sponsored ads

Tips Mendidik Anak Usia Dini

Posted By : Posted on - 2:36:00 AM with No comments

Tips Mendidik Anak Usia Dini - Sifat-sifat mendasar orang dewasa menurut beberapa lembaga pendidikan usia dini merupakan hasil dari pendidikan yang mereka peroleh saat usia dini. Jadi tidak mengherankan jika anda melihat anak muda yang sangat manja dan tidak mau bekerja keras itu merupakan cerminan hasil dari didikan kecil yang terbiasa mendapat perlakuan manja. Pada usia dini anak akan sangat mudah menerima pengaruh lingkungan disekitarnya.Nah berikut ini adalah tips dasar pendidikan usia dini yang dikutip dari sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang berkantor di jakarta pusat:

Tips Mendidik Anak Usia Dini


Komunikasi Yang Baik
Komunikasi yang baik adalah kunci utama keberhasilan orang tua mendidik putra-putrinya. Biasakan untuk selalu berkomunikasi dengan si kecil. Posisikan diri anda bukan hanya sebagai orang tua, pelindung, pembimbing namun juga sebagai seorang teman bagi anak anda. Berikan kesempatan untuk anak anda menceritakan segala sesuatu yang ia temui atau ia hadapi. Dengan begini anak akan dengan mudah untuk berkomunikasi dengan anda tanpa rasa canggung, anak akan terbiasa terbuka dengan anda dan akan meminta saran ataupun petunjuk anda jika mereka menghadapi masalah.

Tanamkan Sikap Bertanggung Jawab 
Tanamkan rasa bertanggung pada diri anak agar dari kecil terbiasa memiliki rasa tanggung jawab. Sebagai contoh saja jika habis bermain usahakan agar ia merapikan mainan dan mengembalikannya ke tempat semula.

Selain mengajari Pendidikan Formal ajarkan Agama dan Etika sejak Dini
Hal ini sangat penting dengan pembelajaran formal mereka akan mampu menangkap ilmu pengetahuan yang banyak dan luas sedang dengan pembelajaran agama sejak dini mereka akan mngetahui mana yang baik dan boleh dilakukan dan mana yang salah dan tidak boleh dilakukan. Sebagai contoh saja ajak anak anda mengikuti atau minimal melihat saat anda sholat (bagi yang beragama islam). Setiap anak kecil memiliki rasa pengen tau yang sangat tinggi, untuk itulah disini peran anda untuk mengarahkan, memberi pengertian dan membekali mereka dengan ilmu yang banyak.

Biasakan Menanamkan Disiplin Sejak dini
Disiplin didapat dari didikan dan keterbiasaan dari anak usia dini. Mereka akan melakukan apa yang biasa mereka lakukan dari kecil. Sebagai contoh untuk menanamkan rasa disiplin dalam diri anak anda adalah sebagai berikut:
  • Biasakan membangunkan anak jika mereka terlambat bangun pagi.
  • Ajari mereka untuk membiasakan mandi atau ganti baju sendiri.
  • Temani dan ajak belajar jika saatnya belajar.
  • Biasakan membimbing dan mengajari mencari jawaban pada anak bukan memberikan kunci jawabannya.
Biasakan Anak Melakukan pekerjaan Ringan
Hal ini sangat penting terutama agar anak anda tidak memiliki sifat manja yang berlebihan. Biasakan anak  anda dan ajak mereka membantu saat anda menyapu atau membersihkan kamarnya. Sealain mereka akan mampu menjaga kebersihan tugas-tugas ringan seperti ini akan membuatnya mandiri dan tidak manja, tentu saja tugas-tugas atau pekerjaan yang tidak berat dan mereka mampu melakukannya.

Jika Nakal Tegur & Beri Pengarahan
Hal yang biasa terjadi dan wajar jika anak anda nakal. Anak-anak memang aktif pada usia dini dan wajar jika mereka melakukan kenakalan. Yang anda lakukan adalah menegur dan memberikan kepada mereka.

Tanamkan Hal Baik pada Diri Anak di Usia dini
Dengan membimbing dan memberi arahan yang baik akan mengembangkan sifat dan perilaku pada diri anak. Minta pada anak meminta maaf kepada anak lain jika mereka melakukan kesalahan dan beri arahan jika yang mereka lakukan itu salah. Ajari anak untuk mengucapkan terima kasih jika mereka diberi sesuatu atau mereka ditolong.

Hukuman , penghargaan dan Pujian itu Perlu
Yang dimaksud hukuman disini adalah tindakan yang dilakukan agar anak tidak mengulangi lagi kesalahan yang sering mereka lakukan sebagai contoh saja anda akan mengurangi uang jajan mereka jika anak sering bermain jauh dari rumah dan lupa waktu. Namun Pujian juga perlu dilakukan agar anak anda termotivasi melakukan hal yang lebih maju lagi. Sebagai contoh saja anda memberikan pujian jika mereka melakukan hal yang baik atau mendapat nilai yang bagus di kelasnya. Anda juga berjanji akan memberi penghargaan jika ia mempertahankan nilainya itu dengan memberikan hadiah. Dengan begini anak akan lebih termotivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi.

Demikianlah sedikit yang bisa saya sampaikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran anak pada usia dini. Tentu saja masih banyak faktor yang diperlukan di pendidikan usia dini ini. Untuk itu jika ada saran atau tambahan silahkan berkomentar di kotak komentar yang telah disediakan.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara