Tips Sukses Memulai Bisnis Kecil

Posted By : Posted on - 8:16:00 AM with No comments

Tips Sukses Memulai Bisnis Kecil - Memulai sebuah bisnis tentunya kita harus sangat jeli untuk melihat faktor-faktor yang mendukung memilih ide bisnis kita. Entah itu bisnis besar ataupun bisnis kecil-kecilan. Semuanya membutuhkan tips & triks untuk mengembangkannya. Bisnis kecil tidak selalu harus berpenghasilan kecil, jika anda bisa menerapkan dan mengembangkan bisnis anda secara baik dan benar tentunya penghasilan dari bisnis tersebut menjadi tidak terbatas. Memulai sebuah bisnis kecil inipun tidak semudah seperti apa yang kita angankan. Perlu banyak cara dan faktor yang menentukan. Berikut adalah Tips bagaimana memulai bisnis kecil anda menjadi sukses.

Tips Sukses Memulai Bisnis Kecil

Memulai Bisnis Sesuai Hobi Anda
Banyak para pengusaha besar sukses karena menekuni apa yang mereka senangi. Kita akan memiliki banyak energi positif untuk mengerjakan bisnis seperti apa yang kita hendaki.Pelajari bagaimana memulai usaha dari awal sampai anda uskse dari bisnis tersebut.

Mulai bisnis Anda ketika Anda masih bekerja.
Kenapa saya menyarankan untuk memulai berbisnis ketika anda masih bekerja lain. Bisnis baru pasti memiliki banyak kendala maupun modal yang tidak sedikit serta tentunya bisnis baru belum bisa menghasilkan banyak uang untuk kehidupan anda sehari hari. Untuk itulah jika anda masih bekerja anda bisa menyisihkan gaji anda untuk modal bisnis yang ingin anda kelola dan anda tetap memiliki sebagian gaji yang bisa anda gunakan sehari-hari. Baru setelah bisnis yang anda mulai benar-benar menghasilkan seperti target yang anda inginkan barulah anda fokus pada bisnis yang anda mulai dan mengembangkan bisnis baru anda.

Jangan melakukannya sendiri.
Anda memerlukan sistem pendukung saat Anda memulai bisnis baru (dan setelahnya). Perlu bimbingan saran dan anda perlu belajar banyak dari para bisnis yang telah sukses di bidang yang sama dengan binis anda. Bahkan lebih baik, cari mentor yang berpengalaman dalam bisnis yang akan anda mulai. Memulai sebuah bisnis dengan bimbingan seorang yang profesional akan membuka kesempatan yang lebih besar untuk membuat bisnis anda sukses.

Dapatkan klien atau pelanggan pertama.
Jangan menunggu sampai Anda resmi memulai bisnis anda dan baru mencari pelanggan. Mulailah mencari calon pelanggan saat ini juga karena bisnis apapun itu tidak dapat bertahan tanpa mereka (pelanggan). Anda bisa mencari konsumen lewat jaringan media sosial, dari relasi, teman ataupun dari relasi anggota keluarga anda. Pasarkan apa yang anda hasilkan baik produk atau jasa.

Buat rencana bisnis.
Anda harus membuat rencana bisnis apa apa yang ingin anda lakukan untuk memulai bisnis, resiko apa yang mungkin dihadapi, persoalan atau kendala yang mungkin akan anda hadapi. Jika anda mampu membuat rencana bisnis dengan benar maka anda akan mempunyai strategi bisnis yang bisa anda jalankan untuk menghadapi segala persoalan yang timbul nantinya. Anda harus memiliki pemikiran "kerja cerdas & kerja keras".

Melakukan penelitian.
Lakukan survey tentang produk maupun jasa yang anda hasilkan, lakukan pendekatan-pendekatan kepada bisnis yang memiliki background sama dengan bisnis anda yang telah sukses. Anada akan mengetahui trik bagaimana mereka berhasil menjalankan usaha mereka dan meminimalkan segala kendala yang mereka hadapi. Jika anda berhasil melakukan penelitian ini anda bisa menerapkan hal yang sama pada bisnis yang ingin anda mulai.

Dapatkan bantuan profesional.
Di sisi lain, hanya karena Anda memulai sebuah bisnis, bukan berarti Anda harus menjadi ahli dalam segala hal. Anda memerlukan bimbingan dari seseorang yang ahli dalam bidangnya. Carilah jasa seseorang yang berkompeten dibidangnya untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul di bisnis yang anda kelola.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara