sponsored ads

Tips & Cara Belajar Dengan Efektif

Posted By : Posted on - 5:19:00 PM with 2 comments

Jika anda ingin belajar dengan efektif, anda harus memliki kemauan untuk belajar bukan sebagai tuntutan. Jika anda memiliki kemauan anda merasa tidak terbebani dan tidak merasa harus dituntut untuk belajar, dengan demikian anda dengan mudah menerima dan konsen terhadap pelajaran yang diberikan dan dengan demikian akan mudah masuk dalam otak anda. Kemauan untuk belajar dan niat mempelajari hal yang belum diketahui merupakan cara belajar yang banyak diterapkan oleh orang orang yang sukses dalam menggeluti bidang terkait yang dipelajarinya. Nah berikut adalah beberapa cara agar anda bisa belajar dengan lebih efektif:

cara belajar efektif

Cara Belajar Dengan Efektif

Bereksplorasi bukan hanya menghafal
Bereksplorasi adalah mengetahui segala hal yang belum diketahui dengan daya penalaran. Metode penalaran bukan hanya efektif untuk belajar sesuatu namun juga akan membuat sesorang memiliki pengetahuan yang luas dan kreatif. Mungkin dengan hanya menghafal anda akan mengerti pelajaran formal yang diberikan tetapi dengan daya penalaran anda akan menguasai pelajaran serta praktek di lapangan. Penalran akan membuat metode belajar menjadi lebih efektif dan menambah ilmu pengetahuan secara luas bukan hanya pelajaran formal namun juga pelajaran informal sehingga anda akan lebih kreatif dan mandiri.

Pahamilah materi dengan mempelajari konsep-konsepnya, menghafal memang dierlukan namun akan lebih baik lagi jika anda mampu mengembangkan pelajaran yang anda hafal dengan lebih luas mulai dari bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Karena saat anda hidup mandiri nanti anda membutuhkan banyak pengetahuan yang anda pelajari dulu, nah jika anda cuma menghafal saja bagaimana jika yang anda pelajari ternyata memiliki arti lebih luas, lebih kompleks...Seperti dalam film 3 idiots, ada petikkan yang memang benar adanya dan memberi kita pesan bahwa "Dengan menghafal, kamu bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas, namun kau telah menghancurkan 40 tahun hidupmu kedepan"

Berusaha mempelajari apapun yang belum diketahui
Teruslah berusaha mempelajari hal hal yang belum anda tahu, jangan malu menyakan pelajaran atau pemahaman yang memang belum anda ketahui. "Malu bertanya, sesat dijalan" Jangan hanya karena anda malu untuk bertanya sesuatu, jangan sampai anda menyesal dikemudian hari. Jangan malu bertanya bila kita tidak bisa, jangan jadikan gengsi "takut dibilang lambat oleh teman2" sebagai alasan, karena hal yang seperti itu tidak masuk akal! Biarkan orang lain menganggap anda "lambat" dengan pertanyaan pertanyaan yang anda ajukan kepada pengajar, namun buktikan bahwa suatu saatnya nanti anda "cepat" dan buktikan kepada mereka anda berprestasi.

Belajar kelompok Ya metode belajar ini masih cukup efektif, dengan bekerja sama anda bisa saling tukar pikiran pelajaran yang belum anda ketahui atau memecahkan masalah pelajaran bersama sama, ingat berpikir dengan "banyak otak" itu akan lebih baik daripada anda memikirkannya sendiri.

Cintailah pelajaran anda
Seperti lazimnya orang yang sukses dibidang yang digelutinya, karena mereka mencintai pekerjaan mereka. Begitu juga dengan cara untuk belajar efektif, dengan mencintai pelajaran yang anda tidak sukai merupakan cara belajar yang efektif agar anda mudah memahaminya tanpa keengganan atau perasaan tidak suka akan suatu pelajaran. Anda tidak bisa dalam fisika (misal), namun anda sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan anda seorang fisikawan hebat, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Sekarang tidak bisa, namun karena kecintaan tersebut anda mempelajarinya setiap waktu, tunggulah hingga mimpi indah tiba.

Lihatlah orang orang bodoh disekitar kita
Dengan melihat rang orang bodoh disekitar kita bukan berarti anda boleh mengejek atau berpikiran negatif kepada mereka, tetapi lebih untuk memotivasi diri anda. Lihat apa yang akan anda terima jika anda tidak rajin belajar dan melupakan tujuan anda belajar. Tujuan anda kuliah atau sekolah adalah untuk menuntut ilmu sebanyak banyaknya agar anda menjadi orang yang pandai dan memudahkan anda untuk hidup dimasa mendatang. Jadi jangan lupakan tujuan anda belajar dan belajar banyak dari orang orang disekitar kita yang tidak mau belajar.

Belajar dan doa
Ya memang benar ada kaitan antara belajar efektif dan doa. Percuma saja anda pandai namun tidak memiliki budi pekerti yang baik. Saat anda jadi "orang" nanti anda bisa menyalah gunakan kekuasaan, menyalah gunakan kepandaian anda untuk hal hal yang tidak baik jika anda dari mulai sekarang tidak menanmkan budi pekerti yang baik. Berdoa juga merupakan wujud kepasrahan kita kepada Tuhan yang Maha Esa dan memotivasi diri anda untuk belajar dengan cara baik.

Belajar tanpa menghiraukan Mood
Saya yakin anda memiliki mood belajar jika akan ujian atau akan menghadapi test. Untuk itu tetaplah belajar tanpa menunggu mood anda datang, memang benar mood menciptakan suasana nyaman untuk anda bisa belajar namun jika anda menunggu mood anda datang bisa bisa anda belajar sebulan hanya satu kali hehehehe...Jika anda tidak bisa belajar tanpa mood maka bangunlah mood anda biar anda bisa belajar dengan baik seperti contoh saja belajar di alam bebas atau luar ruangan, belajarlah di pagi hari karena badan dan pikiran anda masih fresh, belajar dengan teman teman anda, intinya bisa membangkitkan mood anda untuk belajar.

Sedikit tapi teratur
Ya belajar itu bukan perkara mudah bukan berarti jika anda belajar seharian dengan pelajaran kimia seumpamanya, tidak berarti anda secara spontan bisa mendalami pelajaran tersebut dalam 1 hari. Sedikit tetapi teratur akan memiliki cara yang efektif. 30 menit tiap hari belajar akan lebih efektif dari pada anda belajar nonstop 3 hari saat akan ujian. Otak akan lebih bisa menerima pelajaran yang sedikit tetapi secara teratur anda latih belajar. Sebuah doktrin yang saya rasa sangat keliru, "kamu harus belajar sungguh-sungguh, besok ada ujian" Ini adalah kesalahan, sebenarnya ketika akan ujian itu kita gunakan untuk merehat otak sekejap, justru pas hari-hari biasalah kita harus sungguh-sungguh. Sistem KS (kebut semalam) sangat merusak cara berpikir kita, karena hanya akan menimbulkan tekanan bukan pengetahuan.

2 comments:

  1. informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :)

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara