sponsored ads

Tips Membuat Pembeli Menjadi Pelanggan tetap

Posted By : Posted on - 3:39:00 PM with No comments

Membuat pembeli anda menjadi pelanggan - Seorang pebisnis, pengusaha ataupun pedagang akan sukses jika mereka memiliki banyak pembeli dan pembeli tersebut puas dengan layanan dan menjadi pelanggan tetap. Sehingga banyak para pebisnis ini mencari perbagai cara untuk mendatangkan pembeli dan membuat pelanggan puas. Pebisnis dan penjual manapun paham bahwa hidup perusahaan sangat tergantung dari kepuasana pelanggan. Namun tak jarang kesalahan tetap terjadi.

Tips Membuat Pembeli Menjadi Pelanggan tetap

Mungkin anda bisa menjual banyak barang yang anda hasilkan kepada pembeli namun sangat sulit membuat pembeli anda menjadi pelanggan tetap anda. Pembeli akan menjadi pelanggan jika kebutuhan yang mereka perlukan terpenuhi dengan layanan yang memuaskan. Lalu bagaimanakah pelayanan yang baik dan mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan ini? Lalu apa saja yang membuat pelanggan puas dan kembali lagi? Nah berikut tips membuat pembeli anda kembali dan menjadi pelanggan tetap.

Baca juga:
Membangun reputasi bisnis
Cara Menjual produk anda

Membuat Pembeli Menjadi Pelanggan

Pelanggan adalah orang yang perlu dibantu dan dilayani
Pembeli tidak selalu menjadi pelanggan, namun namanya pelanggan mereka adalah pembeli yang kembali membeli atau kembali menggunakan jasa anda. Mereka butuh mengerti produk anda dan butuh dilayani dan dibantu agar mereka tertarik dengan barang yang anda tawarkan. Dan untuk menarik minat pembeli untuk menjadi pelanggan adalah pelayanan yang memuaskan. Layani mereka dengan baik, dibantu dengan informasi yang sederhana, mudah dipahami dan layani dengan sabar karena tidak semua calon pembeli langsung sekali mengerti dengan informasi yang anda berikan.

Mereka biasanya kurang paham dengan berbagai istilah teknis yang biasa digunakan. Karena itu, pakailah kata-kata yang awam yang mudah dimengerti oleh setiap orang. Misalnya, "Bapak mau tipe peralatan yang menggunakan daya listrik lebih hemat dan bisa mati otomatis, bila 10 detik digunakan? Atau, mau model yang biasa saja dimana tidak ada alat otomatisnya?"

Pembeli mencari barang atau jasa terbaik
Seperti anda tahu mungkin anda bisa menjual banyak barang kepada pembeli anda namun sangat sulit membuat pembeli anda menjadi pelanggan tepat. Umumnya pelanggan akan kembali jika mereka menemukan barang yang mereka cari atau jasa yang mereka gunakan merupakan yang terbaik. Dewasa ini soal harga menjadi no 2 yang utama adalah barang yang mereka cari atau jasa yang mereka gunakan yang terbaik.

Pembeli adalah raja
Kembali lagi ke pelayanan yang baik dan memuaskan. Pelanggan adalah raja dan raja selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ibaratnya pembeli adalah raja dan anda adalah pelayan. Layani pelanggan anda dengan baik, sabar, dan tepat. Sekali pembeli anda diperlakukan sebagai raja mereka akan kembali lagi menjadi pelanggan tetap anda, bahkan mereka akan merekomendasikan produk atau jasa yang anda jual kepada orang orang terdekat pelanggan anda, menjadi keuntungan buat anda bukan?

Kesabaran
Tidak semua pelanggan anda "brilian" dalam arti sekali anda menjelaskan mereka langsung mengerti dengan apa yang anda sampaikan, pelanggan anda juga berbeda karakter antara yang satu dengan yang lain. Bahkan pelayanan anda yang terbaik sekalipun belum tentu memuaskan pembeli anda. Jadi kesabaran mutlak diperlukan untuk membuat pembeli anda menjadi pelanggan.

Memberi solusi dan bantuan kepada pelanggan
Terkadang pelanggan akan merasa kesulitan atau kurang mengerti dengan produk yang anda tawarkan. berikan mereka informasi yang tepat dan berikan mereka kemudahan dan bantuan untuk memperoleh solusi untuk memecahkan masalah mereka dengan baik.

Menjadi pendengar yang baik
Sebagai pebisnis yang sukses dengan banyak konsumen atau pelanggan yang menggunakan produk dan jasa anda, anda juga dituntut untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggan anda. Jadilah pendengar yang baik dari pelanggan anda, dengarkan dan cari solusi tentang apa yang mereka keluhkan atau kesulitan mereka. Mereka datang kepada kita, dengan tujuan kebutuhannya terpenuhi dengan layanan yang memuaskan. Ia akan siap mengeluarkan ongkos, apabila yakin keinginannnya bisa diperoleh dari kita. Kembangkan keterampilan mendengar (listening) kita. Belajar bagaimana teknik mendengar dan menggali kebutuhan pelanggan secara benar. Jangan hanya mengambil keuntungan dari pelanggan anda tetapi jadilah teman dekat mereka dan mendengarkan dengan baik apa yang mereka keluhkan dengan begitu keuntungan mendapatkan banyak pelanggan akan menjadi milik anda.

Libatkan pelanggan anda
Untuk memperbaiki kualitas maupun layanan jasa yang anda tawarkan, libatkan pelanggan anda dengan memberikan saran, kritik atau masukan terhadap kualitas barang dan jasa yang anda tawarkan. Ajak diskusi bukan mendikte atau menggurui. Tapi, berdialoglah dengan cara tukar pikiran. Selalu gunakan kalimat, "Menurut pandangan kami adalah begini, menurut Anda bagaimana? Apakah Anda setuju menggunakan cara ini?" Atau anda bisa menggunakan kalimat " Apakah bapak puas dengan layanan kami, kira-kira apa menurut bapak yang kurang dari layanan kami".

Selalu memperbaiki kualitas
Bisnis yang anda jalankan bukanlah satu satunya di kota maupun daerah anda, jadi untuk mendaptkan pelanggan tetap atau terus bertambah selalu lakukan perbaikan baik kualitas maupun segi pelayanan. Berikan kemudahan akses kepada pelanggan anda. Jika anda tidak memperbaiki kualitas yang anda tawarkan sudah barang tentu pesaing anda akan mengambil pelanggan yang susah payah anda dapatkan.

Kejujuran
Kejujuran dalam dunia bisnis adalah hal utama. Ketika pelanggan anda sekali saja mengetahui ketidakjujuran anda jangan mengharap pelanggan anda kembali menggunakan jasa atau produk anda. Ketika kita menabur "ketidakjujuran", maka kita akan menuai "ketidakpercayaan" pelanggan. Makan waktu yang panjang agar pelanggan percaya dengan kita dan kembali lagi untuk bertransaksi. Tetapi, untuk menghancurkan kepercayaan, sangan mudah dan cepat. Bersikaplah jujur kepada pelanggan, bangun kepercayaan dari pelanggan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara