Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop

Posted By : Posted on - 4:30:00 PM with No comments

Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop - Jika anda bepergian jauh namun lupa membawa charger baterai, atau disaat acara penting seperti presentasi namun anda tidak menemukan kontak listrik tentunya anda sangat berharap baterai laptop anda awet hingga acara selesai sehingga anda bisa menchargernya dirumah. Seperti pengalaman saya ketika saya harus mempresentasikan tugas kuliah saya didepan para dosen padahal saat itu kampus mati listrik karena terjadi pemadaman listrik didaerah kampus saya, padahal saya harus mempresentasikan tugas penting dan agak lama sekitar setengah jam namun daya baterai saya tinggal kurang dari 50 %. Karena tidak ada perlengkapan pendukung seperti proyektor dan lembar tugas mau tidak mau saya harus menggunakan laptop saya sebagai materi presentasi karena memang semua data presentasi saya simpan di laptop.

Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop

Baca juga:
  1. Mengatasi baterai laptop yang ngedrop
  2. Tips baterai laptop agar awet
  3. Tips membeli baterai laptop

Berikut adalah tips yang bisa anda gunakan agar kemampuan baterai atau daya baterai anda tahan lebih lama. Sebenarnya cara sederhana namun terbukti mampu membuat daya tahan baterai sedikit lebih tahan lama.

Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop

Gunakan Low Power
Jika baterai laptop anda ingin lebih tahan lama tentunya anda harus menurunkan daya laptop anda. Caranya masuk ke Control Panel ==> Sistem Keamanan==> Power Options dan pastikan laptop diatur pada mode Power saver. Bahkan akan lebih baik jika anda mensetting perlengkaan pendukung yang bisa menghemat daya baterai seperti kecerahan layar, panjang layar dan modus awal pada tingkat yang terkecil sehingga laptop hanya membutuhkan daya listrik kecil sehingga baterai anda akan lebih lama digunakan.

Matikan Transmitter Wireless
Jika Anda tidak perlu online atau membuka akses ke email Anda untuk setidaknya sampai anda bisa menemukan kontak listrik maka matikan transmitter wirelles anda karena penggunaan sinyal online akan menyedot daya listrik baterai lebih besar caranya masuk ke taskbar dan mengubah settingan Wi-Fi Anda menjadi off. Jika tidak, laptop Anda akan selalu mencari sinyal dan selalu menyedot daya baterai walaupun Anda benar-benar online ataupun tidak.

Gunakan Aplikasi seminimal mungkin
Ketika Anda anda meginginkan daya baterai anda bertahan lebih lama, jangan menjalankan aplikasi atau program untuk waktu yang lama. Musik, video aplikasi, serta CD / DVD drive merupakan tools pengguna energi terbesar pada laptop.

Matikan Apps Background
Anda mungkin memiliki aplikasi yang berjalan di background yang tidak diperlukan, atau bahkan Anda tidak menyadari sedang berjalan. Gunakan Task Manager (Ctrl + Alt + Delete) untuk daftar program aplikasi yangs edang berjalan dan matikan aplikasi yang sedang tidak diperlukan.

Turunkan Resolusi Layar
Anda akan menghemat beberapa menit daya baterai laptop jika menutup kartu grafis Anda. Caranya pergi ke Control Panel> Penampilan dan Personalisasi> Mengatur Resolusi Layar dan drop resolusi layar Anda ke angka yang lebih rendah. Ingat bahwa hal tersebut akan meningkatkan ukuran semua gambar pada desktop Anda dan mengurangi tingkat kejelasan.

Jangan gunakan Port USB
Jika Anda pasang banyak perangkat eksternal sementara Anda bekerja, perangakt luar komputer tersebut akan mengurangi daya baterai Anda, terutama backup drive eksternal, USB dan port lainnya sampai Anda setidaknya sampai anda bisa menemukan listrik.

Matikan peringatan "Low Battery"
Kebanyakan laptop akan mati bila tingkat baterai mencapai 10 persen secara default, dengan peringatan otomatis yang dihasilkan sebesar 15 persen. Anda dapat mengatur angka-angka ini melalui pengaturan Power Options Anda. Menurunkan untuk waktu yang lebih pendek, seperti 3 persen dan 5 persen akan benar-benar membuat baterai Anda lebih lama.

  • Pergi ke Control Panel> System and Security> Power Options.
  • Pilih salah satu rencana daya yang tersedia dan pilih Ubah pengaturan rencana.
  • Pilih Ubah maju pengaturan daya.
  • Gulir ke bawah ke baterai dan klik pada tanda "+".
  • Pilih tingkat baterai kritis dan menyesuaikan persentase untuk "On battery." Jangan pergi di bawah 2 persen atau Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk merespon sebelum komputer dimatikan.
  • Pilih tingkat baterai rendah dan menyesuaikan persentase untuk "On battery." Perhatikan bahwa persentase yang dipilih harus lebih tinggi dari satu untuk tingkat daya kritis.
  • Klik OK.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara