sponsored ads

Penyebab Gagal Menemukan Kesuksesan & Tips Mengatasinya

Posted By : Posted on - 2:39:00 PM with No comments

Tips menemukan kesuksesan dalam kehidupan - Sukses merupakan pencapaian tujuan atau segala sesuatu yang diinginkan atau diimpikan. Sukses juga bisa berarti mendapatkan semua yang Anda impikan. Kesuksesan menurut segi pandang orang akan selalu berbeda, ada yang mengukur kesuksesan dengan banyaknya materi yang bisa dikumpulkan, berapa besar gaji yang mereka terima dan ada juga mendapatkan pekerjaan yang sesuai minat bisa disebut kesuksesan. Namun kita semua akan menyepakati bahwa kesuksesan adalah kemampuan, keberhasilan mendapatkan atau mencapai tujuan tertentu yang kita targetkan atau kita impikan.

Bagaimana menemukan kesuksesan dalam hidup
Kesuksesan adalah milik semua orang yang mau memperjuangkannya, semua berhak sukses (sesuai dengan apa yang mereka targetkan atau impikan). Semua orang juga memiliki potensi yang sama untuk sukses, hal yang perlu Anda lakukan untuk berhasil adalah dengan melakukan apa yang orang sukses lakukan sebelum anda. Belajarlah dari mereka yang sukses, belajar dari kegagalan anda, pantang menyerah, berusaha dan bekerja keras merupakan beberapa langkah sukses yang bisa membantu anda.

Penyebab Gagal Menemukan Kesuksesan & Tips Mengatasinya

Apa yang Membuat kita Gagal?
Jika Anda benar-benar ingin sukses maka Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep tertentu yang dapat membantu dan menggali potensi Anda dan yang dapat membuat Anda berhasil. Kebanyakan orang yang gagal seringkali dibatasi konsep yang salah dan akhirnya mereka gagal, berikut beberapa hal yang membuat kebanyakan orang gagal atau tidak sukses dalam hidupnya.
  1. Keyakinan yang salah
  2. Sering menyalahkan
  3. Kurang Gigih/ kurang bekerja keras
  4. Kurang fleksibel
  5. Kurangnya perencanaan
  6. Kurangnya kepercayaan diri
  7. Merasa Kurang sumber daya
  8. Ketakutan yang berlebihan

Nah selanjutnya kita akan membahas satu persatu masalah yang membuat anda gagal seperti diatas dan mengubahnya menjadi hal yang positif yang bisa membantu anda menemukan motivasi dan membangkitkan potensi anda untuk sukses, sekali lagi karena semua orang memiliki potensi yang sama untuk sukses dan berhak untuk mendapatkannya:

Keyakinan yang salah
Keyakinan yang salah merupakan faktor utama kenapa kita gagal dalam hidup. Keyakinan yang baik dan benar akan membangun motivasi kita menjadi lebih kuat dan menjadikan niat kita untuk menjai sukses menjadi semakin tumbuh. Seringkali kita memiliki kesalahan dalam keyakinan padahal anda belum pernah berusaha atau melakukannya. Sebagai contoh saja, anda ingin mendapatkan pekerjaan namun anda memiliki keyakinan yang salah sebelum anda mencoba melamar pekerjaan seperti "Ah saya kan lulusan SMA sedangkan yang Sarjana saja banyak yang menganggur apalagi saya" atau bisa saja anda ingin mendekati wanita namun anda merasa minder seperti "Ah dia kan wanita kaya, pintar dan cantik, mana mau sama saya yang pas pasan begini". Nah jelas bukan bahwa keyakinan yang salah jelas akan memberhentikan niat anda sebelum anda mencoba berusaha.

Jelas keyakinan yang salah akan membuat anda tidak hanya gagal dalam hidup anda tetapi juga akan menghancurkan hidup anda. Selalu berfikir positif untuk membuat keyakinan kuat sehingga akan semakin kuat juga niat anda. Seperti saya jelaskan di poin teratas bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama dan memiliki hak yang sama untuk sukses yang membedakannya hanya semangatnya saja. Jika anda memiliki keyakinan yang salah karena kekurangan anda, karena merasa sulit atau merasa tidak bisa jelas itu akan membuat anda gagal bahkan sebelum anda mencobanya.

Sebagai motivasi saja Richard branson seorang yang kaya raya pemilik kaisar bisnis yaitu Virgin Group bahkan tidak lulus dari bangku SMA bisa sukses, Jan Koum seorang triliuner pendiri whatsApp yang diakuisi Facebook seseorang yang miskin anak seorang janda Ukraina yang pindah ke USA untuk mengubah nasib, belajar komputer dan aplikasinya hanya dari komputer butut, ditolak oleh beberapa perusahaan besar seperti Facebook dan pada akhirnya Facebook sendiri yang mengakuisisi WhatsApp dari Jan Koum dan membelinya dengan harga fantastis. Kenapa mereka sukses, karena mereka memiliki keyakinan yang kuat bahwa segala kekurangan tidak bisa menghentikan mereka dari kesuksesan. Baca juga mengubah kebiasaan buruk untuk sukses.

Sering menyalahkan faktor luar penyebab kegagalan anda
Eksternal Locus of Control ini adalah cara berpikir yang membuat seseorang menganggap bahwa segala sesuatu yang terjadi padanya adalah hasil dari faktor eksternal. Sebagai contoh anda mengklaim bahwa tingkat pengangguran yang tinggi, lulusan pendidikan anda yang rendah atau sulitnya lowongan pekerjaan adalah alasan Anda tidak dapat menemukan pekerjaan atau bisa contoh lain penyebab anda berkinerja buruk di kantor karena atasan anda yang galak dan sering memarahi anda adalah contoh dari locus of control eksternal. Sehingga anda akan menyalahkan segala sesuatu baik kondisi, kekurangan, bisa juga orang lain yang bertanggung jawab atas kegagalan anda. Orang yang sukses tidak akan menyalahkan siapa saja jika mereka gagal, mereka tidak akan menyalahkan justru mereka mencari solusi yang tepat agar mereka bisa menemukan dan memperbaiki kegagalan itu.

Sebagai kebalikan dari eksternal locus of control maka anda bisa berpikir sebaliknya yaitu internal Locus of Control yang merupakan cara berpikir yang membuat Anda percaya bahwa Anda lah yang bertanggung jawab dan mengendalikan segala sesuatu yang terjadi pada Anda. Jadi anda akan selalu bisa berpikir dan tidak menyalahkan segala sesuatu atas kegagalan atau ketidaksuksesan anda. Berpikir positif daripada anda menyalahkan segala sesuatu yang menyebabkan kegagalan anda lebih baik cari solusi untuk memerbaiki kegagalan anda seperti contoh "Mungkin saya kurang semangat dan belum maksimal mencari pekerjaan sehingga saya masih menganggur" atau "Bos memang benar sering memarahi saya karena memang saya sering terlambat ke kantor, mulai besuk saya akan mengubahnya". Baca juga menghadapi penghambat sukses.

Kurangnya Kegigihan (mudah menyerah)
Tidak ada yang namanya kegagalan sebelum anda berhenti dari apa yang anda lakukan bukan? Bisa disebut gagal jika anda menghentikan apa yang anda usahakan sebelum mendapatkan hasilnya. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, dan kesuksesan itu akan anda dapatkan dari akumulasi kegagalan dan setiap kegagalan anda berusaha merevisinya dengan perencanaan yang lebih baik untuk kedepannya. Namun kebanyakan orang akan menghentikan apa yang mereka lakukan atau usahakan saat menemui hambatan atau kegagalan. Gagal sekali atau dua kali sudah cukup membuat orang akan patah semangat, namun tidak bagi mereka yang sukses... Mereka akan terus mencoba walaupun berkali kali gagal sehingga mereka menemukan kesuksesan mereka.

Anda harus bisa berpikir tentang bagaimana penggali emas menemukan emas jauh didalam tanah, penggali emas yang sukses akan terus mencangkul tanah ketika banyak batu, pasir atau sampah yang menghambat cangkulnya, mereka terus berusaha sehingga menemukan emas. Sedangkan penggali emas yang gagal akan menghentikan cangkulnya ketika sekali cangkul mereka tersandung batu, mencoba 2 kali tersangkut sampah dan ketiga kali tersangkut batu padas lalu mereka menyerah dan tidak melanjutkan apa yang mereka kerjakan padahal emas tinggal sejengkal lagi dibawah batu padas. namun tetap saja penggali emas tersebut tidak menemukan emas karena mereka menghentikan apa yang mereka cari.

Satu-satunya orang yang berhasil dalam hidup adalah orang-orang yang terus-menerus. Mereka yang terus bekerja hingga akhir sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan bahkan jika semuanya terhadap mereka dan bahkan jika mereka gagal berkali-kali.

Kurangnya Fleksibilitas
Orang yang gagal juga bisa disebabkan karena mereka kurang fleksibel. Kurang beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Sebagai contoh orang akan terus menjual TV hitam putih karena diwaktu terdahulu mereka pernah sukses menjual ribuan TV hitam putih, namun dijaman sekarang siapa yang ingin beli TV hitam putih? Atau sebagai contoh anda pemilik perusahaan sepatu dengan ribuan karyawan, namun anda tidak pernah mengadaptasi aatau mengadopsi peralatan lebih canggih karena anda berhemat dengan lebih mempekerjakan karyawan dengan gaji murah, nah saat anda tidak mampu lagi menemukan karyawan yang mau bekerja di perusahaan anda (karyawan lebih memilih bekerja di perusahaan lain dengan gaji lebih tinggi) maka anda akan mengalami kerugian karena anda kekurangan sumber daya yang mengelola perusahaan sepatu anda.

Sebagai contoh, anda pemilik gerai penjualan pakaian untuk selalu eksis dengan usaha yang anda jalankan maka anda harus beradaptasi dengan mengikuti model baru pakaian setiap bulan agar anda bisa menjual lebih banyak pakaian yang sedang ngetrend, jangan sampai anda menjual pakaian dengan model yang itu itu saja dengan alasan anda pernah sukses menjual pakaian dengan model begitu. Selalu perbaiki produk, kualitas dan ikuti apa keinginan konsumen.

Kurangnya Perencanaan
Jika Anda tidak memiliki tujuan atau rencana maka Anda akan menjadi bagian dari rencana orang lain. Jika Anda tidak berencana untuk menjadi pemimpin tim di tempat kerja Anda maka orang lain dalam tim Anda yang akan melakukannya dan jika Anda tidak berencana untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi maka orang lain yang direncanakan dan bekerja untuk itu akan mengambilnya dari Anda . Jika Anda tidak berencana Anda akan hanyut oleh orang-orang yang memiliki rencana yang lebih matang dari anda. Mereka akan mengisi posisi, membuat uang dan mendapatkan ketenaran saat Anda hanya akan menjadi penonton,  perencanaan adalah item penting dalam hal untuk menuju sukses.

Kurangnya Kepercayaan diri
Jika Anda tidak memiliki rasa percaya diri tinggi, maka kemungkinan besar Anda akan terlalu malu untuk mewujudkan ide-ide brilian Anda, karena ide brilian akan tetap menjadi ide atau rencana jika anda tidak mewujudkannya, atau Anda mungkin akan menyerah untuk mewujudkan impian Anda segera setelah seseorang mengatakan bahwa Anda tidak mampu atau tidak cakap. Anda mungkin takut mengambil risiko dan mengabaikan banyak peluang yang bisa membuat Anda sukses bahkan anda memiliki segala potensi untuk sukses hanya karena anda merasa tidak percaya diri dengan kemampuan anda. Jika Anda ingin meningkatkan peluang Anda untuk menjadi orang sukses, maka Anda harus membangun kepercayaan diri Anda.

Berpikir bahwa Anda tidak memiliki modal
Jangan menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa Anda kekurangan modal karena jika anda serius tentang kesuksesan Anda akan melakukannya tanpa memiliki modal, dan ribuan bahkan jutaan orang sukses mebuktikan bahwa kesuksesan tidak harus menggunakan banyak modal. Modal yang anda perlukan hanya semangat untuk sukses. Baca juga memulai usaha dari nol.

Ketakutan
Jenis-jenis ketakutan yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk sukses adalah rasa takut akan kegagalan dan takut sukses. Jelas ketakutan ini memiliki efek yang buruk untuk mencegah Anda dari mencoba dan menyebabkan Anda gagal. Jika Anda ingin berurusan dengan kesuksesan maka anda tidak boleh takut gagal atau takut mencoba. Seseorang tidak akan pernah bisa menaiki sepeda jika mereka takut terjatuh atau takut mencoba, seseorang yang sukses dapat menaiki sepeda hanya mereka yang tidak takut jatuh, tidak jera dan terus mencoba lagi walaupun berkali kali jatuh.

Salam sukses.....

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara