Tips Memilih Ide Usaha

Posted By : Posted on - 3:48:00 PM with 1 comment

Tips Memilih Ide Usaha
Semua orang memiliki ide maupun gagasan untuk membuat usaha, namun sedikit sekali pengusaha yang lahir dari gagasan mereka dan dapat memvisualisasikan gagasan atau ide yang mereka dapat dalam bidang usaha. Atau mereka memiliki gagasan usaha yang brilian, namun tidak mngetahui bagaimana cara memulai usaha atau mengembangkannya. Berikut Tips bagaimana cara memilih ide usaha yang baik.

Sesuaikan Ide dengan Bakat Anda
Sebagus ide atau gagasan usaha anda namun jika tidak diimbangi dengan bakat yang anda miliki akan tidak baik. Anda memiliki gagasan usaha yang baik namun anda tidak memiliki bakat atau kemampuan dibidang itu sama saja anda memiliki sebuah komputer namun anda sama sekali tidak bisa mengoperasikannya. Pilih ide usaha yang sesuai dengan bakat anda, jika anda memiliki bakat dibidang peternakan maka buatlah ide usaha tentang peternakan, jika anda memiliki bakat di bidang photoshop atau corel maka pilihlah usaha yang bergerak di bidang grafis, atau bakat lain yang anda miliki sebgai contoh, ahli komputer, web, pertanian, dagang dan lain sebagainya.

Sesuaikan Ide dengan pangsa pasar
Hal ini sangat penting, anda tidak mungkin bisa mngembangkan ide usaha anda jika ide anda tidak sesuai dengan peluang pasar sebagai contoh saja usaha anda tidak akan berkembang jika anda mendirikan usaha perusahaan tv hitam putih di zaman sekarang, atau anda ingin membukai gerai AC (Air Conditioner) di tempat yang berhawa dingin seperti dibandung atau Puncak, sudah dipastikan tidak akan ada yang membeli barang dagangan anda.

Sesuaikan Ide dengan Modal
Memang diperbolehkan anda memiliki ide usaha yang besar dan membutuhkan dana besar tapi harus diingat bahwa modal juga sangat mempengaruhi. Jika seandainya anda memiliki modal yang cukup untuk membuka bengkel sepeda maka bukalah dahulu bengkel sepeda namun anda tetap harus memiliki ide membuka bengkel mobil seperti yang anda inginkan. Semua usaha akan berjalan dengan baik jika ada bisa memulai usaha dengan modal kecil namun konsisten memiliki untung dan anda akan mendapatkan level yang lebih besar dari modal awal anda. Dan semua itu harus diawali dari hal hal kecil dan terus mengalami peningkatan itu namanya kesuksesan.

Sesuaikan Ide dengan Peraturan Setempat
Hal ini juga sangat mempengaruhi usaha yang akan anda rintis. Sebagai contoh saja anda akan mendirikan peternakan ayam di permukiman padat penduduk, ataupun anda akan membuat peternakan babi didaerah yang mayoritas muslim, sudah dipastikan usaha anda akan mengalami hambatan dan paling parah lagi usaha anda akan gulung tikar.

Mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan, tetap semangat berusaha dan salam sukses.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara