sponsored ads

Tips & Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Sehat

Posted By : Posted on - 2:37:00 PM with 5 comments

Tips & Cara Menambah Tinggi Badan - Memiliki tubuh yang tinggi ideal merupakan salah satu penunjang rasa percaya diri dan juga menjadi pendukung dalam beberapa aspek kehidupan seperti bidang pekerjaan. Orang yang terlalu pendek akan mengalami rasa percaya diri yang kurang dan seringkali menghadapi kesulitan tertentu didalam aspek kehidupan mereka. Berbagai bidang profesi sebut saja sebagai artis, foto model, tentara, polisi, atlet mengharuskan seseorang harus memiliki tinggi badan yang cukup ideal.

Biasanya seorang anak yang pendek, sering menjadi korban ejekan di sekitar lingkungan maupun sekolahnya, kehilangan posisi di tim basket walaupun memiliki bakat yang cukup baik dan penampilan yang mempesona namun hal itu akan terabaikan saat mereka memiliki tubuh yang kurang tinggi atau pendek. Nah sebelum saya share tentang cara menambah tinggi ada baiknya anda mengetahui berbagai faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi pada tubuh anda.

Tips & Cara Menambah Tinggi Badan

Faktor yang mempengaruhi tinggi badan
Faktor genetik dan non-genetik memiliki peran besar dalam menentukan tinggi badan seseorang. Tinggi badan kita diatur oleh hormon yang disebut "Human growth hormon [HGH)" atau yang lebih sering kita kenal dengan hormon pertumbuhan. HGH disekresikan dalam tubuh kita oleh kelenjar hipofisis dan diperlukan untuk pertumbuhan pada tulang dan tulang rawan.

Faktor genetik
Tinggi dipengaruhi oleh berbagai gen dalam tubuh kita. Tinggi kita ditentukan oleh beberapa gen dan gen yang mempengaruhi hal itu adalah poligenik. Jika kedua orang tua kita pendek, bukan berarti kita tidak akan tinggi. Namun, jika sebagian besar anggota dalam keluarga anda baik dari keluarga anda maupun kedua belah pihak bertubuh pendek, maka generasi berikutnya yang paling mungkin akan memiliki tinggi badan pendek. Faktor genetik sepenuhnya di luar kendali kita dan kita tidak bisa mengubah hal tersebut.

Faktor non genetik
Ada beberapa faktor non-genetik yang mempengaruhi tinggi badan. Menjadi tinggi dikaitkan dengan pertumbuhan dan oleh karena itu, tinggi pendek dapat dikaitkan dengan nutrisi yang tidak memadai, kurangnya aktivitas fisik, postur yang salah, dll. Berikut adalah beberapa faktor non-genetik lain yang dapat mempengaruhi tinggi badan meliputi:

  • Merokok selama kehamilan
  • Kondisi kesehatan yang buruk selama masa kanak-kanak dan remaja
  • Berat badan selama kelahiran
  • Kondisi mental selama masa kanak-kanak dan remaja

Faktor non-genetik dapat dikontrol dan dicegah sampai batas tertentu dengan mengikuti pola atau gaya hidup sehat sejak kecil. Sekitar 20% atau lebih tinggi tubuh kita tergantung pada lingkungan kita, kegiatan dan diet. Dengan demikian, kita dapat menambah tinggi badan kita dengan cara alami dengan mengikuti aturan-aturan dasar tertentu dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara dan tips yang tepat untuk menambah tinggi badan seseorang:

Tips & Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami dan Sehat

Tidur yang Tepat
Tidur yang tepat maupun cukup istirahat merupakan hal yang sangat penting untuk metabolisme tubuh kita. Tubuh kita tumbuh, berkembang dan meregenerasi jaringan saat kita beristirahat. Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) diproduksi secara alami dalam tubuh kita saat tidur dengan gelombang lambat. Pertumbuhan anak dan remaja harus memenuhi standar setidaknya 8 sampai 11 jam tidur yang tepat setiap malam untuk mencapai ketinggian maksimal. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki lingkungan tidur yang tepat. Harus tenang, hindari suara mengganggu atau cahaya lampu yang kuat. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan anda tidur nyenyak dan mendapatkan kualitas tidur yang baik:

  • Mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur.
  • Anda dapat minum satu cangkir teh chamomile atau teh hijau maupun segala jenis teh namun perlu diperhatikan untuk tidak menambahkan gula, tapi anda bisa menambahkannya dengan madu sebelum tidur. Ini benar-benar berguna untuk menginduksi tidur atau akan memberikan efek rasa nyaman dan mengantuk sehingga anda akan tertidur dengan nyenyak, cara ini sangat baik untuk penderita insomnia atau gejala kesulitan tidur.

Kebiasaan tidur yang tepat dan berkualitas merupakan solusi terbaik untuk tumbuh tinggi seseorang secara alami.

Olahraga teratur dan rutin
Olahraga merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme dalam tubuh. Salah satu tips terbaik untuk tumbuh tinggi secara alami adalah dengan menjadi sehat secara fisik dan aktif adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Bila seseorang aktif secara fisik, tubuh Anda akan menyerap nutrisi yang lebih sehat dan peningkatan hasil asupan nutrisi pertumbuhan.

Jenis olahraga yang sangat baik untuk menunjang tinggi badan dan pertumbuhan adalah dengan berenang, aerobik, tenis, sepak bola, bola basket atau sejumlah olahraga peregangan adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh kita tumbuh, pada intinya semua jenis olahraga akan baik untuk pertumbuhan tinggi badan namun akan lebih baik jika olahraga tersebut melibatkan seluruh anggota badan anda bergerak. Otot-otot kita meningkatkan prospek pertumbuhan selain membersihkan dan detoksifikasi tubuh kita dari racun maupun zat zat berbahaya dalam tubuh kita melalui keringat. Olahraga teratur merupakan cara solusi yang tepat dan harus terjadwal dalam kehidupan & kegiatan sehari-hari

Yoga / Meditasi
Yoga maupun meditasi merupakan cara yang baik untuk menambah tinggi badan Anda secara alami. Yoga, meditasi ataupun teknik pernapasan lain berguna untuk memberikan dorongan untuk tinggi badan Anda secara mental. Dalam teknik meditasi dan yoga tertentu akan memfasilitasi perangsangan pelepasan hormon pertumbuhan dalam tubuh. Peregangan dan menyeimbangkan latihan yang terlibat dalam yoga memperkuat otot dan meningkatkan postur tubuh juga.

Hindari kebiasaan buruk
Mempertahankan postur tubuh yang benar dari masa kanak-kanak. Hal-hal sederhana seperti duduk lurus di kursi, menjaga bahu Anda lurus, dagu tinggi, dan pinggul atas kaki Anda saat berjalan atau berdiri benar-benar dapat memiliki efek menguntungkan pada tinggi badan Anda. Jangan membungkuk sambil berjalan.Tulang belakang lurus dan kuat sangat penting dalam meningkatkan tinggi badan Anda. Sejajarkan leher dan kepala tanpa membungkuk. Saat anda tidur gunakan perlengkapan tidur seperti bantal, kasur yang baik untuk menjaga tulang belakang Anda nyaman. Postur tubuh yang baik membuat Anda terlihat tinggi, cerdas dan percaya diri.

Pola diet yang sehat dan seimbang
Pola makan dan diet yang seimbang sangat penting untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Hinddari segala jenis makanan siap saji atau junk food, makanan yang mengandung bnayak gula, makanan yang tidak sehat serta makanan lain yang merugikan kesehatan tubuh anda. Hindari lemak jenuh, minuman bersoda dan makanan yang mengandung gula berlebihan karena dapat menyebabkan dampak negatif pada tinggi badan Anda. Harus dipastikan bahwa Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Berikut adalah nutrisi makanan yang dapat menunjang pertumbuhan tinggi badan anda.

  • Vitamin D dan protein membantu dalam memicu hormon pertumbuhan, dan diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat pada gigi dan tulang. Oleh karena itu, makanan yang kaya akan nutrisi seperti keju, kacang-kacangan, tahu, daging tanpa lemak, putih telur harus dimasukkan dalam diet Anda.
  • Asupan makanan yang kaya zinc atau zat besi juga sangat penting karena kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat pada anak-anak. Makanan seperti asparagus, coklat, telur, tiram dan kacang kaya akan zinc.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kadar tinggi kalsium yang bisa anda temukan dalam produk susu dan sayuran hijau untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang.
  • Selain itu nutrisi lain seperti mineral seperti magnesium dan fosfor, karbohidrat, dan vitamin tidak boleh diabaikan karena mereka juga berkontribusi terhadap pertumbuhan yang tepat dari tubuh. 
  • Kebutuhan gizi juga dapat dipenuhi dengan mengambil suplemen dalam jumlah terbatas.

Hindari kegemukan atau pertambahan berat badan yang berlebih agar asupan nutrisi dalam tubuh anda fokus untuk mengembangkan tulang untuk menunjang tinggi badan anda.

Hindari faktor penghambat pertumbuhan tulang
Tinggi badan bisa terhambat yang dipengaruhi oleh faktor eksternal atau internal. Oleh karena itu, perlu diingat beberapa hal yang dapat memicu terhambatnya pertumbuhan tulang anda. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa memicu terhambatnya pertumbuhan tulang secara maksimal.

  • Menggunakan maupun mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol di usia muda bisa sangat berbahaya. Mengkonsumsi bahan bahan tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat dan menyebabkan gizi buruk, sehingga mencegah Anda dari mencapai ketinggian maksimal.
  • Asupan kafein (biasanya terdapat pada produk olahan dari kopi) harus dibatasi, khususnya di kalangan anak-anak karena membuat Anda dari tidur nyenyak dan teratur. Anak-anak dan remaja membutuhkan istirahat yang baik 8-11 jam, kafein dapat membatasi hal itu dengan dapat mengganggu rasa kantuk anda sehingga anda tidak bisa nyaman tidur sehingga jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan tubuh berperawakanpendek.
  • Selain itu, steroid juga telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan tulang pada anak-anak, dapat mempengaruhi tinggi badan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak asma yang terkena dampak dan remaja yang menggunakan inhaler cenderung tumbuh sampai sekitar inci ½an lebih pendek daripada yang lain. Hal ini karena inhaler tersebut mengeluarkan jumlah yang relatif kecil dari steroid yang disebut budesonide.

Sistem kekebalan tubuh
Penyakit anak tertentu juga dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Ini dapat dihindari dengan imunisasi rutin dan mengambil banyak vitamin C yang ditemukan dalam buah seperti jeruk, anggur, sayuran hijau dan lemon. Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makan utuh dan makanan sega, dan menghindari diproses terlalu lama dan terhidrogenasi sehingga menyebabkan nutrisi dalam makanan luntur. Diet sehat akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Memasukkan beberapa makanan yang sehat dan bernutrisi seperti banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak omega-3 dalam diet Anda untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Konsultasi Medis
Jika Anda telah mencapai Anda pertengahan remaja dan pertumbuhan tinggi badan anda tidak meningkat dan anda terlihat pendek di mana semua anggota yang tinggi, padahal anda telah melakukan pola hidup yang sehat maka solusi yang terbaik adalah dengan mengunjungi dokter. Kondisi medis tertentu dapat dideteksi pada tahap awal. Oleh karena itu jika Anda melakukan hal hal yang berkaitan dengan pertumbuhan tinggi badan dengan baik tapi masih tidak tumbuh, maka konsultasikan secara medis.

Membangun Keyakinan Anda
Jika seseorang tinggi tetapi kurang percaya diri, itu tidak ada gunanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun kepercayaan dari masa kanak-kanak dan mengolahnya karena Anda bertambah tua. Anda dapat mengambil bagian dalam kegiatan sekolah, bergabung dengan klub dan menghabiskan waktu mengejar minat dan hobi. Semua ini bertindak untuk meningkatkan mood Anda dan rasa kenyamanan, sehingga mempengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda. Jika Anda memiliki pola pikir yang positif dan penuh dengan keyakinan, bahkan perawakan pendek tidak akan tampak menjadi penghalang bagi Anda. Oleh karena itu, menumbuhkan kepercayaan diri Anda! Jangan menunggu lebih lama lagi; mulai segera untuk menjaga tubuh Anda tumbuh! Ikuti tips ini untuk mendapatkan tinggi secara alami!

5 comments:

  1. Ingin menambah tinggi badan secara cepat ? ---> http://tokoonlineanugrah.blogspot.com/2012/04/i-up-silicon-gel-yang-dapat-menambah.html

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. artikelnya bagus.
    terimakash atas informasinaya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Artikelnya bagus dan juga sangat bermanfaat.
    Terima kasih atas informasinya..

    ReplyDelete
  5. apakah orang berusia 30 tahun tinggi badannya masih bertambah? Kalo bisa, bagaimana caranya? trims atas informasinya.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara