9 Tips Efektif Selalu Bersemangat Setiap Hari

Cara Tetap Semangat dalam Meraih Tujuan (Cita -cita) - Orang orang yang sukses mendapatkan apa yang mereka inginkan atau apa yang mereka impikan adalah orang orang yang tetap fokus dan bersemangat dalam mewujudkan apa yang mereka impikan. Orang yang bersemangat telah merencanakan apa yang akan di kerjakan esok pagi sebelum mereka tidur dan bangun lebih awal untuk mengeksekusi apa yang mereka rencanakan, sedang orang yang tidak bersemangat akan menarik selimut karena masih mengantuk karena begadang di malam harinya.

Melakukan semua hal dengan rasa penuh semangat tentu memiliki pengaruh besar kepada apa tujuan kita. Mark zuckerberg, Jan Koum, sergey brin, Richard Branson adalah beberapa pengusaha sukses yang selalu termotivasi dan bersemangat dalam menelurkan karyanya dan membuatnya menjadi miliarder sukses. Motivasi akan terus membuat kita tetap bersemangat melewati tantangan hidup yang tiada habisnya. Semua orang pasti punya motivasi sendiri-sendiri, bahkan anda sendiri memiliki motivasi yang berbeda dengan saya. namun apapun motivasi setiap orang pasti memiliki tujuan yang sama yaitu dalam meraih apa yang diinginkan atau apa yang di cita-citakan.

9 Tips Efektif Selalu Bersemangat Setiap Hari

Lihatlah sekeliling kita? Kenapa ada orang yang lebih jauh melangkah, daripada kita atau ada yang tertinggal jauh di belakang kita? Jawabannya simple, karena mereka mempunyai motivasi dan semangat yang berbeda beda. Motivasi memberikan peranan yang sangat penting dalam proses pencapaian mimpi seseorang. Banyak orang yang berhenti di tengah jalan atau bahkan menyerah dalam menggapai mimpi mereka, disebabkan karena mereka sudah tidak termotivasi lagi dalam hidupnya.

Lalu bagaimana caranya supaya kita tetap bersemangat dalam menggapai mimpi kita, walaupun kita berada pada keadaan yang sulit? Seperti yang telah di kutip dari successconsciousness.com berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan disaat kondisi down, sulit dan tidak bersemangat, agar motivasi kita kembali tumbuh, bahkan lebih besar lagi.

Tips Efektif Selalu Bersemangat Setiap Hari

Tetapkan Tujuanmu
Hidup tanpa tujuan tentunya membuat kita tidak bersemangat, karena memang tidak ada tujuan atau impian yang kita kejar. Namun jika hidup memiliki tujuan-tujuan maka kita akan memiliki cukup energi positif untuk mewujudkan impian itu. Tetapkan tujuan anda mulai dari sekarang apapun tujuan atau impian anda, sehingga dengan tujuan yang jelas dan terukur anda akan lebih bersemangat menjalani hari-hari anda untuk menggapai tujuan. Sebagai contoh saja untuk tujuan jangka panjang, anda memiliki tujuan ingin lulus kuliah dengan nilai cum laude maka anda akan lebih bersemangat untuk belajar, lebih bersemangat untuk masuk kuliah dan lebih bersemangat untuk melakukan apapun untuk tujuan itu.

Atau anda ingin memiliki mobil baru dalam 2 tahun, maka anda akan bersemangat bekerja, bersemangat menabung aatu bersemangat untuk mengumpulkan uang. nah engan tujuan tujuan yang jelas dan terukur (Tujuan terarah) maka anda akan bersemangat untuk menjalani hari hari anda. Sedangkan untuk tujuan jangka pendek anda bisa menetapkan dan merencanakan tujuan anda sebelum anda tidur, dengan demikian di pagi hari otak anda akan memproses dan melakukan apa yang anda rencanakan tadi malam seperti "saya ingin menyelesaikan tugas kuliah besok harus selesai" atau "Besok saya harus dapat 10 pembeli untuk mencapai target saya" dst. Ini akan membuat harimu lebih terarah dan teratur. Sehingga kita tidak akan merasa bingung lagi, apa yang seharusnya kita lakukan hari ini.

Buang kata menyerah
Bukan menjadi rahasia jika apa yang kita usahakan atau apa yang kita lakukan menemui kegagalan tentu kata "Bersemangat" akan sedikit luntur. Untuk membuat anda bersemangat menjalani hari maka buang kata "menyerah" dari hidup anda. Tak masalah seberat dan sesulit apapun beban yang kamu pikul saat ini, tetaplah untuk fokus kepada apa yang sedang anda impikan & rencanakan. Yakinlah bahwa setelah mendung akan berganti dengan terang, gelap malam menjadi cahaya terang disiang hari, kesulitan akan menjadi kemudahan selama anda terus mencoba dan tidak berputus asa.

Yakinlah kepada diri sendiri bahwa kamu bisa melewati ini semua. Saat kamu merasa jenuh dengan usaha yang sedang kamu lakukan, ingatlah bahwa ini akan sangat indah sekali saat kamu bisa mncapai apa yang menjadi tujuanmu. Dan ingatlah bahwa tidak akan ada yang bisa menghentikan impianmu, kecuali diri kamu sendiri. Never give up! Buang kata menyerah dan ganti kegagalan yang negatif di pikiran anda dengan kata yang lebih memotivasi seperti "Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, puncak gunung yang tinggi akan diawali dengan satu langkah mendaki dan anda akan tetap sampai di puncaknya selama anda tidak berhenti untuk menghentikan langkah anda.

Tetapkan batas waktu atau Deadline
Menetapkan tujuan yang jelas namun anda tidak membatasi waktu sampai tujuan anda berhasil akan menghasilkan anda menunda -nunda tujuan itu. Sebagai contoh anda ingin memiliki mobil baru namun jika anda tidak menetapkan deadline atau memberi batasan waktu mungkin anda tidak akan bersemangat dan menundanya seperti " Ah gaji bulan ini aku pakai dulu untuk keperluan yang lain", "Besok saja menabungnya, toh bulan-bulan berikutnya juga gajian", dst... Jika anda menerapkan batas waktu yang tepat dan terukur maka anda akan lebih bersemangat untuk mencapai tujuan atau cita-cita anda seperti "Saya harus mendapatkan mobil dalam 2 tahun" Nah dengan memotivasi dan memberikan batasan waktu yang jelas maka anda akan lebih bersemangat dan berusaha keras untuk mendapatkan mobil baru yang anda impikan dalam 2 tahun. Karena jika anda ingin mencapai sesuatu, anda harus menetapkan batas waktunya, sehingga anda bisa lebih terpacu dalam menjalaninya.

Percaya kemampuan diri anda sendiri
Jika anda percaya kepada kemampuan anda sendiri, itu berarti anda selangkah lebih dekat dengan impian. Anda harus percaya dengan kemampuan anda dengan begitu anda akan bersemangat untuk mencoba dan seandainya anda gagal anda tetap percaya diri dan akan terus bersemangat untuk berusaha mencapai tujuan anda.

Berusaha keras
Tentu saja, semuanya sia-sia tanpa adanya usaha. Bermimpi memang mudah, akan tetapi mimpi tanpa adanya usaha sama saja bohong. Jika anda ingin sukses, anda tiidak hanya duduk berpangku tangan di kamar anda tanpa melakukan apa apa, anda harus bangkit, berdoa, berusaha dan bekerja lebih keras. Dengan anda mau bekerja lebih keras maka anda akan bersemangat untuk mendapatkan apa yang anda impikan. Selalu tanamkan dalam pikiran anda emas tinggal sejengkal dari cangkul anda, sehingga anda tidak akan berhenti untuk terus menggali.

Senyum
Senyum memberi energi positif terhadap orang orang yang melakukannya. Sejenuh apapun usaha yang sedang anda lakukan. Tetaplah tersenyum untuk orang yang berada di sekitarmu. Berkumpulah dengan orang-orang yang menginspirasi kamu. Dan yang terpenting, raihlah apa yang menjadi tujuanmu dengan senyuman lebar.

Bersyukur
Rasa syukur anda terhadap apa yang anda capai akan membuat anda terinspirasi untuk mencapai hal yang lebih besar dan membuat anda bersemangat untuk mewujudkannya. Syukuri hal hal kecil dan baik yang telah anda lakukan hari ini dan anda akan lebih bersemangat untuk menjalani hari. Rasa syukur memiliki fungsi besar membuat kita lebih berfokus terhadap tujuan kita di dunia ini, rasa syukur di pagi hari sangat berhasil memberikan efek positif dan rasa bahagia ke diri kita.

Memotivasi Diri
Motivasi akan terus mendukung dan memberi semangat kepada otak anda. Motivasi tidak hanya berwujud kalimat kalimat yang manis untuk membuat anda tergerak, namun hal lain juga bisa menjadi motivasi anda untuk mewujudkan cita cita anda seperti orang tua, istri tersayang, putra putri anda bahkan dengan berdoa. Berdoa tentunya meminta kepada Tuhan untuk hal yang baik, nah dengan berdoa anda akan tergerak untuk mewujudkan apa yang menjadi doa anda. Jika semangat anda sedang down ingat apa yang membuat anda selalu termotivasi dan membuat anda kembali bersemangat.

Bangunlah Lebih Awal
Berusahalah untuk bangun lebih awal dan menjaga pola tidur anda dengan baik, dengan waktu tidur yang cukup dan bangun dipagi hari anda akan bersemangat untuk melakukan segala aktifitas maupun kegiatan anda untuk mewujudkan impian anda. Kurang beristirahat atau kurang tidur akan membuat anda malas, mudah lelah, mudah terserag penyakit, tidak fokus dan tidak bersemangat. Berusahalah untuk bangun lebih awal karena bangun lebih awal membuat persiapan kita dihari ini lebih baik, berbeda dengan kita saat bangun kesiangan, perasaan kita tidak teratur dan persiapan akan hari tersebut hilang.

nah mungkin itulah beberapa hal yang bisa membuat anda selalu bersemangat menjalani hari-hari anda, jika anda memiliki pengalaman lain yang membuat anda selalu bersemangat share pengalaman anda dengan berkomentar dan memberi inspirasi bagi ribuan pembaca blog ini atau jika anda rasa artikel ini berguna bagi anda silahkan share di media sosial dengan membagikannya pada tombol di bawah posting. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara