sponsored ads

Bagaimana Mengembangkan Pola Pikir Lebih Produktif?

Posted By : Posted on - 12:17:00 AM with 1 comment

Tips mengembangkan Pola Pikir Produktif - Pola pikir yang selalu produktif dan aktif akan menghasilkan karya atau karakter yang bermanfaat bagi diri anda. Jika anda lebih banyak berpikir negatif dan pasif maka hidup anda akan diliputi dengan kejenuhan, kebosanan, mudah stres, malas dan yang pasti adalah anda menjadi tidak produktif.

Mengembangkan pola pikir produktif adalah salah satu cara untuk memaksimalkan penggunaan terbaik dari sumber daya yang ada dalam pikiran, waktu, energi dan usaha Anda. Hal ini tidak mencoba untuk melakukan segala sesuatu dengan sangat sempurna, atau bahkan melakukannya dalam cara yang paling cepat. Namun lebih untuk menggunakan segala sumber daya dalam diri anda se efisien mungkin sehingga tidak ada kata untuk membuang waktu, malas dan tidak produktif.

Bagaimana Mengembangkan Pola Pikir Lebih Produktif?

Nah berikut adalah beberapa elemen yang dapat anda kembangkan untuk memaksimalkan pola pikir produktif:

Curiosity
Kesediaan untuk mencari pertanyaan, dan menemukan jawaban untuk cara-cara baru dan lebih baik dalam melakukan sesuatu hal atau mencari solusi sebuah masalah.

Desire atau Motivasi
Menumbuhkan keinginan untuk melakukan segala hal menjadi lebih baik. Tanpa keinginan atau motivasi tidak ada yang mendorong kita untuk maju dan berkembang.Baca juga kebiasaan positif untuk hidup lebih bahagia.

Visi & misi yang jelas dan terarah
Untuk dapat memvisualisasikan apa yang Anda inginkan akan membantu Anda fokus pada hal itu dan memberi Anda gambaran tentang apa hasil yang akan terlihat nantinya. Tanpa gambaran dalam pikiran Anda, akan lebih sulit untuk berjuang untuk mencapai sebuah tujuan. Kita semua sudah membaca bagaimana orang-orang sukses yang memiliki "visi dan misi besar" telah mampu mencapai segala sesuatu yang tampaknya mustahil untuk dilakukan.

Berpikir Kritis
Memperoleh kemampuan untuk menilai situasi secara objektif atau melihat segala sesuatu dengan cara pandang yang berbeda. Melihat pro dan kontra dan bersedia untuk membuat penyesuaian yang diperlukan. Sehingga anda akan lebih dapat berpikir adaptif dalam menilai segala hal dan dapat melakukan penyesuaian yang baik.

Kepercayaan diri
Keyakinan dan kepercayaan diri adalah pendobrak apa yang kelihatannya mustahil untuk dilakukan dapat terwujud. Tanpa rasa percaya diri dan keyakinan, Anda tidak dapat mencapai potensi penuh dalam diri Anda.

Kegigihan
Kebanyakan hal tidak datang dengan mudah, tidak semudah kelihatannya atau tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Semua hal yang anda impikan membutuhkan usaha, perjuangan, kerja keras, kegigihan dan pantang menyerah. Bersedia untuk mengatasi hambatan dan kesulitan. Tantang diri Anda dan bertahan untuk mencapai tujuan Anda. Jangan biarkan keadaan, pendapat orang lain, atau kemunduran, menggagalkan tekad Anda untuk sukses. Baca juga tips melatih kedisiplinan.

Sikap positif
Sikap Anda, baik itu positif atau negatif, bisa membuat atau menghancurkan, Anda. Memiliki sikap dan pikiran yang positif memungkinkan untuk kemungkinan apapun, sementara pola pikir negatif akan mengalahkan Anda bahkan sebelum anda mencobanya.

Pikiran yang lebih terbuka
Pikiran yang terbuka akan menghasilkan ide-ide baru dan inovatif. Memungkinkan Anda untuk menerima terobosan pengalaman ketika Anda fleksibel dan berpikiran lebih terbuka.

Keseimbangan atau Balance
Untuk berfungsinya pola pikir yang lebih produktif dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal dari kehidupan, kita harus menjaga keseimbangan. Bekerja menuju tujuan adalah penting, tetapi kita juga harus meluangkan waktu untuk meremajakan dan mengisi ulang tenaga atau energi yang kita buang. Melakukan terlalu banyak, atau mendorong terlalu keras pada satu hal, dapat menyebabkan kelelahan dan frustrasi.

Dengan mengintegrasikan unsur-unsur di atas sesuai proses, kita tidak hanya menumbuhkan pola pikir yang produktif, kita juga mengatur diri kita sendiri untuk mencapai tujuan kita lebih efektif, mengembangkan kebiasaan positif dan mempertajam pikiran kita berfungsi secara optimal.

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara