sponsored ads

Cara Agar Tidur Nyenyak (Berkualitas)

Posted By : Posted on - 10:01:00 PM with No comments

Cara Agar Tidur Nyenyak (Berkualitas) - Apakah anda mengidap atau menderita insomnia atau gejala susah tidur? Lalu apakah insomnia tersebut? Menurut Wikipedia bahasa Indonesia Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur. Nah berikut ini cara cara alami yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan tidur yang kualitas atau tidur yang nyenyak.

Cara Agar Tidur Nyenyak (Berkualitas)

Cara Agar Tidur Nyenyak (Berkualitas)

Atur Jadwal waktu tidur anda
Tidur yang teratur dan terjadwal akan membantu anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Jika anda mengubah pola tidur anda setiap hari hal inilah yang menyebabkan insomnia atau gejala susah tidur. Sebagai contoh saja anda tidur pukul 9 malam, keesokan hari pukul 12 malam dan keesokan harinya lagi pukul 10 malam, maka hal ini mengubah pola tidur anda dan anda akan kesulitan tidur teratur dan kualitas tidur. Biasanya pola tidur yang berubah ubah ini juga akan menyebabkan waktu tidur anda berubah. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh anda berjalan baik.

Mengubah Kebiasaan
Jika anda memiliki kebiasaan sebelum anda tidur seperti membaca atau menonton tv sebelum anda tidur maka, hentikan kebiasaan tersebut. Atau jika anda tidak bisa menghentikannya maka jadwalkan kebiasaan anda tersebut harus berhenti minimal setengah jam sebelum tidur. Sebagai contoh anda berencana untuk tidur setiap malam pukul 11 dan anda mempunyai kebiasaan membaca kurang lebih setengah jam sebelum tidur. Artinya pukul 10.30 maksimal anda harus sudah mulai membaca sehingga pukul 11 malam anda sudah tertidur.

Hindari konsumsi makanan Berat sebelum tidur
Makanan berat yang anda konsumsi atau kekenyangan akan membuat anda susah tidur, makan ringan memang sangat disarankan sebelum anda tidur karena sistem pencernaan dalam tubuh akan terus bekerja walaupun anda sedang tidur untuk itulah mengapa disarankan untuk memakan makanan ringan sebelum tidur namun tetap disarankan agar tidak mengkonsumsi makanan berat yang bisa membuat anda kekenyangan.

Berolahraga
Olahraga yang rutin dan teratur memang menjadi solusi masalah kesehatan apapun hal itu termasuk kesulitan tidur. Berolahraga secara teratur akan membuat sistem metabolisme tubuh dan peredaran darah menjadi lancar dan lebih baik. Orang bisa dikatakan sehat jika semua organ tubuhnya berfungsi secara normal dan sistem peredaran dalam tubuh berjalan lancar. Nah jika anda menderita insomnia maka berolahraga secara teratur dan rutin maka olahraga adalah jawaban yang tepat dalam mengatasi masalah anda.

Perlengkapan tidur
Apakah kasur anda sudah terlalu tua untuk anda gunakan? Atau bantal anda sudah terasa keras? Nah jika hal tersebut terjadi maka gantilah perlengkapan tidur anda dengan yang lebih nyaman. Pakai semua perlengkapan tidur seperti sprei, selimut, bantal, bantal guling, kasur dalam keadaan bersih dan nyaman maka hal tersebut dapat mengurangi gejala susah tidur anda.

Lingkungan tidur
Aturlah lingkungan tidur anda senyaman mungkin sebagai contoh penggunaan perlengkapan tidur yang nyaman dan bersih seperti yang saya jelaskan diatas, pengaturan AC atau kipas angin yang anda gunakan, pengaturan lampu tidur anda sehingga anda tidak bolak balik terbangun ditengah malam karena suasana tidur anda yang tidak nyaman.

Matikan komputer anda
Jika anda adalah penggila komputer entah itu untuk browsing ataupun bermain game, disarankan anda membuat jeda antara anda berhenti bermain komputer dengan saat sebelum anda naik ke atas ranjang anda, minimal ½ jam. Biasanya kita akan mengalami kesulitan untuk tidur jika kita langsung berbaring sehabis menggunakan komputer. Relax-kan otak anda sejenak, karena otak anda masih ‘panas’ saat itu. Memang kadang-kadang sulit untuk melakukan hal ini, seperti yang saya alami, karena kita sedang asik-asiknya dan pasti merasa sayang sekali jika kita menyia-nyiakan waktu setengah jam tersebut tidak berada di depan komputer.
Namun saya juga merasakan jika otak saya telah dingin, saya menjadi lebih cepat untuk tertidur.

Jangan mengobrol di telepon sebelum tidur
Ini mirip dengan poin no 5. Ketika anda mengobrol dengan teman anda di telepon, otak anda saat itu berada pada ‘mode siaga’. Perlu waktu untuk merubahnya menjadi ‘mode tenang’. Luangkan waktu kira-kira setengah jam untuk mendinginkan otak anda sebelum anda pergi tidur. Otak yang tenang tentu saja membuat kita lebih cepat untuk tertidur.

Pastikan lampu kamar anda padam
Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita.
Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara