sponsored ads

Tips Perawatan Gigi yang Menggunakan Behel

Posted By : Posted on - 2:46:00 PM with 1 comment

Tips Perawatan Gigi yang Menggunakan Behel
Tips Perawatan Gigi yang Menggunakan Behel - Behel atau kawat gigi merupakan alat terapi gigi yang berfungsi untuk merapikan gigi. Namun seringkali penggunaan behel atau kawat gigi yang tidak tepat bisa menyebabkan rasa sakit maupun luka di mulut. Lalu bagaimana mensiasatinya, berikut adalah tips perawatan gigi pengguna kawat gigi atau behel.

Pakai Sikat Gigi Khusus
Sikat gigi yang biasa disarankan dan dipakai untuk pengguna behel atau kawat gigi adalah sikat gigi khusus untuk orthodontik bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Biasanya dijual di apotek, klinik, dan supermarket besar, penggunaan sikat gigi khusus ini untuk menghindari luka di mulut dan karena biasanya orang yang menggunakan behel pertumbuhan karang gigi lebih cepat karena penggunaan sikat gigi biasa tidak bisa menjangkau tempat yang lebih sulit di sekitar behel pada gigi.

Rutin Konsumsi vitamin C
Kenapa para pakar menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C, karena pemakaian behel sering menyebabkan luka pada didinding mulut yang bisa menyebabkan sariawan jika kekurangan vitamin C. Selain itu, asupan kalsium dan vitamin D yang lebih banyak dari dosis biasanya juga sangat dibutuhkan oleh gigi.

Paska Pemasangan Behel
Biasanya setelah pemasangan behel pada gigi, bukan hanya gigi yang akan terasa ngilu/nyeri tapi juga rahang, dagu dan kepala bahkan terkadang bisa sampe demam. Hal ini dikarenakan pergerakan gigi yang otomatis berpengaruh ke sistem syaraf dan bentuk kepala serta profil wajah kita. Jadi siapkan painkiller seperti Panadol yang mengandung parasetamol bila perlu.

Hindari makanan yang terlalu keras
Potong makanan dengan tangan terlebih dahulu dan usahakan jangan memakan makanan yang cukup keras terlebih dahulu untuk yang baru dilakukan pemasangan behel, jangan memotong makanan langsung menggunakan gigi. Selain bisa mengacaukan proses pergeseran gigi, juga dapat melepas bracket behelnya.

Cara Menyikat Gigi
Gunakan pasta gigi dengan kandungan kalsium terlengkap agar benar-benar melindungi dan merawat gigi secara intens. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali proses, yang pertama tanpa pasta gigi terlebih dahulu agar sisa-sisa makanan yang hendak diberantas bisa terlihat dan tidak terhalang buih dari pasta gigi (lakukan di depan cermin tentunya), setelah itu barulah menyikat gigi dan lidah dengan pasta gigi. Sikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari yaitu sehabis makan dan sebelum tidur.

Wajib berkumur dengan obat kumur
Berkumurlah setelah menyikat gigi dan bila perlu gunakanlah dental floss (benang gigi) karena memang perawatan gigi yang menggunakan behel lebih rumit daripada yang tidak. Maka, tidak mengherankan apabila rutinitas menyikat gigi ketika awal masa pemakaian behel bisa mencapai 20 menit.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara