sponsored ads

10 Tips Alami & Efektif Atasi Stres

Posted By : Posted on - 11:54:00 AM with 1 comment

Tips mengatasi stres - Setiap manusia memiliki masalah dan itu merupakan hal yang pasti. Setiap masalah yang menumpuk dan tidak dapat diselesaikan biasanya akan menimbulkan stres atau tekanan pikiran. Rutinitas yang padat, kesibukan, karir pekerjaan, faktor ekonomi, hubungan dan beberapa aspek kehidupan bisa menimbulkan stres. Setiap orang bereaksi atau merespon terhadap stres berbeda setiap individu. Beberapa mungkin mudah mengatasi dengan itu dan beberapa mungkin tidak mudah bahkan kesulitan untuk mengatasi stres. Penelitian telah membuktikan bahwa peningkatan hormon stres dapat mempercepat penurunan kognitif pada usia seseorang, nah jika anda ingin awet muda dan berumur panjang maka hindari stres.

Menurut dunia medis atau kesehatan ketika Anda merasa stres, tubuh Anda mengeluarkan hormon yang disebut adrenalin dan kortison yang menyebabkan peningkatan tekanan darah, kadar gula darah tinggi dan dalam kasus terburuk dapat menyebabkan kerusakan organ utama. Dan ditambahkan bahwa stres dapat menyebabkan penurunan sistem imune atau sistem kekebalan tubuh sesorang dan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mudah stres lebih rentan atau memiliki resiko tinggi terserang penyakit daripada mereka yang tidak stres. Untuk itulah anda harus bisa meminimalisir tekanan pikiran atau stres jika anda menginginkan kesehatan dan umur yang panjang. Berikut tips alami untuk mengatasi stres.

tips alami mengatasi stres

Tips Alami & Efektif Atasi Stres

Terapi mendengarkan musik
Dengan mendengarkan musik merupakan cara yang mudah dan efektif untuk mengatasi stres. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan mendengarkan musik maka pikiran anda akan lebih rileks dan mampu mengatasi stres. Musik mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, karena setiap manusia merespon itu. Penggabungan psikologi dan konseling, musik dapat bertindak sebagai terapi penyembuhan untuk menyembuhkan beberapa kondisi seperti depresi, masalah kepribadian, autisme, kanker dll. Dan penting untuk diperhatikan untuk melakukan terapi musik ini adalah dengan menggunakan musik yang menenangkan bukan musik yang keras atau cadas seperti musik rock.

Menikmati alam terbuka
Menimati alam terbuka dengan berjalan santai atau bersepeda merupakan cara yang mudah, murah dan dapat mengatasi stres. Dengan merasakan indahnya pemandangan, merasakan setiap hembusan angin segar maka akan membuat anda lebih rileks. Secara signifikan memberikan kontribusi untuk peningkatan kesehatan mental dan dapat mengatasi stres.

Meditasi
Meditasi tentu cara terbaik untuk menjaga stres dalam ambang yang normal, dengan bermeditasi juga akan meningkatkan rasa tenang seseorang untuk merespon kesulitan dan menyelesaikannya dengan mudah tanpa tertekan. Sesuai studi telah menunjukan bahwa, melakukan meditasi harian 25 menit mempengaruhi `kemampuan untuk menjadi tangguh di bawah tekanan.

Pijat refleksi
Seperti kita ketahui juga bahwa stres mungkin timbul akibat otot kita tegang. Untuk merileks kan hal tersebut kita bisa mngatasinya dengan melakukan pijat refleksi. Pijatan yang benar mampu mengendorkan otot anda yang tegang, memperlancara aliran darah dan tentu saja bermanfaat untuk mengatasi stres. Jika Anda seorang pencinta pijat, di sini adalah satu lagi alasan bagi Anda untuk menikmati lebih sering pijat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membantu dalam mengurangi stres. Minyak atsiri, yang dikenal sebagai relaksan, membantu untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan kecemasan.

Cukup beristirahat
Sebagian besar dari kita tidak peduli tentang jadwal tidur kita sehingga kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, tentu hal ini sangat merugikan kesehatan kita. Tubuh kita tidak seperti mesin yang bisa dipicu terus menerus, tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat dan mengembalikan tenaga yang terbuang untuk rutinitas atau kegiatan kita sehari hari. Kekurangan waktu tidur juga bisa menyebabkan malas dan stres. idealnya seseorang membutuhkan waktu untuk tidur antara 7-8 jam perhari. Jadi tidur merupakan cara kesehatan yang baik dan menikmati kehidupan yang bebas stres.

Berolahraga secara teratur
Seperti kita ketahui bahwa berolahraga secara teratur memiliki manfaat yang tidak terhingga untuk kesehatan anda. Penelitian telah membuktikan bahwa latihan fisik sehari-hari membantu melindungi otak dari stres yang disebabkan depresi. Satu harus memastikan aktivitas fisik seperti berjalan, jogging, bermain game seperti tenis atau sepak bola setiap hari selama minimal 30 menit karena meremajakan pikiran dan indera seseorang.

Pola makan sehat dan seimbang
Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi stres. Makan dengan baik memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan yang baik. Hal ini disarankan untuk makan blueberry, salmon dan almond yang membantu dalam memerangi stres. Minum secangkir teh hijau juga meremajakan indera Anda dan mengurangi tingkat stres.

Berikan waktu untuk sendiri
Anda tidak harus memacu diri anda untuk selalu menyelesaikan segalanya dengan sempurna. anda tidak harus menyibukkan diri anda dengan bekerja terlalu keras untuk menyelesaikan pekerjaan anda tanpa beristirahat. Berikan waktu untuk diri anda sendiri dengan mengambil cuti pekerjaan anda atau beristirahat dari rutinitas anda yang terlalu sibuk. Cara yang baik untuk mengatasi stres adalah untuk memutuskan diri untuk sementara waktu. Berikan waktu untuk diri sendiri, merasakan udara segar dan melihat perbedaan.

Selalu berpikir positif
Jangan terlalu mencemaskan suatu hal yang mungkin tidak terjadi. Berpikir positif memainkan peran utama dalam memerangi stres. Ini mungkin sedikit sulit untuk berpikir positif dalam situasi stres, tetapi percaya atau tidak memberikan pesan positif ke pikiran Anda membantu mengurangi kecemasan dan membantu Anda tetap tenang dan bahagia.

Tersenyum & tertawa keras
Tertawa merupakan obat stres paling efektif dan sudah digunakan dan dianjurkan semenjak zaman romawi kuno. Setiap kali Anda menghadapi situasi ketika Anda sangat stres, cobalah tertawa atau jika tidak setidaknya tersenyum karena melepaskan endorfin yang mengurangi tingkat stres dalam tubuh. Menjadi bahagia adalah mantra utama untuk mengalahkan stres.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara