sponsored ads

Tips Menyesuaikan Diri (Beradaptasi) Di Lingkungan Kerja Baru

Posted By : Posted on - 5:36:00 AM with 1 comment

Adaptasi lingkungan kerja baru - Lingkungan kerja yang baru bagi kebanyakan orang akan serasa menegangkan. Takut membuat kesalahan, takut kelihatan tidak sempurna, takut tidak bisa beradaptasi dan takut tidak diterima di lingkungan kerja baru merupakan kekhawatiran yang paling umum terjadi. 

Tentu akan menjadi hal yang menggembirakan ketika anda diterima di perusahaan atau tempat bekerja yang sesuai dengan minat anda, tetapi rasa senang dan riang itu akan pudar setelah beberapa hari ketika anda tidak bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

adaptation to the new working environment

Bagi mereka yang tidak mudah beradaptasi atau menyusaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, mereka akan mudah merasa panik dan gelisah memikirkan memulai hari-hari baru di kantor baru, lingkungan baru, dan orang-orang baru. 

Pertanyaan-pertanyaan tak percaya diri akan mulai bergema. Mulai dari bagaimana jika semua orang sinis dan tidak menanggapi saya? Bagaimana kalau saya berbuat kesalahan, panik dan benar-benar kikuk? Bagaimana kalau saya tidak bisa bekerja dengan maksimal? Jangan khawatir, perasaan tersebut normal, kok! Semua orang pasti mengalaminya, just chill! Jadi, tarik napas dan lakukan hal-hal ini untuk membantumu menyesuaikan diri dalam bulan-bulan pertama di pekerjaan barumu.

Tips Menyesuaikan Diri di Tempat Kerja Baru

1. Cara pakaian untuk penampilan / Dress to Impress

Kamu pasti telah sering mendengar istilah ini, menjaga penampilan sangatlah penting dalam dunia profesional. Berpakaian rapi, bersih dan nyaman bisa meningkatkan kepercayaan diri di lingkungan kerja baru. Pakaian tidak harus baru, yang terpenting adalah berpenampilan dan berpakaian yang membuatmu merasa nyaman dan tentu saja tidak bertentangan dengan aturan perusahaan tempatmu bekerja. Caramu berpakaian bisa meningkatkan kepercayaan dirimu dilingkungan kerja yang baru.

2. Bangun rasa Percaya Dirimu

Kekhawatiran dan ketakutan merupakan sulitnya beradpatasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Untuk mengatasi ini tingkatkan rasa percaya dirimu, pertanyaannya bagaimana membangun rasa percaya diri dengan orang orang baru, dengan lingkungan dan sistem kerja yang baru? Ingatlah bahwa kamu diterima diperusahaan ini tentu karena kamu memenuhi kriteria yang dicari perusahaan. Mulai dari skill, latar pendidikan, potensi diri dan kemampuanmu membuat pewawancara berkesan untuk menerimamu diperusahaan ini.

Kamulah yang diterima di antara puluhan, ratusan bahkan ribuan pelamar lain. Perushaan pasti telah melihat potensi padamu selama proses penerimaan. Kamu mendapatkan tawaran tersebut karena mereka melihatmu adalah anggota baru yang akan mampu berkontribusi bagi perusahaan. Percayalah pada kemampuan yang kamu miliki dan percaya bahwa kamu akan dihargai karenanya. 

Hadapi bab baru dalam hidupmu dengan senyum lebar dan pikiran yang terbuka, karena kamu akan baik-baik saja! Kalau perusahaan menganggapmu memenuhi kriteria apa yang harus kamu takutkan lagi?

3. Buat suasana lebih nyaman, santai dan mencair

Ya, santai, itulah yang kamu perlukan untuk membuatmu mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Santai bukan berarti menganggap remeh dan membuat segalanya mudah, tetapi lebih berarti bagaimana membuat dirimu lebih nyaman dengan lingkungan kerja baru. Nervous dan sedikit kikuk merupakan hal yang wajar terjadi, dan itu menandakan bahwa kamu peduli dan menginginkan hasil yang terbaik untuk performamu di kantor baru. 

Tetapi, terlalu gugup dan panik bisa membuat hidupmu jadi lebih ribet dan sulit. Tarik napas dan santailah sedikit. Rencanakan sebuah perjalanan atau lakukan hal-hal menyenangkan sebelum kamu harus masuk kantor baru.

4. Nyalakan semangat dan Antusiasme untuk bekerja lebih baik

Ingat selalu bahwa bulan bulan pertama bekerja adalah masa percobaan / training jadi pastikan selalu menjaga semangat kerja dan antusiasme tinggi, bahkan ketika masa training berakhir tetaplah pada semangat dan antusiasme kerja yang tinggi. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu berprestasi dan berpeluang besar kariermu akan terus meningkat. 

Tidak perlu panik, santai saja. Lakukan pekerjaanmu sebaik mungkin, perhatikan segala sesuatunya agar kamu tidak perlu bertanya berulang kali, dan jangan ragu memberikan pendapat dalam diskusi. Para bos akan menghargai ide-ide segar, jadi jangan malu. Gunakan kesempatan ini untuk mengesankan mereka.

5. Cari Teman-Teman Baru

Rasa kikuk, takut dan nervous saat beradaptasi dengan lingkungan kerja baru adalah hal yang wajar karena anda belum memahami dan mengenal karakter orang orang didalamnya. Sapaan “halo” atau “hai” yang simpel akan menjadi penolongmu dalam bergaul dengan teman-teman baru. Buatlah hubungan yang nyaman dengan rekan kerja anda dalam semangat kekeluargaan. 

Ketika anda menemukan keluarga lain selain dirumah, rekan kerja anda yang perhatian dan saling peduli anda akan beradaptasi dengan lebih baik. Tidak perlu takut pertama kali menjalin hubungan dengan rekan kerja anda, lama-lama, kalian akan menjadi teman seiring berlalunya waktu.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara