sponsored ads

Cara Mengatasi Sifat Pemalu (Tidak Percaya Diri)

Posted By : Posted on - 4:24:00 PM with No comments

Seperti diterbitkan dalam Wikipedia bahasa Indonesia Malu adalah salah satu bentuk emosi manusia. Malu memiliki arti beragam, yaitu sebuah emosi, pengertian, pernyataan, atau kondisi yang dialami manusia akibat sebuah tindakan yang dilakukannya sebelumnya, dan kemudian ingin ditutupinya. Penyandang rasa malu secara alami ingin menyembunyikan diri dari orang lain karena perasaan tidak nyaman jika perbuatannya diketahui oleh orang lain ataupun perasaan tidak nyaman ketika orang lain melihat atau mengetahui segala hal yang sebenarnya tidak ingin diketahui orang lain.

Setiap orang pasti memiliki sifat pemalu hanya levelnya saja yang berbeda, ada yang sangat pemalu dan ada juga yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Menjadi pemalu sebenarnya diperlukan dalam sisi kehidupan kita seperti malu melakukan hal hal negatif yang merugikan diri sendiri atau orang lain, malu melakukan tindakan yang diluar norma hukum, kesusilaan ataupun aturan yang berlaku.

Cara Mengatasi Sifat Pemalu (Tidak Percaya Diri)

Malu yang demikian sangat baik untuk menjaga sikap kita berada dalam jalur positif, karena di zaman yang modern ini kebanyakan orang sudah tidak memiliki rasa malu lagi. Sebagai contoh saja para koruptor yang merasa tidak bersalah dan tetap terlihat tampil percaya diri bahkan ketika pengadilan telah membuktikan kesalahan yang diperbuatnya. Malu tidaklah menjadi sisi yang negatif, selama anda bisa menempatkannya ditempat yang tepat.

Nah malu yang bagaimana yang harus anda atasi dalam diri anda. Malu dalam artian tidak percaya dengan diri anda. Malu yang seperti ini akan menghambat anda untuk mengeluarkan ekspresi, bakat maupun kemampuan dalam diri anda. Ada beberapa hal yang menyebabkan rasa malu (tidak percaya diri) ini muncul diantaranya adalah:

  • Ingin tampil selalu terlihat sempurna.
  • Merasa tidak bisa, tidak mampu atau merasa tidak memiliki bakat.
  • Kurang bersosialisasi (tertutup)
  • Takut, cemas / khawatir berlebihan
  • dan banyak faktor lain yang mempengaruhi

Sifat pemalu dimiliki banyak orang. Namun sifat ini bisa mencegah kita dari mendapatkan berbagai pengalaman hidup yang positif serta membatasi diri kita untuk melakukan hal hal baik yang sebenarnya bisa kita lakukan demi kesuksesan hidup. Berikut cara mengatasi rasa malu dan menumbuhkan sikap percaya diri.

Berhenti memikirkan kesempurnaan
Setiap orang terlahir tidak sempurna, mereka memiliki kekurangan maupun kelebihan termasuk diri anda. Jadi jangan pernah memikirkan takut salah, takut gagal, takut tidak bisa dsb hal ini hanya akan membatasi potensi dalam diri anda. Jangan jadi perfeksionis. Tidak semua yang kamu katakan dan lakukan harus sempurna. Terimalah dirimu apa adanya. Fokuslah keluar ketimbang kedalam dirimu sendiri. Alihkan dirimu dari kegelisahan dan rasa malu dengan memfokuskan pada semua hal di sekitarmu - orang, lingkungan, makanan, dan semua yang berhubungan dengan situasi sosial.

Buang rasa cemas, ketakutan, kekhawatiran yang berlebihan
Orang yang pemalu (tidak percaya diri) biasanya menakutkan hal hal yang belum tentu terjadi sehingga mereka akan membatasi potensi diri mereka dengan kata "jangan-jangan nanti..", "kalau saya salah", "jika aku tidak bisa" dll. Berhenti menakutkan apa yang belum terjadi dan lakukan... Jikapun nanti terjadi hal diluar dugaan atau keinginan anggap itu sebagai pembelajaran untuk berbuat lebih baik lagi kedepannya.

Bersosialisasi
Seorang yang pemalu (tidak percaya diri) umumnya lebih suka menyendiri, tertutup dan tidak memiliki banyak teman. Dengan bersosialisasi atau bergaul dengan banyak teman akan menumbuhkan kepercayaan diri anda. Bergaulah dengan mereka yang penuh percaya diri, berbuat baik kepada semua orang dan dengan semakin banyak hubungan bermasyarakat yang baik anda akan lebih percaya diri dalam hidup anda.

Selalu berpenampilan dan bersikap baik
Apakah karena kamu takut orang menilai penampilanmu, ciri-ciri fisikmu, dan sebagainya. Selalu ada alasan mengapa kamu bereaksi dalam berbagai situasi. Untuk itulah kenapa anda harus selalu berpenampilan dan bersikap baik dengan semua orang. Jika anda merasakan kenyamanan dengan penampilan anda dengan semua orang disekitar anda apa lagi yang membuat anda tidak percaya diri?

Tersenyum
Tersenyum tidak hanya membuat anda merasa lebih baik dan pecaya diri, namun dengan tersenyum juga akan membuat orang lain merasa nyaman dengan sikap anda. Berlatih melakukan kontak mata dan tersenyum pada orang lain. Mengobrollah dengan orang asing tentang cuaca maupun berita terkini.

Berlatih untuk lebih tegas
Belajarlah menjadi tegas. Bicaralah untuk kepentinganmu, sampaikan pendapatmu dalam cara yang tidak mengkonfrontasi. Orang yang pemalu atau tidak percaya diri biasanya hanya akan "ngikut" dengan pendapat orang lain karena takut pendapatnya tidak diterima orang lain.

Jangan takut akan penolakan
Berhentilah membayangkan hasil terburuk dari setiap situasi.

Berpikir lebih positif
Pikiran positif memang mempengaruhi banyak hal dalam hidup anda. Jika anda selalu berpikir positif maka hal itu juga berdampak langsung terhadap sikap anda yang juga positif. Bangunlah rasa positif tentang dirimu sendiri, jangan mudah frustasi dan bersenang-senanglah. Orang akan menyukaimu apa adanya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara