sponsored ads

Cara Alami Merawat Kuku Rapuh & Mudah Patah

Posted By : Posted on - 8:24:00 AM with 2 comments

Kuku kuat dan tidak mudah patah - Sangat menyenangan ketika kuku tangan kuat dan tidak mudah patah karena kuku juga meningkatkan penampilan jari yang menawan. Namun sayangnya karena kebiasaan kebiasaan tertentu membuat kuku rapuh dan mudah patah. Kebanyakan wanita berusaha untuk memiliki kuku yang indah dan kuat. Kuku yang lemah dan rapuh dapat dengan mudah menjadi retak atau terkelupas adalah masalah umum yang terjadi baik pada pria maupun wanita.

Ada tiga faktor utama yang paling umum yang menyebabkan kuku rapuh dan mudah patah yaitu penuaan, penggunaan jangka panjang bahan kimia perawatan pada kuku seperti cat kuku dan kebiasaan merendam kuku di air atau sering terkena air saat mencuci, mandi dsb. Kuku rapuh juga dapat dikaitkan dengan beberapa penyakit, seperti hipertiroidisme, hipotiroidisme, kondisi paru-paru, psoriasis, lichen planus, alopecia areata, eksim, anemia, infeksi jamur, dan gangguan endokrin.

Cara Alami Merawat Kuku Rapuh & Mudah Patah

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan kuku rapuh, mudah patah dan rusak adalah penggunaan bahan kimia, sering menggunakan remover cat kuku, dehidrasi, lingkungan yang terlalu kering, kekurangan gizi atau nutrisi dan banyak penyebab lainnya. Nah kali ini saya akan sedikit share tentang bagaimana cara menguatkan kuku menggunakan bahan alami yang dapat menutrisi kuku dan mencegah kuku mudah patah seperti dikutip dari Home Remedies:

Minyak Kelapa membantu menutrisi kuku
Lemak jenuh dalam minyak kelapa bekerja sebagai pelembab alami untuk kuku dan membantu kuku lebih lentur dan kuat. Kandungan antibakteri dalam minyak alamikelapa juga membantu mencegah berbagai jenis infeksi kuku. Selain minyak kelapa murni anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk perawatan ini.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
  • Hangatkan 3 sendok makan minyak kelapa atau secukupnya dalam wajan (cukup hangat jangan sampai mendidih) dan menerapkannya pada setiap kuku. Pijat lembut dan menyeluruh selama lima menit. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kuku tetap lembap. Lakukan hal ini setiap menjelang tidur dan anda bisa melihat perbedaannya dalam 1 bulan.
  • Pilihan lainnya adalah dengan mencampur secangkir seperempat minyak kelapa hangat dan sedikit air jeruk dalam mangkuk. Rendam kuku Anda dalam larutan ini selama 10 menit sebelum tidur. Pakailah sarung tangan semalam untuk hasil terbaik.

Cuka sari Apel (ACV)
Cuka sari apel atau Apple cedar vinegar adalah obat lain yang baik untuk kuku rapuh dan mudah patah. Cuka sari apel diperkaya dengan kandungan nutrisi yang sehat untuk kuku Anda, seperti vitamin, kalium, magnesium, kalsium, dan zat besi. Plus, cuka sari apel memiliki asam malat dan asam asetat yang dapat membantu memerangi infeksi pada kuku. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu campur cuka sari apel dengan air perbandingan 1:1 dan rendam kuku anda dalam mangkuk yang telah berisi campuran tersebut selama beberapa menit. Segera setelah selesai merendam, angkat kuku anda dan dengan lembut menekan kutikula. Lakukan ini sekali sehari dan dalam beberapa hari kuku Anda akan menjadi lebih kuat.

Vitamin E membantu menguatkan kuku
Seringkali penyebab utama di balik kuku rapuh dan mudah patah adalah kurangnya kelembaban alami pada kuku. Minyak vitamin E adalah obat terbaik untuk menjaga kuku Anda pelembap alami dan menjaganya tetap terhidrasi. Ini juga akan membantu memperkuat dan menyehatkan kuku Anda dan kutikula.

Minyak pohon teh mencegah kuku mudah patah
Minyak pohon teh juga dapat membantu mengobati kuku yang rapuh, terutama ketika yang disebabkan oleh infeksi jamur. Menjadi antiseptik yang kuat, membantu melawan infeksi. Ini juga akan membantu mengobati kuku berubah warna.

  • Campurkan setengah sendok teh minyak vitamin E dan beberapa tetes minyak pohon teh.
  • Gosokkan solusi ini pada setiap kuku dan pijat dengan lembut selama beberapa menit.
  • Biarkan selama 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat, keringkan dan oleskan pelembab lotion.
  • Lakukan ini dua kali sehari selama satu bulan.

Lemon
Untuk memperkuat dan memperbaiki kondisi kuku yang rapuh, jus lemon adalah pilihan yang baik. Plus, itu akan membantu mencerahkan kuku Anda dan membuat mereka terlihat lebih putih dari sebelumnya.

  • Campurkan satu sendok makan jus lemon segar dan tiga sendok makan minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Panaskan itu dalam microwave selama beberapa detik, sampai campuran terasa hangat saat disentuh. Menerapkannya ke kuku menggunakan kapas bersih sebelum tidur. Pakailah sarung tangan dan biarkan semalam.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur bagian bersama-sama sama jus lemon segar dan minyak argan dan rendam kuku Anda dalam larutan selama 20 menit.

2 comments:

  1. Tetap semangat kawan menulis artikel-artikel yang bermutu, saya akan selalu berkunjung ke site ini, tapi jangan lupa kunjungan baliknya.

    ReplyDelete
  2. Saya sangat suka artikelnya sangat mudah dipahami. Jangan lupa kunjungan baliknya ke website kami..

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara