sponsored ads

Tips & Cara Mengatasi Komputer Overheating Atau Panas Berlebih

Posted By : Posted on - 8:33:00 AM with No comments

Komputer panas itu adalah hal wajar karena sistem processor bekerja, tapi bagaimana jika panas yang dihasilkan terlalu panas, tentu saja hal ini akan berimbas pada komponen komputer itu sendiri.

Jika kinerja komputer lamban atau crash bertepatan dengan penggunaan aplikasi intensitas tinggi seperti game atau pengeditan multimedia, kemungkinan karena terlalu panas. Tetapi karena gejala ini dapat disebabkan oleh masalah lain, ada baiknya untuk memverifikasi bahwa penyebabnya adalah panas berlebih dengan memeriksa suhu di dalam PC Anda.

Overheating


Perhatikan suhu di atas 70 derajat Celcius. Jika Anda melihat peningkatan suhu pada saat yang sama saat Anda mengalami masalah, mungkin penyebabnya adalah overheating. Sekarang pertanyaannya adalah: Mengapa komputer saya overheating, dan apa yang dapat saya lakukan?

Bagaimana Anda tahu komputer Anda terlalu panas?

Tanda-tanda komputer yang terlalu panas meliputi perangkat yang panas saat disentuh, kipas bekerja dengan overdrive, dan suara desingan keras yang berasal dari mesin CPU Anda atau mengalami perlambatan atau mati sendiri untuk mendinginkan dan mencegah kerusakan internal.

Beberapa alasan kenapa komputer / laptop overheating

Aplikasi yang berat
Program dengan intensitas tinggi & berat dapat menghabiskan kapasitas CPU atau GPU, menyebabkan komponen menjadi terlalu panas.

Banyak tab browser terbuka
Setiap tab browser yang terbuka menyedot sumber daya yang dapat menyebabkan panas berlebih.

Program tidak responsif
Saat aplikasi mogok atau macet, PC Anda bekerja keras untuk mengatasi kesalahan, menghabiskan energi dan memori dalam prosesnya.

Overclocking
Sistem pendingin komputer dirancang untuk kinerja dasarnya dan mungkin tidak cukup untuk perangkat keras yang di-overclock.

Kegagalan kipas
Sistem pendingin komputer mengandalkan kipas untuk mengatur panas. Jika ada masalah perangkat keras dengan kipas itu sendiri, itu dapat menyebabkan panas berlebih yang berbahaya.

Ventilasi udara tersumbat
Jika ventilasi udara terhalang atau tersumbat, udara panas tidak dapat keluar, panas akan menumpuk, dan suhu di dalam mesin Anda akan melonjak.

Perangkat lunak usang
Buggy, perangkat lunak usang dapat memiliki dampak energi yang sangat besar, dan sistem operasi lama mungkin kurang dioptimalkan untuk bermain game dan tugas intensitas tinggi lainnya.

Cahaya matahari langsung / lingkungan yang panas
Menggunakan komputer Anda di bawah sinar matahari langsung atau lingkungan panas apa pun dapat menyebabkannya menjadi terlalu panas. Sistem pendingin dirancang untuk menangani panas yang disebabkan oleh komponen internal dan eksternal, faktor lingkungan dapat membebaninya.

Virus atau malware lainnya
Jika sepertinya komputer Anda kepanasan atau overheating tanpa sebab, mungkin ada virus komputer yang memakan proses latar belakang yang intensif. Gunakan perangkat lunak antivirus yang kuat untuk menghilangkan infeksi apa pun.

Cara Mengatasi komputer Panas berlebih atau Overheating

Tingkatkan aliran udara untuk PC desktop

Meskipun kipas bekerja dengan sempurna, komputer Anda masih bisa menjadi terlalu panas tanpa sirkulasi udara yang stabil. Untuk membantu memastikan ventilasi tetap tidak terhalang, letakkan PC Anda di permukaan yang rata dan keras, dan pastikan bebas dari penghalang di semua sisi.

Jangan mencoba meningkatkan ventilasi dengan melepas panel samping atau bagian lain dari casing komputer Anda, karena ini akan mengubah tekanan internal, membuat kipas semakin sulit mempertahankan aliran udara yang cukup. Ini juga akan memungkinkan debu halus, dan kotoran lainnya menumpuk di dalam mesin komputer Anda, yang hanya akan memperburuk keadaan.

Dengan penggunaan berulang kali dan dalam jangka panjang, debu dapat menumpuk dengan cepat di kipas komputer.

Tingkatkan aliran udara untuk laptop Anda

Karena komponen internal laptop diposisikan sangat rapat, menjaga aliran udara sangatlah penting. Karena ventilasi biasanya berada di bagian bawah, meletakkan laptop langsung di atas selimut atau sofa akan menghalangi aliran udara. Letakkan laptop Anda di permukaan yang datar dan keras seperti meja atau lainnya.

Beberapa casing pelindung laptop juga dapat menghalangi ventilasi udara, jadi jika Anda menggunakannya, coba lepaskan. Trik lain untuk menjaga agar laptop Anda tetap dingin adalah dengan menghindari menggunakannya di lingkungan yang panas atau meletakkannya di bawah sinar matahari langsung. Jika Anda tidak memiliki akses ke ruangan yang teduh atau ber-AC, gunakan bantalan pendingin laptop yang menghembuskan udara sejuk ke atas, menjaga mesin Anda tetap berventilasi baik.

Hindari menggunakan program yang menggunakan banyak daya CPU

Semakin anda menggunakan aplikasi atau program berat di CPU komputer Anda, semakin banyak panas yang dihasilkannya. Jadi ketika komputer bekerja dalam beban berat untuk waktu yang lama, suhu dapat meningkat, dan Anda mungkin berakhir dengan penggunaan disk 100% dengan membuat memori virtual pada hard drive Anda untuk mengatasi beban yang meningkat.

Untuk mengurangi beban CPU Anda, buka Task Manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc dan tinjau aplikasi yang tercantum di kolom CPU. Jika ada yang menggunakan bagian CPU yang tinggi, klik kanan dan pilih Akhiri tugas untuk mematikannya.

Menggunakan Windows Task Manager untuk menemukan dan mematikan proses intensif CPU dan mengelola PC yang terlalu panas.

Mungkin ada banyak faktor yang menyebabkan komputer Anda menjadi terlalu panas, jadi cobalah langkah-langkah berikut untuk mendinginkan komputer Anda:

Periksa apakah kipas berfungsi

Komponen PC internal menghasilkan banyak panas, terutama saat Anda menggunakan komputer untuk waktu yang lama. Ini bukan masalah jika kipas di dalam mesin Anda berfungsi dengan baik untuk menjaga suhu tetap terkendali.

Namun jika kipas komputer Anda bekerja keras secara konsisten, berikut adalah beberapa cara mudah untuk memeriksa apakah kipas Anda berfungsi dengan baik:

  • Saat menyalakan PC Anda, Anda akan mendengar kipas berputar
  • Letakkan tangan Anda di dekat kisi kipas komputer dan rasakan getarannya
  • Pastikan kipas bekerja dengan menggunakan senter untuk mencari pergerakan melalui kisi kipas
  • Jika kipas Anda tidak berhenti berdengung, mungkin sudah waktunya untuk mengganti atau memutakhirkan perangkat keras Anda dengan heat sink untuk menyerap kelebihan panas, atau bahkan menggunakan pendingin PC eksternal untuk membantu mengatur suhu.

Tutup tab dan program browser yang tidak perlu

Multitasking dengan beberapa aplikasi terbuka dapat menyebabkan CPU Anda mendesis. Meminimalkan proses aktif dan mematikan program yang tidak digunakan sepenuhnya akan membantu menjaga suhu tetap terkendali. Copot pemasangan aplikasi yang tidak perlu dan hapus program yang mungkin tidak diinginkan untuk mengosongkan ruang disk dan mencegah proses latar belakang membuat sistem CPU Anda terlalu panas.

Demikian juga, membiarkan banyak tab terbuka di browser web Anda dapat menguras sumber daya PC Anda. Tutup semua tab yang tidak digunakan secara aktif, dan bookmark tab yang mungkin Anda perlukan lagi. 

Bersihkan dan debu komputer Anda

Seiring waktu, kotoran dan debu akan menumpuk di saluran ventilasi komputer Anda, menyumbat komponen vital, mengurangi aliran udara, dan menyebabkan panas berlebih. Jika Anda belum membersihkannya akhir-akhir ini, membersihkan PC Anda secara teratur akan membantunya bekerja optimal.

Oleskan kembali pasta termal

Pasta termal adalah bahan yang sangat konduktif yang biasanya digunakan untuk melapisi komponen seperti CPU dan GPU. Pasta termal membantu membuang panas dengan lebih efisien dan mencegah suhu di dalam mesin Anda mencapai tingkat kritis.

Tapi pasta termal mudah terurai dan secara bertahap menjadi kurang efektif. Menggunakan kit penghapus pasta termal untuk menghapus senyawa lama sebelum mengoleskan kembali lapisan pasta yang baru dapat membantu sistem pendingin komputer Anda.

Sesuaikan pengaturan internal komputer Anda

Jika mesin Anda tampak terlalu terbebani oleh penggunaan sehari-hari, coba kalibrasi ulang pengaturan PC Anda untuk meringankan beban sumber daya dan mengurangi panas berlebih. Menggunakan mode hemat daya untuk memulai, tetapi Anda juga dapat menyempurnakan pengaturan lain seperti kecerahan dan resolusi layar untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara kinerja dan efisiensi.

Memilih mode Penghemat daya di Windows untuk mengurangi intensitas sumber daya dan mencegah PC terlalu panas.

Periksa virus dan malware

Virus dan jenis malware lainnya dapat menjalankan proses berdampak tinggi tanpa sepengetahuan Anda, yang akan menyebabkan PC Anda cepat panas. Gunakan alat pendeteksi dan penghapus malware untuk mengidentifikasi dan menghapus perangkat lunak berbahaya dari PC Anda.

Selalu perbarui perangkat lunak Anda

Menjaga PC Anda diperbarui dengan sistem operasi terbaru, driver, dan perangkat lunak lainnya memiliki banyak manfaat kinerja dan keamanan, dan juga dapat membantu mencegah panas berlebih. Pembaruan baru juga memperbaiki bug dan ketidakefisienan, memungkinkan komputer Anda bekerja lebih cepat dan lebih efisien.

Matikan komputer Anda

Komputer perlu istirahat setiap saat. Cara termudah dan paling dapat diandalkan untuk mendinginkan PC adalah mematikannya dan membiarkannya istirahat sebentar. Saat Anda mem-boot-nya lagi, ini akan mendapat manfaat dari start dingin dan kemungkinan besar akan berjalan jauh lebih lancar.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara