Bangun Pagi Jadi Kendala, Atasi Dengan 8 Tips Ini!

Posted By : Posted on - 5:39:00 AM with 3 comments

Bangun lebih awal tentu memberikan kamu cukup waktu untuk melakukan hal hal yang positif seperti berolahraga dipagi hari, belajar ataupun cukup waktu buatmu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan untuk aktifitas hari ini. Bahkan banyak motivator motivator populer mengakui pentingnya bangun pagi untuk awal kesuksesanmu, bahkan orang orang tua dulu pun selalu menyarankan bangun pagi, pernah dengar kan orang tuamu bilang "biasakan bangun pagi agar rejekimu gak dipatok ayam hehehehe....".

Tips bangun lebih pagi
Bangun kesiangan tentu membuatmu tergesa-tergesa, tidak fokus untuk mempersiapkan segala yang kamu butuhkan sehingga seringkali kamu lupa membawa sesuatu hal ketika sudah sampai tempat kerja ataupun di kampus. nah jika kamu terbiasa bangun siang saat ini, mungkin ini saatnya bagi kamu untuk mengubah kebiasaan burukmu tersebut. nah berikut adalah beberapa tips yang mungkin kamu butuhkan untuk berlatih bangun pagi:

8 Tips Yang Membantumu Bangun Lebih Pagi

Hindari konsumsi makanan berat saat menjelang tidur
Mengonsumsi makanan makanan berat seperti nasi atau makanan yang berkarbohidrat tinggi membuat usus akan bekerja ekstra untuk mencernanya dan dibutuhkan waktu yang lama. Sehingga saat kamu kekenyangan maka kamu akan kesulitan untuk tidur karena ususmu akan terus mencernanya. Konsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur dan berhenti memakan sesuatu sebelum tidur. Nah, kalau perut yang harus istirahat malah kerja, maka kita butuh waktu tidur lebih. Sehingga, sulitlah untuk bangun cepat. Lagian juga dampak buruk lainnya, nanti bisa mengakibatkan gangguan pencernaan dan perut pun mulas.

Hindari meminum atau memakan makanan bersifat stimulan
Makanan dan minuman stimulan akan membuatmu tetap terjaga dan tidak mengantuk. Beberapa diantaranya adalah minuman berkafein seperti kopi. Kadar kafein pada kopi cukup tinggi, sehingga membuat jantung berdetak lebih, sehingga kamu akan sulit untuk memejamkan mata untuk tidur. nah jika kamu tidur larut tentu waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat pun menjadi semakin sedikit dan tidur akan lebih lama, akhirnya kamu akan bangun kesiangan. Tentunya bukan cuman kopi yang bisa begitu, namun apapun yang mengandung kafein banyak. Lebih baik konsumsi air putih karena memperbanyak minum air putih apat melancarkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh jadi sehat. Dengan tubuh yang sehat, nggak akan sulit untuk bisa bangun pagi setiap hari. namun jangan banyak banyak saat akan tidur ya, bisa bisa malah nanti malam kamu sering kebangun untuk pergi ke toilet....

Tidur lebih awal harus jadi rutinitas
Kebiasaan tentu akan terbangun dari latihan terus menerus. begitu juga saat kamu ingin terbiasa bangun lebih pagi maka kamu harus melatih diri untuk terbiasa tidur lebih awal. Idealnya seseorang membutuhkan 7-8 jam perhari untuk mendapatkan waktu tidur yang baik. nah ketika kamu terbiasa tidur lebih awal maka kamu akan terbiasa juga untuk bangun lebih awal karena kebutuhan tidurmu tercukupi. Jangan pernah merubah pola rutinitas tidurmu, karena akan merusak siklus tidurmu. Tidur lebih awal, agar bisa bangun lebih awal. Tidur kelamaan, maka bangunnya pun lama juga.

Ruangan senyaman mungkin akan membantumu cepat tertidur
Tidur yang nyaman itu kunci tidur yang berkualitas, hingga kemudian bikin kita mudah bangun. Saat kamu terpenenuhi kebutuhan untuk tidur berkualitas maka saat bangun nanti tubuhmu akan terasa bugar, fit dan bersemangat. begitupun sebaliknya ketika kamu lebih sedikit waktu untuk tidur maka saat bangun kamu tidak fokus, sulit konsentrasi dan terasa malas. nah untuk membuat kebutuhan tidurmu menjadi lebih berkualitas maka atur ruangan tidurmu senyaman mungkin seperti tata ruangan tidur, jaga kebersihan semua peralatan tidur, matikan lampu, jauhkan peralatan peralatan yang bisa membuat kebisingan dan sebagainya yang membuat tidurmu semakin nyaman.

Tidur siang memang bagus, tapi sebentar aja. Kalau kelamaan, justru nggak bagus.
Tidur siang itu memang bagus. Selain bisa jadi laksana nge-charge tubuh, lantaran dari pagi sudah banyak aktivitas, tidur siang bisa memulihkan tenaga dan membuatmu lebih fokus, tapi inget ya jangan kelamaan.... Kalau tidur siangnya kelamaan, bisa bikin malamnya lebih melek dan susah tidur. Mungkin tidur siangnya cukup 15 menit saja, atau 20, atau 30, atau mungkin paling lama 45 menit deh.

Rileks dan jangan berpikir berat
Umumnya seseorang yang memiliki masalah atau tekanan pikiran umumnya akan sangat sulit untuk tertidur dimalam hari. pikirannya melayang dan kesulitan fokus untuk tidur. Nah ketika kamu sudah masuk kamar dan ingin segera pergi tidur maka rileks kan badan buang pikiran negatif atau masalahmu biar kamu cepat tertidur. Pembahasan dan pemikiran yang berat-berat, yang notabene memicu stress dan kecemasan, akan membuat kita sulit tidur. nah untuk membuat kamu lebih rileks ada beberapa tips yang kamu butuhkan seperti berendam air hangat sebelum tidur, menyemprot kan aroma wewangian yang akan membuat kamu lebih rileks atau sedikit membaca buku humor...

Pasang alarm dan minta bantuan orang lain untuk membangunkanmu
Nah ketika kamu belum terbiasa bangun pagi dan ingin melatihnya maka kamu membutuhkan alarm untuk mengingatkan kamu harus bangun jam berapa di pagi hari. nanti kalau sudah terbiasa maka kamu tidak akan membutuhkan alarm lagi untuk bangun pagi karena bangun pagi sudah menjadi kebiasaan.

Optimalkan usaha Anda dengan alarm. Jangan dispelekan. Meski memang nggak jarang menurut sebagian orang, alarm itu nggak berpengaruh. Namun, faktanya ada juga sebagian orang yang berpengaruh dengan adanya alarm. Dan agar semakin optimal, ada baiknya pasanglah beberapa alarm pada beberapa jam. Setahu saya biasanya fitur seperti ini terdapat pada mayoritas smartphone Android. Anda bisa men-set alarm pada pukul 03:50, 04:00, 04:15, dan seterusnya. Bisa banyak-banyak. Saya pribadi, bahkan bisa men-set sampai sepuluh waktu, dan ini cukup efektif berhasil bikin saya cepat bangun, tidak tidur lagi. Selain itu, tipsnya, coba letakkan alarm tersebut agak jauh dari tempat tidur Anda. Agar Anda berdiri dan berjalan, sehingga meminimalisir kemungkinan Anda untuk tidur lagi.

Maksimalkan lagi ikhtiar Anda dengan cara meminta bantuan orang lain untuk membangunkan Anda. Bisa orang tua, pasangan, kakak, adik, teman, atau yang lainnya. Karena tidak menutup kemungkinan alarm pun tidak mempan. Namun bukan berarti menyepelekan fungsi alarm, hanya saja untuk antisipasi, apabila alarm tak begitu berdampak, masih ada kemungkinan dibangunin orang lain.

Pajang kertas atau papan yang bertuliskan impian Anda, cita-cita, target, dan sebagainya
Nah ini dia yang terakhir pajang daftar aktifitasmu hari ini, cita citamu, target atau impianmu di dinding Anda, dengan tulisan yang gede ketika alarm membangunkanmu. Tanpa ada tulisan yang bersifat memotivasimu mungkin ketika kamu bangun akan tertidur lagi. Dengan tulisan besar yang memotivasimu maka agar saat bangun pagi, Anda langsung melihat tulisan tersebut dan segera berusaha berjuang mewujudkannya. Mungkin ini merupakan cara terakhir, agar saat kita sudah bangun, tidak tidur lagi.

3 comments:

  1. Saya sangat menghargai karya tulis Anda, semoga informasi ini bermanfaat dan teruslah berkarya dalam sebuah tulisan. Silakan kunjungi juga website saya, siapa tau informasi yang saya berikan juga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Kindly thanks for This useful post .

    CodingDir.com

    Regards

    ReplyDelete
  3. Saya sering pusing ketika bangun pagi. Tetapi sekarang sudah bisa mengatasinys setelah membaca post ini. TErima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara