sponsored ads

Tips & Cara Belajar Yang Ampuh dan Efektif

Posted By : Posted on - 4:58:00 PM with 1 comment

Tips & Cara Belajar Yang Ampuh dan Efektif - Mengembangkan pikiran kita adalah tujuan kita belajar, namun sering kali kita belajar namun hasilnya kurang efektif dan kurang maksimal disebabkan karena tata cara dan metode yang kita gunakan masih kurang. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit share tips dan cara belajar yang efektif, diharapkan dengan tips ini kita bisa menyerap dan mengembangkan pikiran kita secara lebih efektif dan efisien: Berikut tips dan cara belajar yang efektif:

Tips & Cara Belajar Yang Ampuh dan Efektif


Merangkum Materi
Merangkum materi inti sehingga menjadi sebuah ringkasan adalah cara yang tepat menurut para pakar pendidikan. Setiap materi pelajaran, pasti ada materi pokok, ringkaslah sehingga memudahkan anda dalam memahami setiap detail pelajaran. Dengan cara begini anda akan menguasai materi yang diberikan.

Aktif
Jangan malu bertanya untuk sesuatu hal yang belum kita ketahui, jangan menunggu guru atau dosen yang bertanya. Mulai sekarang, mulailah bertindak aktif. Jangan pasif. Dengan begitu, hal-hal yang sekiranya benar-benar belum anda fahami mempunyai peluang lebih besar untuk langsung dijelaskan solusinya oleh para pengajar anda dan dengan begitu anda akan cepat mendapatkan jawaban suatu materi yang belum anda ketahui dengan cepat.

Belajar kelompok
Cara efektif berikutnya adalah dengan belajar bersama atau berkelompok, dengan cara ini anda akan mudah share pelajaran yang belum anda mengerti, dan anda bisa menemukan jawaban maupun memecahkan masalah pelajaran yang diberikan bersama sama.

Berkembang
Bagi sebagian besar pelajar, hal ini masih sangat jarang dilakukan atau diterapkan. Padahal jika cara belajar efektif ini dilakukan dengan baik, dampaknya akan sangat terlihat. Carilah segala hal / pertanyaan yang belum ada dalam soal-soal latihan, dan nantinya bisa anda tanyakan langsung kepada para bapak/ibu guru yang mengajar pelajaran itu. Mulai sekarang, kembangkanlah materi sebanyak mungkin agar bisa lebih mendalami materi pelajaran.

Disiplin
Nah inilah yang sering membuat para pelajar gagal dalam belajar, mereka tidak memiliki kedisiplinan. Mereka hanya belajar hanya saat mau ujian saja tetapi tidak belajar di hari-hari biasa. Untuk solusinya adalah atur jadwal belajar anda dengan tepat dan lakukan dengan rasa disiplin dan penuh tanggung jawab komitmen yang telah anda buat.

Referensi
Referensi adalah panduan. Panduan tentang suatu materi. Saat ini anda dapat dengan mudah mendapatkan referensi bisa dari internet, buku pelajaran maupun panduan lain yang bisa dijadikan referensi lain pelajaran yang sedang anda pelajari.

Istirahat
Jika merasa mulai jenuh atau bosan belajar terus menerus, ada baiknya diselingi dengan istirahat. Misalkan setiap belajar 1 jam, istirahatnya sekitar 10 menit. Kita bisa melakukannya sambil keluar dulu dari dalam ruang belajar, ambil minum atau makan makanan kecil, tapi jangan lupa untuk balik lagi buat belajar. Otak kita tidak seperti mesin komputer yang bisa berpikir terus tanpa istirahat. Jika otak kita lelah akan sulit bagi kita untuk menerima pelajaran.

Kenyamanan
Buat suasana belajar anda dengan nyaman. Jangan sampai ruangan tersebut berantakan, rapikan dulu barang-barang yang acak-acakan tersebut, jika sudah rapi akan keliatan lebih luas dan segar. Ini juga merupakan bentuk cara belajar efektif yang mempunyai faktor besar dan tentunya menghindarkan anda dari kejenuhan.

Rileks
Saat anda belajar usahakan agar pikiran anda rileks dengan begitu anda dengan mudah menangkap suatu pelajaran caranya bisa dengan sebelum belajar anda bisa mendengarkan musik atau menonton acara tv yang anda sukai.

Belajar Disertai Praktik
Belajar dengan praktek merupakan gabungan cara belajar yang efektif dan ampuh, anda bisa mempelajari sesuatu teori lalu anda bisa mempraktekannya untuk menguji kebenaran teori pelajaran yang anda terima.

Ubah Metode Belajar
Jangan belajar dengan cara yang sama dengan terus menerus mungkin anda tidak cocok dengan teknik belajar seperti itu, anda juga perlu mempelajari tekhnik lain dalam belajarr.

Ciptakan suasana yang kondusif
Dalam cara belajar efektif, anda harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang anda pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, anda harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.

Sering tapi jangan lama
Belajar jangan terlalu lama, namung per sering anda belajar, seperti pagi 45 menit, siang 15 menit, sore 30menit, malam 1 jam, insya allah cara belajar efektif ini bisa berjalan baik.

Mengerti bukan Menghafal
Kalau anda menghafal sesuatu belum tentu anda mengerti. Saat Anda mengerti topik yang dipelajari, secara otomatis anda akan paham. Pemahaman ini yang akan membantu anda menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-putar, Anda pasti bisa jawab. Memang sih, beberapa mata pelajaran memang butuh hafalan. Misalnya saja tanggal bersejarah atau nama-nama tokoh. Kuncinya, baca berulang-ulang, tanpa anda sadari hafalan itu bakal melekat di ingatan dengan sendirinya.

Demikianlah tips dan cara belajar yang efektif dan ampuh yang bisa anda terapkan dalam tekhnik belajar anda. Semoga bermanfaat dan jika ada tambahan lain silahkan tambahkan di komentar yang telah disediakan.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara