sponsored ads

5 Cara Relaksasi Sederhana Untuk Mengatasi Stres

Posted By : Posted on - 4:41:00 AM with No comments

Stres merupakan bagian dari kehidupan kita sehari hari yang tidak dapat dipisahkan. Rutinitas sehari hari, persoalan atau permasalahan dalam hidup, tekanan pikiran dan masalah umum dalam kehidupan sehari hari bisa menyebabkan sesorang stres. Sangat penting untuk mengelola tingkat stres anda dalam level seminimal mungkin untuk menghindari beberapa masalah gangguan kesehatan mental maupun tubuh anda secara umum. 

Trauma, depresi, gangguan kejiwaan merupakan beberapa masalah akut yang disebabkan dari stres yang dibiarkan tanpa ada perawatan lebih lanjut. Selain itu stres juga berdampak terhadap kesehatan tubuh anda secara umum, saat seseorang mengalami stres sistem kekebalan tubuh akan menurun dengan demikian tubuh menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Ada beberapa cara untuk mengatasi stres dengan cara sederhana yaitu dengan relaksasi. Relaksasi merupakan cara untuk membuat pikiran, otot maupun tubuh anda menjadi lebih rileks, nyaman dan dengan demikian anda bisa berpikir dengan jernih dan mencegah stres. Berikut adalah beberapa cara relaksasi yang terbukti mampu mencegah dan mengatasi stres atau tekanan pikiran.

Relaksasi Sederhana Untuk Mengatasi Stres

Relaksasi Sederhana Untuk Mengatasi Stres

1. Cara relaksasi dengan berendam dalam air hangat

Berendam dalam air hangat meruakan cara relaksasi sederhana yang terbukti efektif mampu membuat tubuh anda merasa lebih nyaman dan rileks. Berendam dalam air hangat akan membuat otot tegang menjadi lebih nyaman, peredaran darah menjadi lancar. 

Dengan berendam air hangat maka tubuh anda akan kembali segar, memudahkan anda untuk tidur lebih nyenyak dan membuat pikiran tegang anda menjadi lebih rileks. Anda bisa menambahkan aroma terapi dengan mencampurkan wewangian herbal kedalam bak mandi air hangat anda.

2. Cara relaksasi dengan Aroma terapi

Aroma terapi juga merupakan cara sederhana untuk relaksasi pikiran untuk mengatasi stres. Aroma terapi bisa anda lakukan dengan membeli lilin beraroma herbal yang banyak tersedia di toko kesehatan. 

Dengan menghirup wewangian yang dihasilkan dari lilin aromaterapi ini pikiran anda akan lebih rileks dan stres anda dapat sedikit lebih terkurangi. Anda bisa memilih wewangian sesuai dengan keinginan anda bisa wewangian buah yang menyegarkan atau wewangian bunga.

3. Cara relaksasi pikiran dengan pemijatan

Pijat refleksi terbukti efektif untuk merelaksasi tubuh maupun pikiran anda. Pemijatan yang tepat akan mengendukan otot tubuh anda yang tegang dengan demikian akan membuat tubuh anda ebih rileks dan nyaman. Cobalah untuk lakukan pemijatan ketika anda tidak bersemangat, kecapekan ataupun ketika anda stres. Dengan pemijatan yang tepat anda akan kembali fresh, pikiran anda lebih jernih dan anda akan kembali bersemangat.

4. Cara relaksasi pikiran dengan teknik yoga, meditasi atau olah pernafasan

Beberapa pakar kesehatan akan menyarankan untuk anda berlatih yoga, meditasi atau olah pernapasan. Karena teknik-teknik relaksasi diatas terbukti ampuh membuat pikiran anda lebih rileks, tenang, nyaman dan dapat berpikir jernih.

5. Cara relaksasi pikiran dengan cukup beristirahat

Dengan mencukupi tubuh anda dengan istirahat yang tepat merupakan cara relaksasi paling sederhana untuk menghindarkan anda dari pikiran stres. Saat anda kekurangan waktu untuk tidur maupun beristirahat tubuh anda akan lemah, lemas, tidak fokus, tidak bersemangat, mudah tersinggung, malas dan mudah stres.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara