8 Tips Menjaga Jantung Anda Sehat

Posted By : Posted on - 12:34:00 PM with 8 comments

Tips menjaga kesehatan jantung - Jantung merupakan pemegang peran penting kesehatan tubuh. Jantung merupakan pemompa darah ke seluruh bagian tubuh dan mengedarkannya. Untuk itulah kenapa anda harus menjaga kesehatan jantung anda. Memiliki jantung yang sehat merupakan salah satu cara anda menjaga kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Gaya hidup yang tidak sehat, mengkonsumsi makanan siap saji atau junk food, konsumsi alkohol, merokok, jam kerja tidak menentu dan stres merupakan faktor yang paling umum yang menyebabkan masalah kesehatan pada jantung. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan jantung yang sehat:

tips menjaga kesehatan jantung

Tips Menjaga Jantung Anda Sehat

Berhenti merokok
Merokok seperti kita ketahui merupakan faktor umum yang menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Berhenti merokok adalah hal yang paling penting seseorang dapat lakukan untuk hidup lebih lama dan terhindar dari penyakit jantung. Seorang perokok lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung daripada non-perokok. Risiko serangan jantung terkurangi resikonya setelah Anda berhenti merokok, beberapa penelitian menunjukkan.

Kurangi konsumsi garam
Dengan mengurangi konsumsi garam dalam diet anda sudah mengurangi resiko penyakit jantung, seperti kita ketahui bahwa mengkonsumsi garam berlebihan menyebabkan resiko tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Makanan seperti keripik, kacang asin, sayur maupun daging kalengan, mie instan, saus dan makanan siap saji harus dihindari. Bahkan sarapan sereal dan roti yang terlihat sehat, mengandung kadar tingkat tinggi garam. Dengan mengurangi konsumsi garam anda mengurangi resiko anda untuk menderita penyakit jantung koroner.

Pola makan sehat & seimbang
Diet sehat atau pola makan sehat sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk membantu mendapatkan kesehatan jantung dan mencegah masalah kesehatan jantung perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar, ikan dan makanan bertepung dalam diet seimbang untuk memiliki jantung yang sehat. Makanan seperti biskuit, kue-kue dan produk susu harus dihindari karena mengandung jumlah tinggi lemak jenuh dan kadar tinggi gula.

Kurangi alkohol
Minum terlalu banyak alkohol tidak baik untuk kesehatan, dan dapat merusak otot jantung. Nah jika anda saat ini masih banyak mengonsumsi minuman beralkohol biasakan untuk menguranginya bahkan akan lebih baik jika anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Mengonsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan penambahan berat badan. Orang harus membatasi asupan alkohol, banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko mengalami serangan jantung mendadak.

Selalu aktif
Untuk membuat jantung anda tetap sehat maka anda juga harus tetap aktif. Aktif secara fisik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebagai jantung otot, perlu latihan untuk tetap fit sehingga bisa memompa darah secara efisien putaran tubuh dengan setiap denyut jantung. Nah untuk mendapatkan jantung anda tetap aktif, fit dan sehat maka yang harus anda lakukan adalah berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari.

Menjaga berat badan
Seperti kita ketahui bahwa kegemukan atau obesitas bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat mempengaruhi fungsi kesehatan, yang mengarah ke risiko penyakit jantung koroner dan diabetes. Jika Anda kelebihan berat badan yang harus menjaga berat badan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Check-up teratur jantung anda
Pastikan anda teratur memeriksakan tekanan dan kadar kolesterol darah anda ke dokter terkait, hal ini akan membantu anda mengetahui secara dini kemungkinan anda mengalami masalah kesehatan jantung. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi berada di bawah risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung. Harapan hidup menjadi lebih singkat jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Tingginya tingkat kolesterol dalam darah menyebabkan deposit lemak dalam arteri koroner yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Mengelola tingkat stres
Seseorang memang tidak bisa dipisahkan dari stres karena merupakan bagian dalam setiap aspek kehidupan seseorang, hal yang terpenting bagi anda adalah untuk tetap bisa mengelola stres anda dalam level aman dan menghindarkan anda dari stres akut atau depresi. Mengambil terlalu banyak stres tidak baik untuk kesehatan, dan semua orang menyadari hal itu. Orang yang paling stres lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung. Jika Anda menemukan hal-hal yang semakin di atas Anda, istirahat di antara dan bersantai. Mengelola tingkat stres yang tinggi Anda adalah cara terbaik untuk menjaga jantung Anda sehat dan berdebar dengan cara yang benar. Baca juga mengatasi stres paling efektif.

8 comments:

  1. siiiplah,, terima kasih banyak ya gan untuk infonya

    ReplyDelete
  2. Infonya bagus gan, banyak manfaatnya.Terimakasih banyak admin

    ReplyDelete
  3. info nya sangat menarik
    terimakasih sudah berbagi info yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Cintai jantung mu setiap hari,....hehe

    ayah ku punya penyakit jantung,,apakah akan menurun pada saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Reza menurut yang saya baca di situs kesehatan USA di cdc.gov/heartdisease/heredity.htm penyakit jantung merupakan penyakit keturunan sama seperti diabetes perbandingan paling umum 1:3 itu berarti jika ayah anda memiliki 3 orang anak maka salah satu diantaranya berpeluang mengidap penyakit yang sama....

      Mas...namun anda tidak terlalu khawatir berlebihan, karena penyakit ini walaupun bersifat keturunan namun bisa ditekan semaksimal mungkin untuk menurunkan resiko dengan hidup yang lebih sehat, terma kasih sudag berkunjung...

      Delete
  5. infonya sangat menarik
    dan memberi pengetahuan
    terima kasih banyak atas infonya

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara