Cara Mengecek Kondisi Hardisk

Posted By : Posted on - 12:04:00 PM with 5 comments

cara cek hardisk + cara memperbaiki hardisk + solusi memperbaiki hardisk + tips cara cek hardisk rusak
Seringkali kita dipusingkan dengan kinerja komputer atau laptop kita yang bekerja tidak normal, banyak spekulasi timbul dikepala anda apakah kerusakan disebabkan virus, ataukah hardisknya yang mulai rusak. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit share tentang bagaimana mengecek kondisi hardisk, apakah masih normal ataukah sudah mengalami eror ataupun rusak.

1. Kinerja komputer menjadi sangat lambat seperti saat komputer terinveksi virus, untuk membuka folder atau atau menjalankan suatu program akan membutuhkan waktu yang lama dan terasa berat.

2. Terdengar suara aneh dari dalam hardisk seperti suara berdecit, berderit atupun seperti detak jam dan ini berlangsung berkali kali saat anda menghidupkan komputer atau menjalankan program komputer.

3. Bad sector juga bisa menjadi salah satu cara yang menarik untuk melihat apakah hardisk anda rusak atau tidak. Jika di dalam harddisk ada bad sector dalam jumlah yang banyak, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah segera menyelamatkan data Anda sebelum semua data yang ada rusak. Anda dapat melakukan sendiri pengecekan terhadap bad sector melalui sebuah aplikasi bawaan yang ada pada Windows. Jika anda menggunakan Windows 7, buka Start,kemudian Computer, kemudian klik kanan pada hard disk atau partisi yang ingin Anda lihat dan anda periksa. Setelah itu pilih Properties dan masuk ke tab Tools dan pilih Check now. Kemudian Pada window Checking Disk, centanglah opsi Automatically fix file system errors

4. Banyaknya file yang korup dalam komputer atau laptop anda, korup disini adalah beberapa folder atau dokumen anda tidak terlihat (disable) tersembunyi atau bahkan hilang atau bisa saja properties dari semua file anda tidak sama dengan volume hardisk. Seumpamanya begini Disk D anda berisi file atau dokumen yang semuanya membutuhkan 1 Gb seumpama dan isi volume hardisk anda berisi 40 Gb tetapi ruang kosong yang seharusnya 38 atau 37 Gb bisa menjadi hanya 20 Gb.

5. Loading pada HDD sangat lemot atau lambat, meskipun LED blinking menandakan ada kerja pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector. Ciri ini juga bisa terlihat saat setup OS baru beberapa tahap sudah tidak terdeteksi sampai munculnya blue screen pada computer dan akhirnya computer mati dengan sendirinya,seperti kita sedang melakukan restart.

Jika komputer anda mengalami gejala gejala diatas maka kemungkinan besar hardisk anda sudah lemah atau rusak maka harus segera anda perbaiki.

5 comments:

  1. artikelnya bagus.
    terimakash atas informasinaya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Infonya bagus gan, banyak manfaatnya.Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas info nya gan
    ditunggu update nya gan

    ReplyDelete
  4. terimkasih atas pengetahuan nya
    saya senang bisa berkunjung ke blog anda

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara