sponsored ads

Tips Pilih Mana Antara Blogger atau Wordpress ?

Posted By : Posted on - 9:12:00 AM with No comments

Jika anda ingin memulai membuat blog maka hal pertama yang ada dipikiran anda adalah menentukan platform mana yang akan anda gunakan. Pikiran anda pasti bertanya pilih platform apa ya yang paling banyak digunakan, mudah dioperasikan atau mana yang paling baik, blogger, wordpress, jomla atau platform yang lain. Beberapa jenis platform blog yang paling sering digunakan:

  1. WordPress.org
  2. Web.com
  3. Wix
  4. HubSpot CMS
  5. Gator
  6. WordPress.com
  7. Blogger
  8. Tumblr
  9. Medium
  10. Squarespace
  11. Ghost
  12. Weebly

Tentu pertanyaan ini membuat pusing dalam menentukan akan menggunakan platform apa untuk membuat blog yang ingin anda buat, tetapi pada kesempatan kali ini saya akan hanya share tentang penggunaaan platform blogger dan wordpress saat ini?

Tips memilih platform blogger atau wordpress
Blogger vs Wordpress

Kenapa saya hanya share tentang kedua platform blogger & wordpress alasannya karena kedua platform ini lebih banyak digunakan para blogger dan relatif lebih mudah dalam pengoperasiannya.


Daripada bingung berikut data-data platform blogger dan wordpress:

    Keterangan
    Blogger
    Wordpress.com
    Wordpress.org
    Domain
    Sub + Self
    Sub
    Self
    Hosting
    Gratis
    Gratis
    Berbayar
    Pemilik
    Google
    Automattic
    Automattic
    Sistem Operasi
    Full HTML
    PHP + HTML
    PHP + HTML
    Plugin
    Baik
    Sangat Baik
    Sangat Baik
    Iklan
    Bisa
    Tidak
    Bisa
    SEO
    Baik
    Sangat Baik
    Sangat Baik

Poin-Poinnya adalah:
  1. Jika anda adalah pemula dalam dunia blog gunakanlah blogger, wordpress.com karena sangat cocok bagi para pemula, jika anda penyuka edit template maka gunakan blogger karena mudah dalam pengeditan sedang wordpress perlu skill khusus dalam progammer.
  2. Jika Keinginan anda dalam blogging adalah untuk mencari uang maka gunakanlah wordpress.org dan blogger karena mereka memperbolehkan menggunakan untuk iklan mandiri maupun PPC sedang wordpress.com tidak, kecuali jika anda ngeblog hanya untuk data pribadi atau share ilmu tidak masalah. Sedang wordpress org memang dikhususkan untuk blog profesional yang membolehkan memasang iklan maupun tidak.
  3. Hosting menurut saya pribadi lebih baik blogger jelas karena platform ini milik raksasa internet, lebih stabil dan cepat sedang untuk wordpress com tergantung keadaan sinyal internet anda dan wordpress org tergantung dimana hosting internet anda sewa.
  4. Nah kalau soal SEO jelas saya lebih memilih wordpress karena platform satu ini memang khusus menyediakan plugin untuk SEO sedang blogger tidak.
  5. Domain blogger boleh menggunakan subdomain asli yaitu blogspot.com maupun self domain berbayar sebagai contoh www.domainanda.com, sedang wordpress com hanya menggunakan subdomain sebagai contoh www.namadomain.wordpress.com sedang worpress org karena tujuannya memang untuk blogging profesional harus menggunakan self domain.
  6. Tentang kredibilitas saya lebih menyukai blogger dan wordpress org.
Nah itu diatas adalah tentang poin-poin yang perlu anda perhatikan sedang untuk tingkat profesionalisme blogging berikut adalah tingkat profesionalisme masing masing platform:

Blogger.com
80%

Wordpress.com
60%

Wordpress.org
95%

Kesimpulannya adalah penggunaan platform blog yang akan anda pilih adalah tentang tujuan atau kegunaan yang anda targetkan untuk membangun sebuah blog. Sebenarnya saat ini lebih mudah menggunakan platform mana aja karena sekarang ini banyak platform blog yang dilengkapi fitur export-import yang memudahkan anda memindahkan isi blog lama ke blog baru atau dari platform blog 1 ke platform blog yang lain.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara