sponsored ads

6 Cara Mudah & Efektif Mengusir Lalat

Posted By : Posted on - 10:16:00 AM with No comments

Cara efektif mengusir lalat - Banyak sekali jenis atau spesies lalat didunia ini, menurut dari beberapa sumber terpercaya setidaknya terdapat 1,2 juta spesies lalat di dunia ini. Beberapa jenis lalat yang paling umum di Indonesia adalah lalat rumah (Musca domestica), lalat buah (Drosophilidae), lalat bunga (Syrphidae), lalat daging (Sarcophagidae ), lalat bangkai (Calliphoridae ) dan masih banyak lagi jenis lalat lain. Lalat rumah biasanya seringkali dapat dilihat di dapur, di toilet, di tempat sampah dan di ruangan lain dirumah.

Selain menjengkelkan karena mereka mengganggu Anda, tetapi ada sebab lain yang menyebabkan lalat sangat dibenci, itu karena lalat merupakan hewan carrier atau hewan pembawa bibit penyakit yang mampu menularkan bibit penyakit melalui makanan yang dihinggapinya. Seekor lalat dapat membawa sekitar satu juta bakteri atau bibit penyakit yang menempel pada rambut kakinya atau paling umum disebut dengan tarsi! Coba anda bayangkan ada berapa bulu di ke enam kakinya dan berapa banyak jenis bakteri atau kuman yang bisa dibawa oleh satu ekor lalat saja, waah ngeri ya....

Bakteri, kuman atau bibit penyakit ini akan terbawa dan melekat di tarsi (bulu kaki lalat) dari semua tempat yang terkontaminasi seperti kotoran, tempat sampah, makanan busuk dll dan akan mentransfernya ke makanan terbuka yang ada dirumah anda. Lalat tidak perlu menggigit Anda untuk mengirimkan bakteri ini untuk tubuh Anda. Mereka hanya akan duduk dan memakan di makanan terbuka yang terletak pada slab dapur atau meja makan dan meninggalkan bakteri dalam makanan ini. Ketika Anda makan makanan ini, tubuh Anda akan terkontaminasi oleh bakteri yang terbawa dikakinya dan hal ini cukup membuat Anda sakit dengan penyakit umum yang biasa disebabkan oleh lalat seperti disentri, tifoid, diare, dan kolera.Baca juga tips mengusir segala jenis serangga.

Cara terbaik untuk menjaga diri dan keluarga Anda aman terhadap penyakit ini adalah untuk menjaga rumah Anda bersih dan makanan tertutup. Apapun yang menyebabkan aroma busuk dan menyengat biasanya menjadi "umpan" yang tepat dan disukai oleh lalat seperti makanan busuk, makanan organik, daging, buah dll. nah berikut adalah beberapa cara untuk mengusir lalat dirumah anda.

Dengan kertas lem (Flypaper) atau kertas perangkap lalat
Kertas lem perangkap lalat atau Flypapper banyak tersedia di toko toko di sekitar rumah anda. Ada 2 jenis kertas perangkap ini yang pertama adalah kertas yang berisi zat kimia yang menarik lalt untuk hinggap dan memakannya sehingga mereka mati dan kedua kertas dengan aroma unik yang menarik lalat untuk hinggap di lem tersebut dan terperangkap karena lem tersebut akan mengikat kaki maupun sayap lalat untuk tidak bisa terbang dan membuat lalat mati. Baca juga cara mengusir nyamuk.

Yang berbahaya adalah jenis pertama karena mengandung bahan kimia beracun yang tentu saja akan berdampak buruk jika ikut dimakan hewan peliharaan anda seperti kucing dan anjing. Lebih aman untuk menggunakan lem perekat lalat yang hanya menangkap lalat saat lalat hinggap di kertas yang telah dilapisi lem tersebut yang dicampur dengan wewangian yang disukai lalat.

Gunakan Plastik transparan yang diidi Air
Kantong plastik transparan yang diisi air jernih ini tidak membunuh atau sebagai perangkap lalat, namun digunakan hanya untuk mengusir lalat. Lalu pertanyaannya kenapa lalat takut dengan plastik transparan yang diisi air jernih? Penjelasannya adalah karena struktur mata lalat akan mengidentifikasi air yang diisi dalam plastik transparan dipandang sebagai sesuatu yang menyerupai sarang laba-laba dengan lalat (kadang ada yang mengisi air dengan sebiji cabai, cabai akan dianggap lalat sebagai laba laba dan air disekitar cabai tersebut sebagai jaring laba laba). Dengan demikian, mereka tidak datang dekat hal tersebut. Jadi jangan heran jika di warung atau warteg atau penjual makanan anda melihat plastik transparan yang diisi air jernih digantung untuk mengusir lalat Anda bisa menggantung air ini diruangan rumah anda yang terdapat banyak lalat. baca juga cara mengusir kecoa.

Membuat Perangkap Lalat sendiri
Segala jenis lalat akan sangat tertarik untuk bau apapun yang difermentasi seperti lalat buah, lalat bangkai, lalat rumah dll. Cuka sari apel yang dibuat dari fermentasi apel akan sangat disukai oleh lalat dan merupakan umpan yang sangat tepat untuk menangkap lalat. Sebelum digunakan lebih baik sari cuka apel dipanaskan lebih dahulu agar memiliki aroma yang unik yang disukai oleh lalat, cara membuat dan menggunakan perangkap lalat dapat dilihat seperti gambar dibawah ini (klik pada gambar untuk memperbesar)

6 Cara Mudah & Efektif Mengusir Lalat


Mengusir lalat dengan Minyak lavender
Minyak lavender adalah yang didapatkan dari penyulingan bunga lavender yang sangat populer digunakan sebagai minyak relaksasi atau minyak yang membantu menenangkan saraf, tetapi sedikit orang yang tahu bahwa minyak lavender sangat baik sebagai pengusir lalat. Lavender telah digunakan oleh orang-orang di masa lalu untuk melindungi pakaian dari ngengat dan serangga lainnya. Minyak lavender dapat, pada kenyataannya, mencegah gigitan nyamuk serta serangga gigitan lainnya.Baca juga cara mengusir semut.

Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan botol terbuka dan diisi dengan minyak lavender. Celupkan kain atau spons dalam minyak lavender hal ini bertujuan untuk membantu menyebarkan aroma lavender lebih luas. Tempatkan botol ini diruangan yang banyak terdapat lalat. Selain minyak lavender anda juga bisa menggunakan minyak esensial lain seperti seperti Citronella, Minyak cengkeh, Eucalyptus, Pennyroyal, Peppermint atau minyak sereh untuk mengusir lalat.Baca juga cara mengusir rayap.

Membuat cairan aromatik dari lemon untuk mengusir lalat
Daun lemon sangat dibenci oleh lalat, maka jangan heran jika rumah yang peklarangannya ditanami lemon biasanya jarang ada lalat disekitar rumah itu. Nah untuk membuat cairan daun lemon ini cukup mudah dan efektif untuk mengusir lalat. caranya ambil beberapa daun lemon haluskan dan tambahkan dengan sedikit air. Saring cairan ini dan masukkan dalam botol penyemprot dan semprotkan diarea yang banyak terdapat lalat. Selain mampu mengusir lalat cairan aromatik ini juga cocok untuk pengharum ruangan sebagai freshener. Baca juga cara mengusir tokek.

Nah mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan dan jika anda memiliki pengalaman lain tentang bagaimana mengusir atau membunuh lalat silahkan tambahkan ke dalam komentar dan share pengalaman anda dengan ribuan pembaca blog ini terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara