sponsored ads

Tips Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami

Posted By : Posted on - 2:17:00 PM with No comments

Tips Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami
Tips Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami - Gigi berlubang bisa menyebabkan rasa sakit disertai pembengkakan. Gigi berlubang ini biasanya terjadi karena bakteri pada sisa makanan yang menempel pada gigi atau disekitarnya. Gigi berlubang juga mengakibatkan masalah lain seperti bau mulut dan rasa nyeri yang berlebih. Makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi terbukti menjadi salah satu faktor timbulnya kerusakan gigi ini. Nah berikut adalah tips mencegah gigi berlubang.

Mengkonsumsi makanan & Minuman berkalsium Tinggi
Mengkonsumsi susu dengan kalsium tinggi namun rendah lemak merupakan alternatif yang efektif, kita semua tahu bahwa kalsium memperkuat tulang dan gigi. Minum susu dengan kalsium tinggi saat menjelang tidur dan dipagi hari saat anda akan beraktifitas yang membutuhkan energi tinggi.

Konsumsi Air putih
Minum air putih secara rutin 8 gelas perhari terbukti bisa mencegah gigi berlubang, penjelasannya adalah air liur kita secara signifikan membantu membersihkan sisa sisa makanan dalam mulut kita sedang air liur dihasilkan dari kelenjar dalam mulut kita, saat dehidrasi atau kekurangan cairan maka air liur yang dihasilkan juga sedikit dan mineral yang terkanung dalam air liur praktis juga tidak ada. Untuk itu biasakan minum air putih 8 gelas perhari agar produksi air liur kita tidak kurang dan kandungan mineral dalam air liur akan membantu membersihkan sisa makanan dalam mulut kita.

Hindari Konsumsi Soda Dan banyak Gula
Konsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi terbukti dapat menyebabkan gigi berlubang. Apalagi diwaktu malam dan kita tidak menggosok gigi menjelang tidur. Selain makanan dan minuman berkadar gula tinggi soda juga terbukti dapat merusak gigi. Selain membuat gemuk, kandungan soda juga diketahui mampu merusak gigi. Bagian gigi yang akan rusak ketika terlalu sering mengkonsumsi soda adalah email gigi. Sebaiknya, jangan menyepelekan masalah ini karena gaya hidup yang lebih anda pentingkan. Karena ketika email gigi rusak, maka hal ini akan berimbas pada penipisan lapisan gigi yang membuatnya menjadi lebih rapuh dan rentan berlubang.

Rajin Menggosok Gigi
Salah satu cara untuk menghindarkan keluhan pada gigi adalah dengan tetap menjaga gigi untuk selalu bersih. Rajin menyikat gigi adalah tindakan untuk menjaga gigi tetap bersih. Biasakan menyikat gigi minimal 2 kali sehari termasuk setelah selesai makan dan ditambah dengan malam hari. Menyikat gigi dimalam hari sebelum tidur adalah waktu yang paling tepat untuk membuang bakteri dan sisa makanan yang akan menumpuk dan berkembang ketika anda tidur.

Demikianlah Tips mencegah kerusakan gigi, akan lebih efektif lagi jika anda rutin memeriksakan gigi anda ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali sehingga anda terhindar dari mengobati sakit gigi. Gigi kuat, sehat dan bersih akan emghindarkan kita dari gigi berlubang dan kerusakan lain pada gigi.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara