sponsored ads

Cara Membuat Lotion & Semprot Alami Pengusir Nyamuk

Posted By : Posted on - 3:27:00 AM with 2 comments

Pasti sangat menjengkelkan ketika ruangan rumah anda banyak nyamuk, sehingga mengganggu aktifitas didalam rumah seperti menonton tv, berkumpul dengan keluarga atau tidur menjadi terganggu. Selain karena gigitannya yang membuat gatal, seperti diketahui beberapa jenis nyamuk tertentu merupakan hewan carier atau hewan pembawa penyakit. Sebut saja nyamuk anopeles betina yang menyebabkan penyakit malaria, aides adepti dengan penyakit demam berdarah dan jenis nyamuk lain yang menyebabkan penyakit chikunguya atau penyakit kaki gajah.

Dengan menjaga ruangan rumah dan lingkungan akan membantu memutus siklus hidup perkembangan nyamuk, beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memutus siklus hidup nyamuk adalah dengan tidak memberi kesempatan nyamuk bertelur dengan mengubur beberapa bahan bekas dirumah yang bisa menampung air seperti kaleng kaleng bekas. Anda juga bisa menaburkan bubuk untuk membunuh jentik dibak kamar mandi atau penampung air lainnya.

Cara Membuat Lotion & Semprot Alami Pengusir Nyamuk

Kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara alami membuat lotion dan semprot alami pengusir nyamuk sehingga ruangan rumah anda terbebas dari serangga penghisap darah ini. Kenapa harus menggunakan bahan alami? Penyemprot nyamuk paling umum beredar dipasaran mengandung bahan kimia seperti DEET, yang hadir dalam banyak penolak serangga komersial. N-Diethyl-m-toluamide, atau DEET, seperti yang umum dikenal untuk mengusir, bukan membunuh, serangga. DEET bahan kimia yang terdapat penyemprot nyamuk merupakan iritan mata, dapat menyebabkan ruam, nyeri, atau rasa terbakar bila diterapkan ke kulit.

Bahan kimia tersebut tentu meninggalkan residu yang menempel barang barang dirumah anda dan tentu saja hal ini berdampak buruk untuk jangka panjang karena suatu saat residu kimia ini bisa terhirup oleh anak anda atau bahkan anggota keluarga lain dirumah anda. Untuk itulah perlu kesadaran untuk kembali menggunakan bahan alami yang aman untuk keluarga anda termasuk pengusir nyamuk ini, selain mampu mengusir nyamuk ramuan ini juga mampu memberi aroma segar pada ruangan atau pada kulit jika anda menerapkannya. Berikut cara membuat semprot pengusir nyamuk alami:

Bahan:
  • Pilih salah satu minyak esensial ini (sesuaikan dengan aroma yang anda sukai) seperti minyak serai, minyak cengkeh, minyak pohon teh, minyak kayu manis, minyak lavender, minyak kemangi atau minyak daun mint.
  • Air
  • Gliserin (opsional)

Cara pembuatan spray pengusir nyamuk
  • Isi botol semprot menggunakan air suling atau air yang sudah direbus
  • Tambahkan 1/2 sdt gliserin jika menggunakan
  • Tambahkan 30-50 tetes minyak esensial untuk aroma yang diinginkan. Semakin banyak minyak yang Anda gunakan, semakin kuat aroma yang keluar dan semakin kuat dalam mengusir nyamuk. Selain digunakan untuk penyemprot ruangan ramuan tersebut juga bisa digunakan sebagai lotion untuk mencegah gigitan nyamuk. Pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu pada kulit karena beberapa jenis kulit sensitif terhadap ramuan alami ini.

Cara membuat Semprot pengusir nyamuk Dari Herbal kering atau segar

Bahan:
  • Air sulingan
  • Alkohol
  • Herbal kering bisa menggunakan daun, bunga atau bagian lain tumbuhan ini: peppermint, spearmint, serai, catnip, lavender, kemangi dll saya sarankan menggunakan setidaknya satu ramuan dari keluarga mint.

Cara pembuatan
  • Rebus 1 cangkir air dan tambahkan 3-4 sdm bubuk kering bahan herbal tadi, total dalam kombinasi dari atas.   
  • Aduk rata, tutup dan biarkan dingin (Penutupan saat memasak herbal ini penting untuk menjaga minyak atsiri didalam ramuan herbal tersebut tidak ikut menguap)
  • Saring ramuan dan campuran air dengan 1 cangkir witch hazel atau alkohol. Simpan di botol semprot di tempat yang dingin  
  • Gunakan saat anda memerlukannya. Baunya yang harum dan menyenangkan bisa membuat relaksasi diruangan anda serta mampu mengusir nyamuk, bahkan sangat menyegarkan untuk kulit!

2 comments:

  1. Terimakasih , sangat bermanfaat

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas infonya min
    sangat bermanfaat dan membantu sekali

    https://makharyacargosurabaya.com/ekspedisi-murah-dari-surabaya-ke-palangkaraya/

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara