sponsored ads

8 Tips Menghindari Perceraian dalam Keluarga

Posted By : Posted on - 3:27:00 PM with No comments

Tips menghindari perceraian - Perceraian merupakan momok yang menakutkan bagi para pasangan. Toh begitu banyak para pasangan melakukan perceraian yang notabene hanya gara gara masalah yang mungkin dapat diselesaikan tanpa harus menggunakan kata perceraian sebagai alasan. Nampaknya kasus perceraian dalam rumah tangga, menjadi trend di masa kini. Bahkan semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula kasus perceraian yang kerap melanda sebuah keluarga yang sudah terbina selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun.

Dimana terjadinya persolan atau permasalahan yang tak kunjung selesai pada sepasang suami istri, malah menjadikan mereka lebih memilih untuk berpisah. Hal demikian memang cukup memprihatinkan bagi kita semua. Padahal perceraian bukanlah suatu solusi dalam mengatasi permasalahan dalam rumah tangga, akan tetapi malah menjadikan suatu hubungan pudar dan dampaknya pun juga buruk bagi semua pihak yang ada di dalam sebuah keluarga tersebut. Dengan begitu, perlunya mencari solusi yang tepat agar terhindar dari perceraian ini sangatlah penting.

8 Tips Menghindari Perceraian dalam Keluarga

Perceraian menimbulkan banyak dampak psikologis yang tidak baik bukan hanya bagi anda tetapi juga bagi anak-anak anda. Jadi jika kesalahan yang mungkin bisa dierbaiki jangan gunakan alasan perceraian untuk mengakhiri hubungan keluarga anda. Baca juga artikel kami yang lain tentang tips menjaga keharmonisan pernikahan.

Timbulnya perceraian dalam rumah tangga bisa terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya karena terjadinya permasalahan keuangan dalam sebuah keluarga, tidak setia di antara pasangan, masalah seksualitas, mengalami kekerasan dalam rumah tangga, dan berbagai faktor lainnya. Nah berikut adalah beberapa tips yang membantu anda dan pasangan terhindar dari perceraian dalam sebuah keluarga.

Berpikir positif
Selalu berpikir positif bahwa semua kesalahan dalam keluarga dapat diselesaikan dengan cara yang baik. Membina sebuah keluarga memang tidak mudah dan anda tidak boleh berputus asa dengan hal ini. Mengarahkan pikiran untuk selalu berpikir positif dalam membina sebuah rumah tangga, memang bisa menjadi penangkal akan terjadinya perceraian. Berpikir positif dan tenang bisa memberi anda waktu untuk mencari solusi yang baik bagi keretakan dalam hubungan pernikahan anda. Jangan pernah mengambil keputusan dikala emosi, buatlah keputusan dengan matang dan kepala dingin.

Layaknya anda meyakini bahwa sebuah perceraian bukanlah suatu solusi tepat dalam menyelesaikan masalah. Dan menyelesaikan masalah dalam keluarga tidak harus dengan cara bercerai untuk solusinya. Cobalah berpikir kembali tentang pentingnya mempertahankan keutuhan dalam sebuah hubungan yang terjalin sekian lama. Dengan begitu, dorongan untuk bercerai sudah bisa bersih dalam benak pikiran dalam menjalin sebuah keluarga bahagia. Selain itu, rasa optimis  dalam membina rumah tangga akan tumbuh, dan menjadikan keutuhan rumah tangga bisa semakin kuat. Pengalaman pahit akan membuat anda lebih kuat jika anda mau belajar dari pengalaman tersebut.

Sama -sama introspeksi diri
Jangan saling menyalahkan atas apa yang membuat keretakan dalam sebuah pernikahan. Kesalahan bisa saja timbul bukan karena anda atau pasangan anda tetapi dari faktor luar. Bahkan jika kesalahan itu terjadi pasangan anda intropeksi diri akan membuka pikiran anda kenapa pasangan anda bisa berbuat kesalahan, bisa saja itu berawal dari sikap anda. Dengan sama sama berintropeksi diri sehingga rasa saling menyalahkan di antara pasangan bisa dihindari, dan perceraian tidak akan sampai terjadi.

Menawarkan solusi
Masalah tidak akan selesai jika anda hanya saling tuding dan menyalahkan. Duduk bersama dengan kepala dingin dan cari solusi yang tepat yang membuat hubungan menjadi sedikit retak. Saling menawarkan solusi untuk memecahkan masalah merupakan tips yang ampuh untuk menghindari perceraian dalam keluarga.Dan tentunya akan tampak secara jelas, bahwa saling memberi solusi antar pasangan, akan menimbulkan sebuah kerukunan, gotong royong, yang semuanya itu menjadikan permasalahan tersebut lebih terasa ringan untuk diatasi. Sehingga perceraian dalam rumah tangga tidak akan timbul untuk merusak hubungan dalam keluarga anda.

Komunikasi intens
Komunikasi merupakan kunci bagi segala masalah hal ini juga termasuk dalam hubungan pernikahan anda. Selalu mengomunikasikan dengan baik apa yang menjadi masalah dalam keluarga anda merupakan jalan keluar terbaik untuk menghindari perceraian. Layaknya suami istri yang memiliki komunikasi pasif, maka sangat rentan sekali untuk mengalami masalah dalam menjalin sebuah hubungan rumah tangga. Sementara dengan cara menerapkan komunikasi aktif, maka hubungan rumah tangga bisa terjalin akrab dan terhindar dari perceraian. Layaknya saling mengenal akan sifat antar pasangan, sehingga bisa memupuk adanya komunikasi aktif dalam sebuah rumah tangga. Selain itu saling membuka suatu pembahasan yang menarik atau menghibur agar bisa memperkuat hubungan. Sehingga sebuah hubungan rumah tangga bisa terjalin langgeng dan bahagia.

Terbuka dengan pasangan
Memiliki sikap saling terbuka di antara pasangan, akan menjadikan solusi aktif dalam membina rumah tangga yang rukun. Dimana sebuah beban yang ada pada pasangan akan bisa lebih terasa ringan bilamana pasangan satu sama lain bisa saling terbuka, serta tanpa adanya suatu hal yang ditutup-tutupi. Oleh karena itu, hendaknya anda janganlah menyimpan atau memendam semua hal mengenai rumah tangga, layaknya masalah materi, sosial, masalah anak, dan lainnya. Agar hubungan keluarga bisa tetap terjalin rukun tanpa menimbulkan sebuah kecurigaan di antara pasangan. Baca juga cara mengetahui seseorang berbohong.

Luruskanlah bila terjadi kesalahpahaman
Dimana terjadinya kesalahpahaman di antara pasangan ini, memang harus segera diluruskan. Dan bila tidak, maka akan bisa menjadi masalah yang menumpuk dan menimbulkan perceraian. Hal demikian karena kesalahpahaman bisa menjadi faktor akan rusaknya hubungan rumah tangga. Dan ingat, kesalahpahaman ini jangan dianggap perkara ringan, dan segeralah luruskan mengenai apa yang terjadi pada anda dan pasangan. Sehingga hal demikian tidak sampai menjadi permasalahan berakar, yang mana menimbulkan suatu hal yang tidak diinginkan.

Mencukupi kebutuhan lahir batin
Mencukupi kebutuhan lahir dan batin merupakan hal yang mutlak dilakukan untuk menghindari perceraian dalam keluarga. Rasa saling menghargai, menghormati, kasih sayang, mengalah, memberikan nafkah lahir dan batin merupakan cara efektif untuk menjaga hubungan yang lebih baik dalam sebuiah pernikahan. Semisal kebutuhan lahir, yakni finansial, sandang, pangan, tempat tinggal, dan lainnya. Sedangkan kebutuhan batin, layaknya memenuhi kebutuhan hasrat dan suasana hati di antara pasangan suami istri, yang semuanya itu akan menjadi simbol penting demi keutuhan sebuah rumah tangga. Sehingga dari situ akan bisa terhindar dari sebuah perceraian yang menjadi rusaknya sebuah hubungan tersebut.

Lebih tanggap dalam menyelesaikan masalah
Jangan biarkan masalah kecil menjadi besar dan semakin membesar atau setelah masalah benar benar membesar anda tidak cukup mempunyai kendali untuk menyeesaikan masalah tersebut. Anda harus lebih tanggap dalam memecahkan setiap persoalan yang terjadi dalam keluarga anda. jangan tunggu masalah membesar kemudian anda baru turun tangan. Oleh karena itu, bila terjadi sebuah masalah, baik itu dari pihak suami atau istri, maka segeralah untuk memperbaikinya, agar sebuah hubungan rumah tangga bisa terus terjalin awet dan sesuai harapan.  Dengan begitu, sebuah rumah tangga akan bisa terhindar dari perceraian.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara