sponsored ads

Cara Efektif Dalam Menetapkan & Menentukan Tujuan

Posted By : Posted on - 7:27:00 PM with No comments

Penetapan & pencapaian tujuan - Setiap orang didunia ini pasti memiliki impian, harapan, cita-cita maupun tujuan dalam hidupnya. Tidak kesemuanya berhasil mendapatkan apa yang menjadi impian mereka namun tidak sedikit juga yang berhasil mencapai tujuan bahkan bisa melampauinya dengan baik. Hal itu tergantung bagaimana cara mereka menetapkan dan mencapai tujuan mereka. Lalu bagaimana cara efektif untuk mensetting penetapan tujuan dan pencapaian tujuan agar apapun pencapaian yang Anda inginkan dalam hidup sukses, fokus dalam menentukan tujuan dengan mengambil tindakan yang tepat dalam mewujudkan tujuan anda.

Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan atau keberhasilan dalam pencapaian impian atau tujuan tertentu sesuai target yeng mereka tetapkan, bahkan berharap agar pencapaian tujuan tersebut kurang dari target waktu yang ditentukan. Namun kenyataannya, banyak dari kita menyerah dan meninggalkan tujuan yang kita impikan bahkan sebelum tujuan itu terwujud atau menjadi kenyataan. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Cara Efektif Dalam Menetapkan & Menentukan Tujuan

Beberapa alasan yang paling umum yang menyebabkan kita gagal dalam mewujudkan impian atau tujuan antara lain: kurangnya kepercayaan diri, tidak memiliki rencana yang matang untuk diterapkan dalam pencapaian tujuan, tidak realistis dalam menetapkan tujuan seperti mengharapkan terlalu banyak atau terlalu cepat, takut gagal, menempatkan terlalu banyak tekanan pada diri kita sendiri untuk mencapai tujuan. nah kali ini saya akan sedikit berbagi tentang strategi efektif yang dapat kita adopsi untuk berhasil menetapkan dan mencapai tujuan.

Bagaimana memulai menetapkan dan mencapai tujuan kita?

Yakinlah bahwa anda bisa & anda mampu
Ketahuilah bahwa setiap orang termasuk saya dan anda memiliki hak dan pantas untuk menjadi sukses, berhasil dan berprestasi. Sebelum memulai proses menetapkan tujuan, anda harus memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk menetapkannya, yakinlah bahwa "saya bisa" dan "saya mampu". Anda harus percaya kepada diri Anda sendiri bahwa anda yakin bisa melakukan apa yang Anda ditetapkan dan yakin bahwa Anda memiliki bakat dan kemampuan untuk melakukannya.

Kecuali Anda memulai segala hal dengan rasa pesimis, usaha Anda akan digagalkan dengan ketidak percayaan diri anda bahkan anda "sudah kalah perang sebelum anda memulai perang itu sendiri" itu berarti anda akan gagal dalam mewujudkan apa yang anda impikan bahkan sebelum anda mencobanya terlebih dahulu.

Tentukan dengan jelas apa yang Anda inginkan
Salah satu masalah terbesar yang sering dihadapi seseorang dalam menetapkan tujuan secara efektif adalah tidak mengetahui apa yang mereka inginkan. Kurangnya konsep dan perencanaan yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dalam hidup membuat anda sulit untuk melanjutkan pencapaian tujuan. Satu hal yang membuat semua orang sukses didunia ini hampir kesemuanya memiliki kesamaan yaitu bahwa mereka sangat intens terfokus dan berorientasi pada tujuan. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan mereka memahaminya mengambil setting tujuan untuk mencapainya. Cara yang baik untuk memulai proses ini adalah untuk meluangkan waktu untuk menuliskan tujuan yang paling berarti bagi Anda dan kemudian membuat daftar apa yang akan Anda butuhkan untuk melakukan mencapai tujuan anda.

Untuk mencapai tujuan besar dalam hidup anda perlu mengetahui ini Anda dapat melihat 'gambaran besar' dalam hidup Anda. Mulai jurnal atau buku kerja dan menuliskan sendiri jawaban atas beberapa pertanyaan penting seperti dibawah ini:

  • Apakah saya ingin menjadi yang terbaik, berprestasi, sukses, kaya, berhasil menurunkan berat badan atau (tulis apa saja yang menjadi tujuan anda) Jika iya, langkah apa yang anda perlukan untuk mencapai tujuan tersebut (tuliskan dengan jelas apa yang anda perlukan, butuhkan atau langkah tepat dalam mencapai tujuan itu)
  • Apa yang ingin saya capai dalam karir saya?
  • Apa jenis kehidupan keluarga yang saya inginkan (kesejahteraan, kemakmuran atau kekayaan)?
  • Apa jenis gaya hidup yang saya inginkan saat ini dan di masa depan?
  • Bagaimana saya melihat diri saya 5, 10 atau 20 tahun mendatang atau dari sekarang?

Sebagai contoh saja untuk pencapaian tujuan dalam jangka pendek, anda memiliki tujuan menyelesaikan tugas kampus dengan baik maka Anda dapat menuliskan: mencari referensi buku, online, internet, dari sumber lain harus anda selesaikan dalam 3 hari, mengetik tugas dan membuatnya menjadi makalah atau presentasi dan mengecek ulang bila ada kesalahan dalam 3 hari... Sehingga anda menarget 6 hari harus sudah bisa menyelesaikan tugas kuliah dengan baik.

Untuk menetapkan tujuan janga panjang, seperti: anda harus menyelesaikan gelar sarjana tepat waktu, memiliki target mempunyai penghasilan berapa kali lipat dari penghasilan total anda hari ini, memiliki hubungan yang serius dan mewujudkannya dalam beberapa waktu kedepan (pernikahan) dll.

Rencana yang matang, mengatur dan memprioritaskan tujuan Anda.
Jika Anda melihat segala sesuatu yang ingin anda capai semua sekaligus, Anda mungkin menemukan semua tujuan itu menjadi hal yang terlalu sulit dan mustahil untuk didapatkan, jadi hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk mencapai tujuan anda adalah dengan untuk mengatur dan memprioritaskan tujuan Anda, itu berarti fokus untuk menyelesaikan satu tujuan tertentu dalam hidup anda kemudian setelah berhasil lanjutkan dengan tujuan lain dalam hidup anda.

Selanjutnya menyusun rencana yang telah anda terapkan untuk setiap item yang ingin Anda capai. Anda tahu bahwa tujuan kesehatan Anda perlu yang sedang berlangsung, sehingga membentuk rutinitas sehari-hari atau agenda yang dapat Anda menjaga secara teratur. Untuk tujuan karir, mengkategorikan tujuan ini secara bertahap seperti rencana bulanan, triwulanan atau tahunan. Poin daftar, atau rencana tindakan yang diperlukan untuk mencapai titik tertentu dalam karir Anda. Suatu pencapaian tujuan membutuhkan waktu dan proses untuk membuatnya menjadi kenyataan, dengan rencana yang matang, mengatur dna memprioritaskan tujuan anda maka anda berada di langkah tepat untuk menetapkan dan mewujudkan impian atau tujuan anda dengan efektif.

Review, update dan merevisi
Meninjau dan memperbarui tujuan Anda secara teratur untuk memastikan tujuan itu masih relevan dan mengikuti proses yang anda tetapkan untuk membuat tujuan itu berhasil bagi Anda. Memastikan agar semua proses berjalan sesuai jalur dan mengambil langkah-langkah dan tindakan yang tepat jika terjadi kesalahan dalam proses pencapaian tujuan. Jika beberapa strategi Anda tidak bekerja, pelajari, belajar dari kesalahan, atau merancang yang baru. Demikian juga, mencari tahu hambatan, kendala dan gangguan dan menentukan apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya.

Kita semua tahu bahwa hampir semua jalan didunia ini tidak akan selalu lurus, tanpa hambatan dan bebas dari hambatan akan selalu ada kemunduran dan hambatan, kesulitan dan belokan di sepanjang jalan untuk mencapai tujuan kita, tapi kita tidak perlu membiarkan hal tersebut menghalangi atau menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan atau impian. Merevisi dan menyesuaikan rencana di mana saja, kapan saja, kondisi apa saja yang Anda perlukan.

Tetap fokus, konsisten dan termotivasi
Tetap fokus, konsisten dan termotivasi mungkin salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan ketika menetapkan tujuan. Mungkin saja adakalanya anda keluar jalur Namun, sangat penting untuk kembali ke jalur secepat mungkin untuk membuat penetapan tujuan anda sesuai dengan jalur benar dan anda kan berhasil sampai tujuan.

Sebuah alat yang hebat untuk menjaga Anda tetap fokus adalah jurnal atau catatan. Periksa dan lihat secara teratur jurnal atau buku catatan anda sebagai titik referensi dan untuk mengingatkan diri sendiri apa yang ingin Anda capai. Mengatur rutinitas atau kebiasaan yang akan memastikan Anda tetap di jalur.

Teknik lain yang membantu untuk tetap termotivasi meliputi penggunaan afirmasi dan visualisasi yang relevan. Sangat penting untuk 'melihat' diri Anda mencapai tujuan sebelum Anda benar-benar melakukannya. Afirmasi positif menanamkan pikiran positif ke dalam pikiran bawah sadar Anda, yang pada gilirannya, mendorong Anda untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan Anda.

nah setelah anda melihat dan melakukan tips dan strategi diatas dan melakukannya dengan benar maka anda akan menemukan diri anda dalam perubahan lebih baik, dan perubahan perubahan itu adalah sebagai berikut:

  • Anda memiliki arah 'gambaran besar' dalam hidup anda
  • Anda tetap terorganisir dan terfokus
  • Anda memiliki rasa percaya diri dan rasa prestasi yang meningkat
  • Anda akan mencapai kesuksesan lebih efisien dan dalam waktu kurang sesuai waktu yang ditargetkan
  • Membuat hari anda lebih bermakna dan terarah

Penetapan tujuan, pencapaian dalam hidup tentu akan menjadi hal yang efektif dan terealisasi, jika anda melakukan tindakan apa yang telah anda rencanakan. Karena ide atau rencana brilian sekalipun hanya akan tetap menjadi sebuah rencana tanpa anda melakukan tindakan untuk mewujudkannya. Jadi mulai dan bertindaklah mulai dari sekarang! Tentukan tujuan yang paling berarti bagi Anda dan menyusun rencana untuk mencapainya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara