Cara Alami Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Posted By : Posted on - 4:54:00 PM with 4 comments

Cara Alami Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur - Menurut Wikipedia.org insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

Nah ketergantungan terhadap obat-obatan kimia yang digunakan untuk mengatasi insomnia atau susah tidur tentunya sangat berdampak buruk untuk kesehatan. Berikut adalh tips & cara alami untuk mengatasi insomnia atau susah tidur.

Cara Alami Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Cara Alami Mengatasi Gangguan Susah Tidur

Berolah Raga
Olah raga merupakan obat dari segala macam penyakit atau pencegah dari segala macam penyakit. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati suatu penyakit. Dengan berolah raga secara teratur akan melancarkan sistem peredaran darah di tubuh dan membuat badan kita sehat. Jika kita sehat maka insomnia  dapat kita atasi dengan mudah.

Hindari Makanan / Minuman Stimulan
Teh manis, kopi, alkohol, rokok atau makanan lain yang bisa menyebabkan rasa kantuk anda menghilang. Kandungan bahan-bahan diatas merupakan stimulan yang membuat anda terjaga dan menghilangkan rasa kantuk, untuk itu hindari untuk berhenti merokok, minuman keras, kopi atau stimulan lain. Hindari juga makan yang terlalu banyak saat akan menjelang tidur. Makanan yang banyak membuat sistem pencernaan akan tetap bekerja sehingga anda kehilangan rasa kantuk. Anda bisa makan sedikit karbohidrat dan segelas susu hangat akan membantu rasa kantuk anda datang.

Atur Pola Tidur
Gangguan susah tidur juga bisa disebabkan oleh pola tidur kita yang tidak baik, sebagai contoh saja anda kebanyakan tidur di siang hari sehingga saat malam yang seharusnya anda gunakan untuk tidur anda malah tidak bisa tidur. Dan jika terbiasa tidur siang dan begadang malam itu akan merusak pola tidur anda. Waktu istirahat yang baik adalah 8 jam sehari. Biasakan untuk istirahat malam sehingga pagi harinya anda bangun dengan segar. Kurang istirahat dapat menimbulkan rasa malas. Jangan menonton tv, membaca atau aktifitas lain yang mengganggu waktu tidur anda. Atur pola tidur anda dengan benar jangan kacaukan jadwal tidur anda.

Hindari Tekanan Pikiran Atau Stress
Tekanan pikiran atau stress juga membuat anda kehilangan rasa kantuk. Tenangkan pikiran anda dengan meditasi maka pikiran anda akan rileks dan mengantuk, bauang jauh jauh pikiran yang bisa menekan pikiran atau anda bisa mandi sebelum tidur karena mempunyai efek melemaskan otot yang tegang, membersihkan badan anda dengan sendirinya anda akan merasa nyaman, pikiran rileks dan anda akan mengantuk. Atau anda bisa mendengarkan musik yang lembut yang disukai dengan sedikit wewangian dan cahaya yang redup untuk membantu anda tidur.

Lingkunga Bersih Dan Nyaman
Jaga kebersihan tempat dimana anda akan tidur yaitu kamar, dengan suasana yang bersih dan nyaman anda akan merasa mengantuk dan tertidur. Matikan lampu jika diperlukan. Gunakan kamar anda hanya untuk tidur, keluarkan barang seperti komputer, tv, buku atau barang lain yang bisa membuat anda melakukan aktifitas lain dikamar seperti bekerja, membaca dan lain sebagainya.

4 comments:

  1. terimakasih sekali gan telah berbagi informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi banyak orang, di tunggu infomasi slanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete
  2. Makasih gan infonya,,menarij untuk di simak dan saya tidak segan berkunjung ke blog anda

    ReplyDelete
  3. sipp bagus
    info nya menarik
    dan menambah wawsan

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara