sponsored ads

5 Cara Sederhana Mengajarkan Bisnis Kepada Anak

Posted By : Posted on - 10:38:00 PM with 1 comment

Kesuksesan dalam dunia bisnis tidak terlepas dari faktor pendidikan di usia anak-anak. setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh besar dan menjadi orang sukses kelak ketika dewasa. Maka sangatlah penting untuk memberikan pelajaran tentang dunia bisnis kepada anak anda, tentu saja memberikan pelajaran bisnis kepada buah hati anda berbeda dengan bagaimana anda mengajarkan dunia bisnis kepada orang dewasa. Anak anak memiliki daya tangkap yang sangat baik dan ketika anda mengajarkan dunia bisnis kepada si kecil, buah hati anda akan mampu mengembangkan pola pikir dan membuatnya lebih mandiri.

Buah hati anda akan berpotensi lebih sukses saat ia tumbuh dewasa ketika anda mengajarkan segala sesuatu di usia dini. Begitu juga dalam dunia bisnisnya kelak, jika anak anda ,mendapatkan didikan dunia bisnis semenjak usianya masih kecil maka saat ia tumbuh dewasa nanti mereka akan memiliki pengetahuan yang cukup dalam dunia bisnis sehingga mereka mampu mengembangkannya sendiri. berikut adalah cara mengajarkan dunia bisnis kepada buah hati anda:

cara mengajarkan dunia bisnis kepada anak anda

Cara Sederhana Mengajarkan Bisnis Kepada Anak

Bangun kepercayaan diri buah hati anda
Dengan membangun kepercayaan diri akan menumbuhkan rasa mampu mengerjakan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka pikirkan. Dengan percaya diri juga mampu menumbuhkan rasa percaya akan kemampuan dirinya sendiri dengan begini anak anda akan lebih mandiri. Biarkan anak anda melakukan segala sesuatu seperti jalan pikirannya sendiri dan biarkan mereka menunjukkan kemampuan, ide dan bakat yang mereka miliki agar menumbuhkan rasa kepercayaan dirinya. Anda akan mengoreksi jika anak keluar dari jalur atau berbuat kesalahan. Sejak kecil, tuntun anak Anda untuk mengambil keputusan sendiri dan dorong mereka untuk berani memilih. Bantu anak mengembangkan berbagai idenya sejak usia dini.

Kreatif dan inovatif
Bisnis yang sukses adalah bisnis yang bisa menyajikan kreatifitas dan inovasi yang unik, dan jika anda menginginkan anak anda menjadi pebisnis yang sukses maka didik anak anda agar memiliki kreatifitas dan lebih inovatif. sebagai contoh saja untuk menumbuhkan kreatifiasnya biarkan anak belajar menggambar apa yang dipikirkannya dan jangan memberikan gambar yang harus dibuatnya untuk ditiru. Biarkan ia menggambar sesuai apa yang ada dipikirkannya hal ini akan menumbuhkan kretifitasnya sendiri. Anda juga bisa menanyakan pertanyaan seperti, apa rencana sang anak untuk menyelesaikan sebuah masalah yang tentunya sesuai dengan daya pikirnya . Tanyakan banyak pertanyaan dan bantu dirinya menjawab itu semua. Pikiran kreatif merupakan kunci inovasi dan semua itu dapat diasah sejak kanak-kanak.

Ajarkan kebiasaan menabung
Ya dengan mengajarkan menabung akan membantu mendidik anak anda untuk mengelola finansial atau keuangan lebih baik, anak anda akan terbiasa memiliki jiwa menabung dengan baik. Ia akan tahu bagaimana menyimpan dan mengelola uang untuk kebutuhan yang lebih baik daripada membelanjakannya untuk jajan.

Inisiatif
banyak pebisnis sukses yang sukses dalam bidang yang digelutinya karena mereka memiliki inisiatif tinggi, mampu mengambil keputusan yang tepat dan cepat. Ajarkan anak kecil dengan memberinya contoh mengambil inisiatif. Itu menunjukkan pada anak-anak bahwa ada hal yang harus dilakukan dengan cepat tanpa ragu. Pengambilan keputusan bisa anda ajarkan kepada anak anda dengan cara yang mudah seperti menanyakan beberapa pertanyaan mudah seperti "Dik ayah mau bekerja ke kantor tapi ayah bingung pake baju yang putih atau kaos hitam" nah dengan demikian anak anda akan memikirkan dan membantu mengambil keputusan yang cepat tapi tepat. Sang anak akan berpikir baju apa yang biasa dipakai ayahnya untuk ke kantor, namun jika anak anda salah dan menjawab kaos hitam, beri pengertian yang baik seperti "Dik kaos itu gak pantas kalau ayah pake ke kantor, kan adik tahu ayah kalau ke kantor biasanya memakai kemeja putih".

Nah dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai contoh diatas akan membantu anak anda berpikir lebih inisiatif dan mengambil keputusan dengan cepat namun tepat.

Empati
Kemampuan berbagi dan memahami perasaan orang lain perlu anda ajarkan kepada anak anda, agar saat ia tumbuh dewasa nanti ia tidak egois, mampu berbagi, memahami perasaan orang lain dan mampu melihat segala seuatu dari sudut pandang yang berbeda. hal ini akan sangat berguna untuk membangun jiwa sosialnya ke depan. Sebagai orangtua, ajarkan anak-anak untuk menghargai perasaan orang lain sejak kecil. Kemampuan membangun hubungan emosinal yang bail lebih bermakna dalam membangun kesuksesan yang dapat memberikan kebahagiaan sejati. Disisi lain dalam dunia bisnis butuh relasi dan koneksi yag begitu besar dan jika anda mengajarkan hal itu kepada buah hati anda maka saat dewasa nanti ia mampu berjiwa sosial dan mampu membangun hubungan bisnis baik dengan sesama pebisnis, bawahan maupun konsumen.

1 comment:

  1. pas banget nih tips nya,, saya juga pengen mengajarkan cara berbisnis kepada anak saya.. walaupun saya bukan pebisnis yang hebat hehe

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara