Pengertian Sistem Komputer 32 & 64 Bit

Posted By : Posted on - 8:14:00 AM with No comments

Kita sering kali melihat sistem komputer menggunakan 32 atau 64 bit. Lalu apa yang dimaksud demikian. Dalam dunia komputasi personal, 32bit dan 64bit mengacu pada jenis unit pusat pengolahan, sistem operasi, driver, program perangkat lunak, dll. Hardware dan software 32 bit sering disebut sebagai x86 atau x86-32 sedang hardware dan software 64 bit sering disebut sebagai x64 atau x86-64.

Sistem 32 bit memanfaatkan data dalam potongan 32bit sedangkan sistem 64bit memanfaatkan data dalam potongan 64bit. Secara umum, semakin banyak data yang dapat diolah sekaligus, semakin cepat sistem dapat beroperasi. Ada beberapa keuntungan lainnya untuk sistem 64 bit yaitu paling praktis kemampuan untuk menggunakan jumlah yang signifikan lebih besar dari memori fisik.

Kebanyakan prosesor baru saat ini menggunakan sistem 64 bit dan mendukung sistem operasi 64 bit. Prosesor ini juga sepenuhnya kompatibel dengan sistem operasi 32 bit. Sebagian besar edisi Windows 8, Windows 7, dan Windows Vista tersedia dalam format 64 bit. Hanya Windows XP Professional tersedia dalam 64 bit. Semua edisi Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP juga tersedia dalam 32 bit.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara