sponsored ads

Cara Mengatasi Minder, Tidak Percaya Diri & Tidak Pandai Bergaul

Posted By : Posted on - 5:42:00 AM with No comments

Meningkatkan percaya diri - Minder, tidak percaya diri dan tidak pandai bergaul merupakan sikap yang saling berkaitan. Orang orang dengat sifat seperti ini biasanya jarang bisa maju (sukses) karena mereka tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. 

Banyak sisi negatif yang mungkin bisa timbul ketika kita tidak percaya diri karena ketidakkepercayaan diri umumnya disebabkan karena kecemasan dan ketakutan yang berlebihan. Sering merasa gugup saat akan presentasi, tidak berani mengajak orang berbicara duluan, tidak pandai bergaul dengan banyak orang, malu untuk mengungkapkan ekspresi, takut gagal atau berbuat salah dsb merupakan sedikit contoh orang dengan sikap minder atau tidak percaya diri.

Percaya diri

Seserang yang memiliki kepercayaan diri tinggi, umumnya mereka memiliki perasaan positif terhadap dirinya, punya keyakinan yang kuat atas dirinya dan punya pengetahuan akurat terhadap kemampuan yang dimiliki, sehingga umumnya orang yang memiliki kepercayaan diri lebih sukses daripada mereka yang minder. 

Orang yang punya kepercayaan diri tinggi bukanlah orang yang hanya merasa mampu (tetapi sebetulnya tidak mampu) melainkan adalah orang yang mengetahui bahwa dirinya mampu berdasarkan pengalaman dan perhitungannya. Nah bagaimana mengatasi rasa minder, tidak percaya diridan tidak pandai bergaul:

Belajar Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri

1. Belajar bersosialisasi, memperluas pergaulan dan berkomunikasi dengan banyak tipe orang, karena akan membuatnya memiliki banyak pengalaman penting

Lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap kepercayaan diri seseorang. Berkumpul dan bergaul dengan orang orang positif akan berpengaruh baik terhadap diri kita termasuk dalam hal kepercayaan diri. Mereka yang lebih banyak menyendiri, berdiam diri dirumah dan tidak bersosialisasi dengan masyarakat secara umum kebanyakan memiliki masalah kepercayaan diri rendah. 

Bersosialisasi dengan banyak orang, sahabat atau teman akan menumbuhkan pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas.

2. Berpikir lebih subjektif dan positif

Kecemasan, ketakutan, was was dan kekhawatiran merupakan hal alami pada setiap manusia dalam menghadapi suatu hal, namun jangan jadikan semua itu secara berlebihan. Ketakutan terhadap suatu hal seperti takut gagal, khawatir melakukan kesalahan, cemas masa depan suram hanya akan menurunkan kepercayaan diri anda. Berpikir lebih subjektif dan positif, bahwa semua hal yang anda takutkan, cemaskan dan dikhawatirkan belum tentu terjadi.

3. Belajar untuk lebih terbuka pada orang lain

Menutup diri dari pergaulan dan orang orang disekitar anda hanya membuat anda merasa minder. Sejatinya setiap manusia itu adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Anda belajar membutuhkan guru atau pembimbing, anda membeli sesuatu keperluan anda membutuhkan pedagang yang menjualnya, bahkan ketika anda lahir pun anda membutuhkan dokter atau bidan. 

Belajar lebih membuka diri terhadap orang lain, lebih mengenal orang orang asing disekitar anda (mereka yang memiliki pribadi positif dankepercayaan diri) dan menjadikan mereka sahabat anda, maka kepribadian mereka akan mempengaruhi tindakan anda.

4. Belajar membuka hati dan pikiran untuk mau menerima masukan dari orang yang lebih berpengalaman

Kebanyakan orang yang tidak percaya diri atau minder sulit menerima kritikan sehingga mereka sulit bergaul dengan orang orang disekitarnya. Mereka mengkritik anda karena mereka peduli dengan anda. Belajar membuka hati dan pikiran anda untuk lebih bisa menerima masukan, kritik dan saran yang membangun dari mereka yang lebih berpengalaman dari anda.

5. Motivasi diri anda

Selalu tanamkan setiap hal baik kepada diri anda untuk memotivasi diri anda untuk meningkatkan kepercayaan diri. Motivasi bisa datang dari mana saja mulai dari diri anda sendiri, dari pengalaman-pengalaman anda, dari orang lain, seminar motivasi, buku buku, internet atau bisa dari mana saja.

6. Belajar memaafkan

Mungkin kegagalan atau pengalaman buruk pernah terjadi pada diri anda sehingga hal tersebut menjadikan trauma yang mendalam yang menyebabkan diri anda merasa minder, tidak percaya diri atau takut mengalami hal yang sama. Sadari bahwa tidak ada yang sempurna didunia ini, setiap orang memiliki khilaf dan kesalahan yang berbeda beda. Maafkan diri anda atau orang lain yang berpengaruh terhadap kepercayaan diri anda.

7. Belajar kegiatan positif yang anda kuasai

Belajarlah melakukan hal positif yang anda sendiri merasa mampu. banyak kegiatan yang bisa anda lakukan seperti olahraga, memasak, berkebun atau hal hal positif lainnya. Dengan mengerjakan hal hal positif tersebut seiring waktu kepercayaan dirimu akan terus meningkat karena dimulai dengan kemampuan untuk melakukan dan menyelesaikan sesuatu. 

Untuk bisa merasa percaya diri, tentu anda harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Jelas, keyakinan ini tidak bisa datang begitu saja. Anda harus rutin menguji diri supaya tahu sampai mana batas kemampuan yang dimiliki.

Setiap harinya, buatlah 1 pencapaian yang harus bisa anda wujudkan. Tidak perlu pencapaian besar, cukup yang kecil saja namun layak untuk dibanggakan. Sebagai contoh hari ini bangun lebih pagi dari hari kemarin, nilaiku hari ini lebih baik dari 1 minggu lalu dsb. Pencapaian pencapaian tersebut secara signifikan akan membantu meningkatkan kepercayaan diri.

8. Alihkan hal negatif menjadi hal positif

Belajar untuk menanamkan hal positif dalam otak anda ketika pikiran negatif mulai muncul. Sebagai contoh ketika anda mulai gugup ketika anda ingin mempresentasika sesuatu maka ubah kegugupan tersebut menjadi hal positif dalam pikiran anda seperti "Saya bisa, saya mampu membuat presentasi ini menjadi lebih baik" dsb.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara