangi kecepatan.


Kecepatan BUS
Kecepatan bus motherboard dapat membuat data yang ditransfer antara semua komponen lebih cepat atau lebih lambat. Misalnya, Front Side Bus (FSB) dari 66 MHz akan menjadi jauh lebih lambat dari FSB 400 MHz. Jika bus lambat, itu hanya meningkatkan jumlah waktu prosesor harus menunggu instruksi.

Hard drive
Ada beberapa bagian yang berkontribusi dari hard disk drive yang dapat membuatnya lebih cepat, yang membuat komputer Anda secara keseluruhan lebih cepat. Dengan hard disk lama atau lambat mendorong setiap kali komputer Anda harus membaca atau menulis ke hard disk drive sistem akan melambat. Di bawah ini adalah daftar faktor yang berbeda. Cara mengecek kondisi hardisk.

  • Drive SSD tidak memiliki bagian bergerak yang membuatnya jauh lebih cepat daripada HDD tradisional.
  • Komputer lama menggunakan EIDE (ATA) kabel untuk menghubungkan drive, yang memiliki transfer rate jauh lebih lambat daripada SATA disertakan dengan komputer baru.
  • Dengan HDD RPM adalah seberapa cepat piring-piring dalam hard drive spin. A 5400 RPM hard disk drive akan menjadi jauh lebih lambat dari 7200 RPM drive.
   
Karena Cache adalah jenis tercepat memori, hard drive dengan cache atau cache yang lebih besar memungkinkan data yang akan ditangani secara lebih efisien ketika ditransfer antara komputer dan drive.

Video card
Jika Anda bermain game komputer terbaru, kartu video yang kuat dengan CPU sendiri (GPU) dan memori sendiri membuat permainan berjalan lebih cepat. Jenis kartu video membantu dengan kinerja komputer dengan mengambil pengolahan rendering 3D dan tugas-tugas kompleks lainnya. Antarmuka dari kartu video juga merupakan faktor yang berkontribusi terhadap kinerja kartu video. Misalnya, kartu video AGP tua jauh lebih lambat daripada kartu video PCI Express yang baru.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara