sponsored ads

Cara Membuat Resign / Surat Pengunduran Diri

Posted By : Posted on - 12:10:00 AM with 2 comments

Saat anda memiliki keputusan untuk berhenti dari pekerjaan anda disebuah perusahaan, tentunya anda mengajukan surat pengunduran diri atau resign kepada pihak perusahaan. Surat pengajuan pengunduran diri memiliki fungsi bagi anda untuk memberitahu pihak perusahaan bahwa anda menginginkan berhenti dari pekerjaan karena suatu hal dan bagi perusahaan akan memberi notice dan kesempatan bagi mereka untuk mencari dan mendapatkan karyawan baru sesuai posisi pekerjaan yang akan anda tinggalkan.

Bukan hanya itu saja surat pengunduran diri merupakan wujud keprofesionalan anda, jika anda ingin memasuki perusahaan tentunya anda perlu mendapatkan ijin masuk berupa surat lamaran pekerjaan, begitu juga saat anda ingin meninggalkan posisi perusahaan tersebut anda juga perlu untuk "berpamitan" dengan surat pengunduran diri.

cara membuat surat pengunduran diri

Adapun tujuan lain dari pengajuan surat tersebut adalah untuk memperlihatkan kesopanan kita pada perusahaan dimana tempat Anda bekerja dan untuk menjaga hubungan baik kita dengan perusahaan, meskipun kita sudah berhenti bekerja. Membina hubungan yang baik secara individu maupun instansi mutlak diperlukan. Ada beberapa alasan sehingga seseorang ingin mengundurkan diri dari tempat kerjanya. Mulai dari kejenuhan atau bosan, ketidak cocokan dengan perusahaan maupun atasan dan karyawan lain, mendapat tawaran pekerjaan lain yang lebih menarik dan sebagainya.

Ada beberapa syarat yang sebaiknya anda lakukan sebelum menyususn surat pengunduran diri atau reesign tersebut, berikut beberapa syarat dan aturan yang baik dalam menyusun surat pengunduran diri:
  1. Isi surat harus singkat, jelas dan tidak berpanjang lebar (sesuaikan dan fokus kepada tujuan dan isi resign tersebut).
  2. Berikan alasan yang tepat pengunduran diri anda dari perusahaan tersebut
  3. Terdapat ucapan terimakasih kepada perusahaan, pimpinan dan karyawan lain yang akan anda tinggalkan. Karena bagaimanapun juga anda pernah bekerja bersama diperusahaan yang akan anda tinggalkan.
  4. Sampaikan permohonan maaf anda ke perusahaan, atasan dan karyawan lainnya. Selama anda bekerja tentunya anda pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak.

Format / Susunan surat pengunduran diri atau resign

Format atau susunan surat pengunduran dapat menyesuaikan sesuai kondisi yang diperlukan, nah berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri atau resign yang paling umum digunakan.

Contoh surat pengunduran diri 1

Nama Kota, Tanggal Bulan Tahun

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. Nama Perusahaan Anda

Alamat Perusahaan Anda


Dengan hormat,


Melalui surat ini, saya (nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan tempat Anda bekerja) sebagai (jabatan terakhir Anda di perusahaan), terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri Anda).


Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang didapatkan pada saya untuk bekerja di (nama perusahaan tempat Anda bekerja ). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan Anda bekerja) jika ada kekeliruan ataupun kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.


Saya berharapkan selalu (nama perusahaan tempat Anda bekerja) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.





Hormat saya,



Nama Lengkap Anda


Contoh surat pengunduran diri 2

Nama tempat, Tanggal/ Bulan /Tahun

Kepada Yth,

HRD Manager

Nama perusahaan anda

Alamat perusahaan anda

Nama kota/ provinsi perusahaan


Dengan Hormat,


Melalui surat ini, saya (Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama perusahaan anda) sebagai (jabatan terakhir), terhitung sejak tanggal (tanggal/bulan/tahun). Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (nama perusahaan). Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman di perusahaan lain.


Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan anda) apabila selama bekerja mempunyai kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak.


Saya berharap selalu (nama perusahaan anda) semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.




Hormat Saya,


(nama Anda)

Contoh Surat Pengunduran Diri 3

Nama, Tanggal/ Bulan /Tahun

Kepada Yth,

Kepala Personalia (Nama perusahaan anda)

Di Tempat


Dengan Hormat,


Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Sukamaju berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini:


Nama               : Nama anda

Departemen      : Nama bagian perusahaan anda

Jabatan             : Jabatan terakhir

No. Karyawan  :  No ID karyawan


Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari (nama perusahaan) dengan alasan kondisi kesahatan yang mulai menurun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan. Atas bantuan dan dukungan perusahaan terhadap saya selam ini, saya ucapkan banyak terima kasih.




Hormat Saya,


Nama Anda

2 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara