sponsored ads

Cara Mengatasi Komputer Yang Terlalu Lemot

Posted By : Posted on - 11:30:00 PM with 1 comment

Cara Mengatasi Komputer Yang Terlalu Lemot - Pernahkah anda mengalami komputer anda berjalan lambat atau malah sangat lambat, ataukah saat ini komputer anda sedang mengalaminya? Saya coba tebak pasti saat ini komputer anda sangat lambat terbukti anda sampai halaman ini pasti mencari solusi tentang bagaimana mengatasi komputer yang lemot hehehehe.....  Baiklah kali ini saya akan share tentang penyebab penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya agar kinerja komputer anda berjalan lebih cepat. Berikut adalah langkah-langkah bagi pengguna Microsoft Windows yang dapat membantu mempercepat komputer atau menentukan mengapa komputer berjalan lambat.

Cara Mengatasi Komputer Yang Terlalu Lemot

Reboot Komputer
Jika komputer Anda belum reboot baru-baru ini, pastikan untuk reboot sebelum mengikuti salah satu langkah di bawah ini. Baca juga mengatasi komputer tidak mau booting.

Background program
Salah satu alasan yang paling umum terjadi jika komputer lambat atau lemot adalah program yang berjalan di background. Hapus atau menonaktifkan TSRs dan startup program yang secara otomatis setiap kali komputer boot. Untuk melihat program apa yang berjalan di background dan berapa banyak memori dan CPU yang mereka gunakan, buka Task Manager. Jika Anda memiliki scanner antivirus pada komputer, program perlindungan spyware, atau utilitas keamanan lainnya, pastikan tidak memindai komputer Anda di background. Jika scan sedang berlangsung, dapat menurunkan kinerja keseluruhan komputer Anda.

Hapus file temp
Saat komputer menjalankan program, mengakses halaman web, dan sedang digunakan secara umum, file-file sementara yang disimpan pada hard drive. Menghapus file temp ini dapat membantu meningkatkan kinerja komputer. Anda bisa menggunakan Cleanup utilitas Windows Disk untuk menghapus temporary files dan file lainnya yang tidak lagi diperlukan di komputer.

Disk Cleanup mungkin tidak menghapus semua file di direktori temp. Oleh karena itu, kami juga menyarankan menghapus file-file sementara secara manual dengan membuka menu Start dan masukkan% temp% di kolom Search (pada Windows XP dan sebelumnya, klik opsi Run di menu Start dan masukkan% temp% di kolom Run). Tekan Enter dan folder Temp harus terbuka. Anda dapat menghapus semua file yang ditemukan dalam folder ini dan jika ada file sedang digunakan dapat dilewati.

Sisakan ruang hard drive
Pastikan ada setidaknya 200-500MB ruang kosong hard drive. Ruang yang tersedia ini memungkinkan komputer untuk memiliki ruang untuk swap file untuk meningkatkan ukuran, serta ruang untuk file sementara.

Bad dector atau terfragmentasi hard drive
Jalankan ScanDisk, chkdsk, atau sesuatu yang setara untuk memverifikasi tidak ada kesalahan secara fisik dengan hard drive komputer. Selalu cek kondisi hard disk anda.
  • Jalankan Defrag untuk membantu memastikan data yang disusun dalam urutan terbaik.
  • Gunakan perangkat lunak lain untuk menguji kesalahan hard drive dengan melihat SMART drive.

Memindai / Scan malware
Spyware dan malware merupakan penyebab besar banyak masalah komputer, termasuk komputer yang lambat. Bahkan jika sebuah scanner antivirus diinstal pada komputer, kami sarankan Anda untuk menjalankan scan malware pada komputer. Gunakan versi gratis dari Malwarebytes untuk memindai komputer Anda dari malware.

Memindai /Scan virus
Jika komputer Anda terinfeksi dengan satu atau lebih virus, ini dapat menyebabkan komputer Anda berjalan lambat. Jika komputer Anda tidak memiliki program antivirus yang diinstal, Anda dapat menjalankan gratis antivirus secara online untuk memeriksa virus di komputer Anda, serta menghapusnya. Hal ini juga dianjurkan bahwa Anda menginstal program antivirus untuk proteksi aktif terhadap virus.

Konflik hardware
Pastikan bahwa Device Manager tidak memiliki konflik. Jika ada masalah apapun, atasi masalah ini karena hal itu bisa menjadi penyebab komputer melambat.

Windows Update
Pastikan Anda memiliki semua Windows update terbaru yang diinstal pada komputer.
Jika Anda berselancar di Internet saat komputer anda lambat, pastikan semua plugin browser yang up-to-date.

Perbarui driver Anda
Pastikan Anda menginstall driver terbaru untuk komputer Anda, terutama driver video terbaru. Setelah out-of-date driver dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk kinerja lambat.

Upgrade memory
Jika Anda memiliki komputer anda selama lebih dari dua tahun, Anda mungkin perlu lebih banyak memori. Saya sarankan komputer memiliki minimal 1GB memori (RAM) untuk sistem 32-bit dan 2GB untuk sistem 64-bit. Dengan memiliki memori yang cukup untuk program untuk menjalankan dalam memori, komputer Anda tidak perlu menukar informasi yang tersimpan dalam memori ke file swap. Jika lampu hard drive komputer Anda terus-menerus aktif, dengan indikasi yang baik bahwa komputer Anda bertukar informasi antara memori dan hard drive karena kurangnya ruang di memori.

Upgrade hard drive
Salah satu hambatan terbesar dari sebuah komputer adalah hard disk drive. Bagi siapa pun dengan komputer yang lambat atau hanya mencari sesuatu untuk meng-upgrade di komputer untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan, upgrade dari hard drive tradisional untuk Solid State Drive (SSD) secara signifikan akan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Jalankan registry cleaner
Kami biasanya tidak menyarankan pembersih registri. Namun, jika Anda telah mengikuti semua langkah di atas dan komputer Anda masih lambat, coba jalankan registry cleaner pada komputer.

Komputer atau prosesor terlalu panas
Pastikan komputer Anda dan prosesor tidak terlalu panas. Panas berlebih dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kinerja komputer karena sebagian besar prosesor secara otomatis mengurangi kecepatan prosesor untuk membantu mengimbangi panas. Debu, kotoran juga dapat membatasi aliran udara yang tepat di dalam komputer Anda, yang dapat menyebabkan komputer terlalu panas. Pastikan komputer anda bersih dan aliran udara tidak terhalang. Baca juga tips mengatasi komputer panas atau overheating.

Menghapus komputer dan Menginstalnya kembali
Jika tidak ada solusi di atas menyelesaikan masalah Anda, pilihan lain adalah baik menginstal ulang Windows atau menghapus segala sesuatu dan kemudian restore kembali. Menghapus segala sesuatu dan restore dapat meningkatkan kinerja dengan menyingkirkan perangkat lunak lama atau driver yang ada pada komputer dan menyebabkan komputer menjadi lambat. Menginstal salinan Windows, program perangkat lunak, dan driver terbaru membantu memverifikasi tidak ada masalah perangkat lunak terkait menyebabkan komputer Anda menjadi lambat.

Masalah hardware
Akhirnya, jika komputer Anda terus menjadi lebih lambat dari biasanya bahkan setelah anda menginstall kembali windows kemungkinan komputer Anda mengalami masalah hardware yang terkait lebih serius seperti kegagalan komponen dalam komputer. Ini bisa menjadi kerusakan hard drive, CPU, RAM, motherboard, atau komponen lainnya.

Komputer lama
Jika komputer Anda lebih lama dari lima tahun, usia komputer bisa menjadi penyebab kinerja lambat. Komputer lama tidak dapat menjalankan program-program baru, yang dapat menyebabkan komputer lambat. Jika komputer Anda lebih lama dari lima tahun, kami sarankan membeli komputer baru.

1 comment:

  1. Service komputer Panggilan

    kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara