sponsored ads

5 Tips Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri

Posted By : Posted on - 9:05:00 AM with No comments

Orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi akan menginspirasi kepercayaan orang lain. Mereka menghadapi ketakutan dengan kepala tegak dan cenderung mengambil risiko. Mereka tahu bahwa tidak peduli apapun hambatan yang datang dapat mereka selesaikan dengan cara mereka, mereka memiliki kemampuan untuk megatasi hambatan atau penghalang. Orang percaya diri cenderung melihat kehidupan mereka dengan cara yang positif bahkan ketika hal-hal buruk terjadi pada mereka.

Bukankah akan luar biasa untuk memiliki rasa kepercayaan diri, apakah anda bisa? Tentu saja bisa, kepercayaan diri dapat dilatih, ditingkatkan dan diaplikasikan di setiap bidang kehidupan walaupun anda seorang yang sangat pemalu sekalipun. Berikut kutipan dari seorang Entrepeneur sukses:

"Kepercayaan diri bukanlah hukuman seumur hidup, Kepercayaan diri bisa dipelajari, dipraktekkan, dan bisa anda kuasai. Seperti keterampilan lainnya,.. Setelah Anda benar-benar menguasainya, segala sesuatu dalam hidup Anda akan berubah menjadi lebih baik." --Barrie Davenport.

Kenapa rasa percaya diri sangat penting dalam kehidupan? Pertanyaan yang sederhana namun memiliki arti yang luas. Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana Anda bisa mengharapkan orang lain untuk percaya dengan anda? Kali ini saya akan menshare tips bagaimana meningkatkan ras percaya diri anda dngan benar seperti dikutip dari Inc.

Tips Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tips Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jauhi pikiran negatif
Jangan jadikan kesalahan dalam hidup anda, kritikan pedas, atau pembicaraan buruk tentang diri anda merusak kepercayaan diri Anda. Anda tidak bisa mengontrol atau menghentikan apa yang dipikirkan oleh orang lain terhadap diri anda. Buang segala pikiran negatif dan mengubahnya menjadi hal positif, hal itu akan membantu Anda membuat langkah ke arah yang lebih percaya diri. Berhenti berfokus pada masalah dalam hidup Anda dan sebaliknya mulai fokus pada solusi dan membuat perubahan positif.

Ubah bahasa tubuh Anda dan Citra diri
Mulailah mengubah bahasa tubuh anda untuk lebih percaya diri. Tersenyum, kontak mata, dan bicara perlahan akan membantu anda meningkatkan kepercayaan diri anda. Tersenyum tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik, tetapi akan membuat orang lain merasa lebih nyaman di sekitar Anda. Bayangkan jika seseorang dengan bahasa tubuh yang baik dan wajah yang selalu ceria dan tersenyum, Anda akan membayangkan seseorang yang percaya diri.

Lihatlah dan tataplah mata orang yang Anda ajak berbicara dan tunjukkan bahwa anda memiliki rasa percaya diri. Berbicara perlahan juga tips penting untuk meningktakan rasa percaya diri anda. Penelitian telah membuktikan bahwa mereka yang meluangkan waktu untuk berbicara perlahan namun jelas akan mampu meningkatkan rasa percaya diri dan tampil lebih percaya diri dengan orang lain. Bicara perlahan memberi kesempatan untuk anda berpikir sebelum melanjutkan pembicaraan dan membantu orang lain dapat memahami apa yang Anda katakan.

Membangun citra diri anda untuk meningkatkan kepercayaan diri bisa anda lakukan dengan berpenampilan lebih rapi, rapikan gaya rambut Anda, bercukur bersih, dan berpakaian dengan baik. Tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik tetapi juga akan membantu orang lain melihat Anda sebagai seorang yang percaya diri.

Pantang menyerah
Tidak akan menyerah dengan kegagalan dan tidak pernah mudah pada kegagalan. Ada solusi untuk segala sesuatu hal, ada penyelesaian untuk setiap masalah jadi mengapa Anda mudah down atau menyerah? Berhasil melalui kesulitan besar dengan menyelesaikannya dengan baik dan bukan lari dari masalah adalah cara efektif untuk menmukan dan membangun kepercayaan diri anda.

Rasa rendah diri akan muncul jika anda selalu meratapi atau menyesali suatu hal yang menurut anda tidak bisa anda selesaikan, jadi jika Anda hanya terus-menerus menyalahkan diri sendiri dan mengatakan Anda tidak cukup baik, anda tidak cukup menarik, tidak cukup pintar, anda tidak cukup kemampuan dan seterusnya, hanya akan membuat anda semakin rendah diri dan tidak memiliki kepercayaan diri. Siapa Anda adalah apa yang anda pikirkan di dalam kepala Anda, jika anda berpikir anda bisam anda mampu maka anda akan menunjukkan kepercayaan diri anda. Buang pikiran negatif di kepala Anda, dan mengubahnya menjadi hal yang positif dan hal itu cukup efektif mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Mempersiapkan diri
Mempersiapkan segala hal sebelum anda melakukan sesuatu terbukti juga mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri, jika semua sudah siap dan tanpa ada yang kurang apalagi hal yang anda takutkan atau tidak berani melakukannya? Mempelajari segala sesuatu sebelum melakukannya dalam bidang apapun itu seperti pekerjaan, presentasi, seminar dan apapun itu. Jika Anda siap, dan memiliki pengetahuan tentang apa yang harus anda lakukan maka rasa percaya diri Anda akan melambung.

Buat daftar
Ada kalanya saat anda sudah berhasil menemukan dan mengembangkan rasa percaya diri anda, ada kalanya rasa percaya diri juga bisa down. Untuk mengatasinya dan menjaga agar rasa percaya diri anda tetap terjaga buatlah daftar semua hal dalam hidup Anda dalam pencapaian sesuatu yang membuat anda bangga. Bisa pencapaian seperti nilai kuliah yang membanggakan, anda mampu menjuarai perlombaan, menyelesaikan target kerjaan dalam waktu mepet atau hal lain yang telah anda capai dan membuat anda bangga. Setelah daftar Anda selesai, tempelkan di pintu kulkas Anda, di dinding kamar, di cermin kamar mandi Anda atau tempat dimanapun anda mudah mengingat daftar pencapaian besar tersebut. Jika Anda merasa percaya diri Anda berkurang, atau down lihatlah kembali daftar tersebut dan biarkan diri Anda merasa dan terinspirasi lagi oleh daftar Anda. Dengan begitu anda akan kembali bersemangat dan menemukan kembali kepercayaan diri anda.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara