Pilih AMD Atau Intel Processor?

Posted By : Posted on - 2:43:00 PM with 1 comment

AMD atau Intel - Dibenak anda pasti berpikir pilih AMD atau Intel saat anda ingin membeli CPU komputer maupun merakitnya. Banyak sekali yang mempertanyakan hal ini setidaknya dari ribuan pertanyaan yang masuk di Yahoo answer. Nah sebelum kita membahas tentang kelebihan dan kekurangan AMD maupun Intel processor kita lihat dulu profil dari kedua perusahaan tersebut.


Keterangan AMD Intel
    Berdiri
    1969
    1968
    Kantor Pusat
    Sunnyvale, California
    Santa Clara, California
    Nama Perusahaan
    Advance Micro Devices
    Intel Corporation
    Slogan
    Smarter Choices
    Leap Ahead
    Karyawan
    16719
    94100
    Website
    www.amd.com
    www.intel.com
    Tipe Perusahaan
    Terbuka
    Terbuka
    Terdaftar
    NYSE (AMD)
    NASDAQ (INTC) SEHK (4335)
    Produk
    Microprocessors, Motherboard chipsets, DTV decoder chips, Handheld media chips
    Microprocessors, Flash memory, Motherboard chipsets, Network interface cards, Bluetooth chipsets

Pilih AMD Atau Intel Processor?
Efisiensi Biaya
Secara umum, chip AMD lebih murah daripada rival mereka Intel. Jika anggaran Anda terbatas, AMD pilihan yang tepat, namun jika anda mengharapkan kinerja secara keseluruhan lebih kuat dan lebih cepat maka pilihlah processor intel.

Segi Penggunaan
Untuk anda yang menggunakan komputer anda untuk tujuan web browsing, menonton film maupun video, dan segala sesuatu yang berkenaan dengan internet AMD adalah pilihan yang tepat, Namun jika anda menggunakan komputer anda untuk olah data, gaming, grafis maka intel merupakan pilihan yang tepat.

Overclocking
CPU yang anda gunakan memiliki clock speed tetap, dan biasanya ditetapkan pada tingkat yang menjamin CPU akan tetap stabil ketika digunakan secara optimal. Pengguna yang ingin mendapatkan performa lebih dari CPU mereka kadang-kadang melakukan tweak untuk prosesor yang dikenal sebagai "overclocking," yang meningkatkan kecepatan clock CPU di atas tingkat dasar atau standar. Chip AMD adalah pilihan yang solid untuk overclocking, mengingat bahwa Amd biasanya menawarkan lebih banyak core yang lebih murah, dan lebih mudah untuk pengguna yang suka mengutak-atik pengaturan di CPU mereka. Chip Intel biasanya terkunci di clock speed standar, tanpa opsi untuk overclock, kecuali jika Anda memilih untuk versi unlocked CPU.

Efisiensi GPU
Prosesor AMD dapat menghemat banyak uang, tetapi untuk prosesor yang lebih handal dan lebih kuat Intel i5 dan i7 secara signifikan lebih baik dari kartu grafis high-end namun harga yang lebih mahal dibanding AMD. Ada bisa menemukan perbedaan yang signifikan dalam frame rate dan latency ketika membandingkan bagaimana chip Intel dan chip AMD menjalankan aplikasi bila menggunakan kartu grafis yang sama.

Secara Umum
Setiap prosesor AMD maupun Intel memiliki kelebihan maupun kekurangan jadi anda jangan sampai bingung menentukan ketika Anda mencoba untuk memutuskan apakah Anda harus membeli prosesor AMD atau Intel. Setiap perakit PC memiliki kebutuhan yang berbeda dan anggaran yang berbeda. Intinya tanyakan pada diri anda sendiri apa maksud dan tujuan anda untuk menggunakan komputer yang akan anda beli. Jika kebutuhan komputasi Anda terdiri dari web browsing, menonton video, mengirim email dan tugas produktivitas, Anda dapat dengan mudah menggunakan CPU AMD. Jika game dan Grafis adalah prioritas Anda dan Anda memiliki banyak uang untuk dibelanjakan, maka Intel adalah jawaban yang tepat atas solusi anda. Jangan ragu untuk memeriksa penjelasan tentang perbedaan antara 32-bit dan sistem operasi 64-bit.

1 comment:

  1. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya ya!! ^^
    http://rentallaptopmalang.blogspot.com/

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara