7 Cara Efektif Agar Cepat Tertidur

Posted By : Posted on - 9:58:00 AM with 5 comments

Cepat tidur - Bagaimana cara agar anda cepat tertidur dengan harapan anda bisa bangun lebih pagi dengan kondisi yang segar bugar. Nah artikel ini merupakan lanjutan dari artikel terdahulu tentang cara mengatasi insomnia atau gejala susah tidur dengan cara yang alami. Banyak orang merasa kesulitan tidur dimalam hari sehingga mereka tidak terpejam bahkan sampai larut malam, akibatnya mereka bangun kesiangan dengan malas dan masih dalam keadaan mengantuk padahal banyak aktifitas yang mharus dikerjakan pada keesokan harinya.

Cepat tertidur pada waktunya tidur akan membuat kualitas tidur anda menjadi lebih baik ini berarti anda mendapatkan tubuh yang benar benar beristirahat sehingga saat anda bangun dipagi hari tubuh anda akan merasa segar dan bersemangat untuk melakukan sesuatu hal. Cepat tertidur juga merupakan cara yang efektif agar anda bisa bangun pagi. Berikut adalah beberapa tips sederhana agar anda cepat mengantuk dan tertidur pulas.

cara agar cepat tidur
Tidur nyenyak. Img source: Flickr.com

Cara Efektif Agar Cepat Tertidur

Hindari makanan berat 2 jam sebelum tidur
Usus dalam perut anda akan terus bekerja bahkan saat anda tidur sekalipun. Dengan memakan makanan berat seperti nasi atau karbohidrat lain ini akan membuat usus anda bekerja dengan ekstra keras dan tentunya akan membuat anda kesulitan untuk tidur. Tips yang harus anda lakukan adalah dengan berhenti memakan sesuatu 2 jam sebelum anda tertidur, jadi jika anda ingin tertidur jam 9 malam maka anda harus berhenti mengkonsumsi makanan mulai jam 7 malam.

Mandi menggunakan air hangat
Mandi menggunakan air hangat akan membantu mengendorkan urat anda yang tegang dengan begitu anda akan lebih merasa nyaman dan membantu mempercepat rasa kantuk anda datang, dengan demikian anda akan cepat tertidur.

Hindari rokok & minuman keras
Zat nikotin yang anda hirup melalui rokok akan mengganggu rasa kantuk anda yang dikirimkan ke otak. Jadi jika anda adalah perokok maka hentikan rokok anda minimal sebelum anda pergi ke tempat tidur anda. Begitu juga dengan efek alkohol dalam minum minuman keras.

Buat suasana tidur senyaman mungkin
Matikan komputer, tv, hentikan membaca buku atau suara lain yang mengganggu konsentrasi tidur anda terganggu. Dengan suara yang hening dan tenang akan membuat anda cepat tertidur. Untuk membantu rasa kantuk anda datang sedikit tips yang bisa anda gunakan agar cepat tertidur:

  • Matikan atau redupkan cahaya yang terlalu terang dalam kamar tidur anda
  • Menggunakan wewangian herbal yang akan membantu anda lebih rileks
  • Gunakan peralatan tidur yang bersih seperti bantal, selimut, sprei kasur dan lingkungan kamar tidur anda sehingga anda merasa nyaman.

Berolahraga secara teratur
Berolahraga akan membuat sistem peredaran tubuh dan metabolisme berjalan dnegan lancar dan normal, nah jika anda mendapatkan tubuh yang sehat tanpa ada gangguan penyakit maka anda dengan mudah tertidur.

Banyak beraktifitas
Siang hari lakukanlah aktifitas yang berguna baik bekerja, kuliah, belajar atau apapun aktifitas tersebut. Dengan demikian saat malam anda akan merasa mengantuk dengan sendirinya karena tubuh anda lelah dan butuh istirahat.

Meditasi
Meditasi adalah olah tekhnik olah pikiran dan pernapasan yang membuat anda terhindar dari stres atau tekanan pikiran. salah satu hal yang membuat kesulitan tidur adalah karena anda berada dalam tekanan pikiran atau tidak bisa berhenti memikirkan sesuatu hal saat anda mau tidur. nah dengan teknik meditasi yang benar pikiran anda akan lebih rileks dan anda akan cepat tertidur.

5 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara