sponsored ads

Cara Mudah Membuat Bakso Lembut & Spesial

Posted By : Posted on - 6:54:00 PM with 4 comments

Membuat bakso spesial - Bakso merupakan jenis masakan yang sangat terkenal di Indonesia, hampir semua daerah di Indonesia mengenal masakan yang satu ini. Rasanya yang gurih dan sedap sering menjadi pilihan favorit sebagai jajanan kuliner. Tidak susah menemukan makanan yang satu ini karena di setiap tempat pasti mudah menemukannya. Namun akhir akhir ini banyak media menyebut banyak sekali para pedagang atau pembuat bakso yang tidak beranggung jawab menggunakan bahan bahan yang tidak layak dikonsumsi untuk keuntungan semata. Mulai dari penambahan formalin, penggunaan daging babi/ celeng sampai bahan pengawet berbahaya menjadikan kita terkadang takut untuk jajan sembarangan.

Namun karena anda takut bukan berarti anda tidak bisa menyantap makanan yang enak ini. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dan tentu saja aman karena anda sendiri yang membuat dan memasaknya sehingga mengetahui betul bahan bahan yang anda gunakan. Dalam pembuatan bakso ini mudah kok yang terpenting adalah campuran bahan dasar dengan penambah rasanya pas. Anda juga bisa membuat bakso sapi atau bakso ayam terserah dengan selera anda tergantung dengan bahan yang anda gunakan. Berikut cara mudah membuat bakso kenyal dengan mudah, hehehehe membuat saya semakinlapar saja:

Membuat Bakso Lembut & Spesial

Bahan untuk membuat bakso spesial
gram daging sapi tanpa lemak atau daging ayam (sesuai dengan selera anda), usahakan untuk menggunakan daging yang masih segar karena mempengaruhi hasilnya.
150 gram es batu
50 ml putih telur atau 2 telur yang diambil putihnya saja
3 siung bawang putih dan diiris tipis tipis lalu goreng
3-5 siung bawang putih yang diblender atau ditumbuk halus
2 sdt garam atau kira-kira 15 gram
Setengah sendok teh soda kue (bisa juga menggunakan baking powder)
100 gram tepung sagu atau tepung tapioka (kanji) ukuran tepung bisa 100-200 gram tapi hal itu sesuai selera anda sendiri
Air dalam panci untuk merebus bakso (1/4-1/3 panci)

Cara membuat Bakso kenyal
  1. Agar nantinya mudah dihaluskan potong kecil kecil terlebih dahulu daging ayam atau sapi. Masukkan dalam blender daging atau FP (food processor) beri setengah bagian es batu yang telah disediakan tadi lalu giling hingga halus. Masukkan putih telur, bawang putih goreng, bawang putih yang telah dihaluskan, garam dan sisa es batu. Ulangi lagi penggilingan agar daging benar benar halus dan lembut.
  2. Masukkan tepung sagu atau tepung kanji (tapioka) dan soda kue (atau baking powder). Giling lagi hingga halus dan lembut dan menyerupai adonan pasta, sehingga total penggilingan 3 kali dari proses awal.
  3. Persiapkan api dan tempatkan panci yang telah berisi air tadi lalu didihkan. Seteleh mendidih matikan api atau boleh mengecilkan api yang paling kecil sehingga air tidak bergolak sehingga bakso tidak hancur saat dimasukkan.
  4. Ambil segenggam adonan pasta bakso tadi kemudian kepalkan tangan dan tekan jemari hingga adonan menyembul keluar dari sela ibu jari dan telunjuk, celupkan sendok ke air dingin (tujuannya agar sendok tidak lengket) kemuadian angkat bulatan adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air panas atau panci. Sebenarnya cara tersebut tidak suatu keharusan, pada intinya membuat bulatan-bulatan bakso sesuai keinginan anda.
  5. Biarkan bakso sampai mengembang, kemudian nyalakan atau besarkan nyala apinya dan masak kembali dengan air mendidih kecil selama 5 menit agar bakso matang sempurna.
  6. Siapkan air dingin dalam wadah atau baskom angkat bakso yang sudah matang dari panci dan masukkan ke dalam air dingin. Biarkan hingga dingin. Tiriskan dan bakso siap digunakan atau dikonsumsi langsung.
  7. Bakso fresh tanpa pengawet tahan seharian saja di suhu ruang terbuka, tahan seminggu dalam suhu kulkas dan bisa tahan hingga 2-3 bulan dalam suhu beku/ freezer.
Nah berikut tutorial membuat bakso di video yang dapat anda lihat dibawah ini:


Cara membuat kuah Baksonya
Bahan untuk membuat kuah bakso
  • Tulang sapi atau ayam sesuai selera
  • Air

Bumbu untuk membuat kuah bakso
  1. Lima siung bawang putih yang sudah di goreng dan di haluskan.
  2. Empat siung bawang merah yang sudah di goreng dan di haluskan.
  3. Setengah sendok makan bawang goreng yang di haluskan.
  4. Dua sendok makan gula pasir.
  5. Satu sendok makan garam.
  6. Setengah sendok teh lada.
  7. Empat batang daun bawang, ambil bagian yang putih,  kemudian iris kecil-kecil.
  8. Dua sendok teh kaldu sapi instan.

Cara membuat kuah bakso
  • Air di rebus bersama tulang sapi  dan semua bumbu hingga mendidih sampai tulang menjadi matang.
  • Apabila tulang sudah matang, kecilkan api dan selanjutnya bakso dapat di sajikan dengan kuahnya.

Demikian tadi resep dan cara membuat bakso special daging sapi atau ayam (sesuai dengan selera) yang tentunya akan menghasilkan bakso yang lembut, halus dan enak dimakan bersama keluarga atau teman-teman anda. Selamat mencoba.

4 comments:

  1. makasih infonya,,,bermanfaat sekali,,,sukses selalu ya

    ReplyDelete
  2. Kalau pakai mesin pembuat bakso kira-kira pengaruh ke rasa dagingnya nggak gan? :D

    ReplyDelete
  3. Bakso memang mantap banget rasanya, tapi klao pakek resep ini, mungkin lebih mantap laagi :D

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara