sponsored ads

9 Cara Menyingkirkan Pikiran Negatif Di Otak Kita

Posted By : Posted on - 6:18:00 AM with No comments

Hal hal negatif yang kita pikirkan tentu berpengaruh terhadap tindakan yang kita lakukan. Pemikiran negatif tentu akan menguras tenaga dan pikiran yang sebenarnya tidak perlu kita lakukan, pemikiran negatif akan membuat kita merasa cemas, was was, khawatir, ketakutan berlebihan bahkan terhadap sesuatu yang belum terjadi. Pemikiran negatif adalah pemikiran yang mengganggu, gambaran-gambaran atau ide-ide yang jelek namun menghantui, bersifat menyusahkan, dan sulit diatur sehingga kita tidak merasa bebas dan menghambat pemikiran kita untuk berpikir lebih realistis, rasional, berpikir positif dan terbuka.

Pemikiran yang mengganggu tersebut umumnya berupa suara hati dan gambaran-gambaran yang bersifat curiga, menuduh, menghujat, menghakimi, ketakutan, kecemasan dan memvonis. Menurut beberapa pakar medis megungkapkan bahwa pemikiran negatif akut dan dapat dihubungkan dengan obsessive-compulsive disorder/OCD (gangguan berupa pemikiran irrasional dan penuh kecurigaan) atau rasa sedih sehingga kadang kadang disertai dengan tekanan pikiran, menyalahkan diri sendiri, orang lain tidak secara rasional, mengomel ngomel sendiri dan depresi.

Membuang Hal Negatif Di Pikiran

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan pikiran negatif dalam otak kita, dan kita akan membahas sedikit tentang bagaimana cara menyingkirkan hal hal negatif tersebut dalam pikiran kita. Dan berikut adalah cara menyingkirkan pikiran negatif dalam diri kita:

Membuang Hal Negatif Di Pikiran

Jangan terlalu banyak melamunkan sesuatu
Melamun adalah hal yang wajar dilakukan seseorang, namun jika kita terlalu sering melamunkan sesuatu maka hal hal negatif bisa timbul dalam pikiran kita. Terutama jika kita sedang memiliki masalah dalam hidup, jangan membiasakan diri untuk melamun sendirian.  hal ini memang terlihat sepele, namun bagaimanapun juga ini adalah sebuah kebiasaan sehingga apabila kita menerima masalah yang kecil saja, pasti akan cenderung melamun dan berfikir yang buruk melebihi masalah yang dihadapi, karena semua sudah menjadi kebiasaan.

Berpikir lebih terbuka
Suka memendam sesuatu hal juga sering menimbulkan pikiran negatif dalam diri kita. Membicarakan suatu masalah dengan pasangan atau orang terdekat seperti dengan keluarga merupakan solusi yang baik utuk menyingkirkan pikiran negatif.

Buang kecemasan, ketakutan atau kekhawatiran terhadap suatu hal
Rasa cemas, takut, was was dan khawatir merupakan hal utama yang sering membuat seseorang berpikir negatif akan suatu hal. Selalu berpikir positif bahwa semua hal yang anda takutkan, khawatirkan belum tentu terjadi pada diri anda.

Bersosial
Sesorang yang pemurung, pelamun dan sering memendam perasaan mereka seringkali disebabkan karena mereka kurang bergaul atau kurang bersosialisasi dengan orang orang disekitar mereka. Melakukan banyak hal yang positif dan bersosialisasi dengan banyak orang atau orang orang disekitar anda akan membantu anda berpikir lebih terbuka. Dengan bersosial dan melakukan banyak kegiatan positif dalam hidup juga memperkecil peluang atau tidak ada waktu untuk melamunkan hal hal negatif.

Hilangkan penyakit hati dalam diri anda
Penyakit penyakit hati seperti iri, dengki, berburuk sangka kepada orang lain, tidak suka melihat kebahagiaan orang lain lain juga seringkali menyebabkan kita kita bisa berpikir positif. Apabila anda seorang muslim, pasti kita semua tahu Suudzon yang diartikan sebagai berburuk sangka terhadap sesuatu yang belum pasti akan kebenarannya, baik itu kepada diri sendiri, kepada orang lain, maupun kepada Allah SWT. Ingatlah hal ini adalah salah satu yang diharamkan sehingga mari kita   renungkan dan rasakan, agar kita juga terhindar dari dosa, selain itu jika kita selalu berfikir positif atau sebisa mungkin menghindari pikiran negatif hasilnya kita sendiri yang akan menikmati.

Percaya diri dan hargai diri anda sendiri
Seringkali pikiran negatif timbul ketika kita pernah gagal sehingga menyebabkan putus asa, rendah diri dan rasa pesimis. Setiap orang pasti diciptakan memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga jangan pernah menganggap diri anda rendah dari orang lain. Hargailah diri kita sendiri dan percaya diri, jangan remehkan diri kita sendiri, mari kita besarkan hati kita selama tidak menimbulkan sikap sombong dan angkuh. Degan percaya pada diri dan menghargai diri anda merupakan cara efektif untuk menyingkirkan pikiran negatif dalam diri.

Mensyukuri hidup
Pikiran negatif juga bisa timbul akibat kita kurang bersyukur. Kita selalu merasa kurang, tidak menyukai jika orang lain lebih sukses dan menganngap apa yang kita dapatkan selalu kurang. Syukuri hidup kita dan jadilah diri kita sendiri, syukuri apa yang kita miliki sekarang, sadarilah pasti masih banyak orang lain yang lebih kurang beruntung dari kita. Lihatlah sesuatu dari hal yang positif, lihatlah kebawah bahwa kita lebih beruntung dari mereka dan lihatlah keatas untuk selalu memotivasi diri anda bukan untuk iri dengan mereka yang lebih sukses dari kita.

Selalu berpikir positif
Ya untuk melawan pikiran negatif maka biasakan untuk berpikir positif. Mulailah dari hal terkecil untuk membiasakan diri anda berpikir positif, dan jika pikiran kita selalu terbiasa berpikiran positif maka hal itu akan menjadi kebiasaan yang baik.

Dekatkan diri kepada Tuhan
Selalu menyadari bahwa kita adalah manusia biasa yang selalu banyak memiliki kesalahan, kekeliruan dan kekhilafan. Menyadari hal ini maka dekatkan diri kita kepada Tuhan, berdoa dan meminta petunjuk-Nya agar kita terbebas dari pikiran pikiran negatif yang merugikan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara