sponsored ads

6 Tips & Cara Memulai Usaha Baru dari Awal

Posted By : Posted on - 4:35:00 PM with 3 comments

Banyak dari kita bermimpi memulai bisnis kita sendiri. Saat melihat orang orang sukses disekitar anda yang berhasil menjalankan usaha mereka, kita tergoda untuk berpikir, "Hei, siapa pun bisa melakukan ini!" Tetapi penting untuk diingat bahwa ada perbedaan antara hanya memulai bisnis di atas kertas dan mempersiapkan diri untuk sukses. 

Ketika usaha dilakukan dengan benar, dibutuhkan perencanaan yang matang, investasi, dan motivasi. Ketika kita hanya "ikut ikutan" dan memulai bisnis tanpa mengetahui apa yang Anda hadapi maka usaha anda dapat menyebabkan kegagalan total.

usaha


Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk memiliki usaha sendiri entah itu usaha yang besar maupun usaha skala kecil tergantung modal yang mereka miliki, namun semua usaha pasti hanya memiliki satu tujuan yaitu kesuksesan. 

Lalu bagaimana cara memulai usaha dari awal? Dari nol yang tidak semua orang memiliki bakat kewirausahaan. Berikut adalah tips memulai usaha baru dari awal atau nol:

1. Buat ide Usaha Anda

Usahakan untuk membuat ide usaha anda terlebih dahulu, pilih usaha yang sesuai dengan bakat, kemampuan, minat yang anda miliki namun anda tetap harus ingat bahwa usaha yang akan anda buka tetap harus melihat pangsa pasar. 

Kenapa harus sesuai minat dan bakat anda salah satu alasan kenapa anda harus memilih usaha yang sesuai dengan minat bakat anda adalah anda sudah mengetahui seluk beluk usaha yang akan anda rintis, menghindari kesulitan serta kebosanan yang mungkin akan anda temui, banyak orang sukses memulai usaha dari bakat dan minat mereka namun harus tetap melihat potensi yang ada di masyarakat yaitu keunikan, usaha yang belum banyak berada dimasyarakat, tetapi anda juga boleh memilih usaha yang sudah banyak di masyarakat namun masih mempunyai peluang besar.

2. Ciptakan visi dan misi usaha.

Sebuah usaha harus mempunyai visi dan misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun. 

Jika anda memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas maka usaha yang anda lakukan akan berjalan dengan baik. Sekali lagi ingat visi dan misi usaha yang akan anda rintis.

3. Take Action

Segeralah lakukan apa yang sudah menjadi ide dalam pikiran anda dengan baik. Anda harus take action mengapa? karena sebaik apapun atau secerdas apapun ide anda namun jika anda tidak melakukannya jelas itu hanya akan menjadi sebuah ide atau gagasan saja. 

Lakukan sedikit demi sedikit karena semua hal yang anda rintis dimulai dengan hal yang kecil. Ingat anda berjalan ribuan kilometer jauhnya anda harus tetap melakukannya dengan satu langkah pertama anda.

4. Pandai memanage usaha anda

Anda harus pintar mengatur dan mengorganisir usaha anda. Kelola usaha yang anda rintis dengan baik, anda harus pintar mengolah pemasukan dan pengeluaran dengan tepat. Jika anda bisa melakukan itu saya yakin usaha anda akan berkembang dengan cepat.

5. Selalu belajar dan lakukan pengamatan

Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif. 

Sebuah usaha akan maju jika usaha yang anda lakukan memiliki keunikan dari usaha-usaha lain walaupun bergerak di bidang usaha yang sama.

6. Pantang menyerah

Setiap usaha yang anda lakukan dengan rajin, dan memperhatikan beberapa faktor diatas juga harus diimbangi dengan semangat pantang menyerah dan tidak mudah bosan. Jika anda usdah mengawali apapun yang anda gagas, anda juga harus menyelesaikan semua itu dengan hasil yang brilian. 

Jika anda sudah mengawali start yang bagus namun anda berhenti karena bosan atau tertarik dengan usaha lain padahal anda belum menyelesaikan usaha yang baru andaa rintis ibarat anda berhenti menggali emas padahal emas yang anda inginkan tinggal sejengkal lagi dari tanah yang anda gali.

Mungkin itu dulu yang bisa saya share, semua usaha yang akan anda rintis tentu saja masih banyak faktor lain yang menentukan, saya hanya menyampaikan hal utama yang harus anda lakukan dalam memulai usaha baru dari awal. Tetap semangat dan salam sukses.

3 comments:

  1. bagus gan info nya
    yang sangat bermanfaat
    ditunggu update nya

    ReplyDelete
  2. Tulisannya bagus sekali... Sangat menginspirasi tipsnya bisa dijadikan panduan cara memulai usaha baru

    ReplyDelete
  3. Sangat menginspirasi gan!!!

    Suatu tindakan / keputusan perusahaan publik yang akan berpengaruh terhadap kepentingan pemegang saham, seperti pembagian dividen, pemberian saham bonus, stock split, penawaran umum terbatas - Pelajari Disini

    Dapatkan informasi dari para ahli atau pakar dalam bidang ini melalui tautan yang telah tersedia - Read More

    Selain itu Anda juga dapat memulai sebuah langkah dalam mengembangkan minat anda - Selengkapnya

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara