Tips & Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Ngedrop

Posted By : Posted on - 4:59:00 PM with 1 comment

Tips & Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Ngedrop - Setiap merk laptop atau netbook memiliki kemampuan atau daya baterai yang berbeda beda tergantung jenis baterai yang digunakan. Baterai merupakan komponen penting dan juga komponen yang terbilang mahal, untuk itulah mengapa anda harus merawat komponen laptop ini agar memiliki umur yang panjang. Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk merestore umur baterai yang ngedrop agar kembali memiliki kemampuan yang tahan lama, tetapi tentunya tidak bisa seperti baterai baru. Setelah beberapa waktu lalu saya share tentang tips membeli baterai laptop kali ini saya akan share bagaimana cara mengembalikan kemampuan baterai yang telah ngedrop agar bisa berfungsi tambah tahan lama:

Tips & Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Ngedrop

Metode Pembekuan
Beberapa teknisi komputer menyarankan agar melakukan proses pembekuan pada baterai laptop maupun netbook untuk mendapatkan kembali umur baterai yang telah ngedrop, caranya adalah sebagai berikut.

  • Langkah 1: Ambil baterai dan tempatkan dalam Ziploc tertutup atau kantong plastik pastikan agar baterai tidak kemasukan air saat dimasukkan ke freezer.
  • Langkah 2: Masukkan baterai ke dalam freezer Anda dan biarkan selama sekitar 12 jam. Beberapa orang menyarankan meninggalkannya lebih lama, tapi saya tidak menyarankan selama lebih dari 24 jam.
  • Langkah 3: Setelah Anda membawanya keluar, keluarkan baterai dari kantong plastik dan biarkan baterai memiliki suhu sampai mencapai suhu kamar. Pastikan untuk membungkusnya dengan handuk dan mengusap kondensasi apapun agar baterai tetap kering.
  • Langkah 4: Masukkan kembali baterai laptop dan charge sampai penuh.
  • Langkah 5: Setelah diisi, cabut charge dan harus diingat untuk menggunakan sampai daya baterai habis lalu anda baru boleh charge lagi.
 Sekarang ulangi langkah 4 dan 5 setidaknya 4 kali charge dan semua harus penuh. Kecuali baterai Anda bocor maka baterai anda akan lebih lama.

Perhatikan bahwa Anda hanya melakukan ini pada baterai berjenis NiCD atau NiMH. Jika Anda mencoba ini pada baterai lithium, itu akan membuat masa pakai baterai yang lebih buruk.

Metode Perawatan
Jika Anda memiliki baterai berbasis lithium ion, Anda dapat meningkatkan itu hidup dengan memastikan laptop Anda tetap dingin. Jika Anda memiliki sebuah laptop yang cepat panas, dapat merusak baterai dan menyebabkan umur hidup baterai menjadi pendek. Saya memiliki sebuah laptop Sony VAIO tua dan saya melihat peningkatan yang signifikan dalam hidup baterai laptop ketika saya membeli laptop cooling pad umtuk mendinginkan mesin laptop.

Penggunaan baterai laptop yang benar dapat menekan baterai berumur pendek. Baca artikel lain tentang tips menggunakan baterai laptop agar awet.

Kalibrasi ulang baterai Anda
Jika Anda harus secara manual kalibrasi baterai, lakukan cara cara berikut ini:

  • Langkah 1: Mengisi baterai Anda sampai 100%.
  • Langkah 2: Sekarang melepas kabel daya dan membiarkan menguras baterai. Tampaknya ada dua pandangan tentang bagaimana melakukan ini. Anda dapat membiarkan baterai habis sampai laptop mati atau Anda dapat mengaturnya sehingga laptop hibernasi sekitar 3 sampai 5%. Catatan: baterai harus habis tanpa anda menggunakan laptop untuk dijalankan.
  • Langkah 3: Biarkan komputer tetap dimatikan antara 3 sampai 5 jam setelah baterai habis.
  • Langkah 4: Aktifkan kembali dan biarkan baterai diisi sampai ke 100%.

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan umur baterai laptop atau netbook jika anda memiliki cara maupun metode lain silahkan tambahkan di komentar yang telah disediakan, terima kasih dan semoga artikel bermanfaat.

1 comment:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara