Cara Melakukan Percakapan Menarik, Seru & Menyenangkan

Posted By : Posted on - 10:53:00 AM with No comments

Pembicaraan yang berkesan - Percakapan yang berkesan adalah percakapan yang menyenangkan dan meninggalkan kesan positif kepada lawan bicara. Percakapan menyenangkan tidak harus kepada seseorang yang anda idamkan atau baru anda dekati tetapi bisa anda lakukan kepada sahabat, kolega, keluarga ataupun orang orang disekitar anda.

Percakapan apa pun yang kita hadapi semestinya memberikan kesan yang positif kepada lawan bicara. namun kali ini kita akan membahas tentang bagaimana melakukan percakapan dengan seseorang yang baru dikenal, agar percakapan berjalan menyenangkan, percakapan tidak monoton atau membosankan dan tentu saja membuat lawan bicara begitu tertarik dengan respon-respon yang disampaikan.

Cara Melakukan Percakapan Menarik, Seru & Menyenangkan
Image source: Cricket.yahoo.com
Nah bagaimana membuat percakapan / pembicaraan yang seru dan menyenangkan terhadap seseorang yang baru dikenal? Perhatikan hal-hal berikut ini untuk memberikan kesan yang positif kepada lawan bicara.

Pembicaraan Seru & Menyenangkan

Kontak mata
Kontak mata dengan lawan bicara tidak hanya membuat anda lebih percaya diri ketika berbicara, tetapi dengan melakukan kontak mata atau menatap mata lawan bicara akan memberi kesan atau menunjukkan kita tertarik pada apa yang mereka bicarakan. Sehingga lawan bicara tertarik ikut andil dalam pembicaraan yang menyenangkan.

Senyuman
Seperti kebanyakan ahli psikologi menyebut "Senyuman tidak hanya membuat yang melakukannya merasa baik tetapi juga membuat orang lain disekitar juga merasa baik". Senyum yang tulus bisa mencerahkan wajah yang suram sekalipun. Senyuman akan memberikan kenyamanan dalam percakapan sehingga anda dan lawan bicara merasakan nyaman dan tidak merasakan canggung mengutarakan ide dalam pembicaraan. Senyum adalah sebuah bahasa tubuh untuk menunjukkan kita menyukai apa yang kita dengar atau lihat dan salah satu cara untuk membuat nyaman orang lain.

Mendengar tidak hanya bicara
Kebanyakan orang akan melupakan kesempatan untuk mendengarkan ketika mereka tengah asyik membicarakan sesuatu tentang diri mereka. Anda harus tahu dimana waktu yang tepat berbicara namun anda juga tidak boleh lupa memberikan kesempatan kepada lawan bicara untuk memberikan ide mereka. Percakapan akan terjadi ketika anda dan lawan bicara anda saling bicara dan mendengarkan.

Bicarakan hal ringan
Melakukan percakapan dengan orang yang telah lama anda kenal dengan baru dikenal tentu akan berbeda. yang membedakan adalah respon mereka, ketika anda melakukan pembicaraan yang terlalu jauh tentu hal ini tidak efektif kepada seorang yang baru anda kenal. Cobalah membahas sesuatu yang memiliki kesamaan dengan lawan bicara, kemudian berusahalah mengulas topik tersebut. Sebab, hal ini akan membangun perasaan yang saling terhubung. Hal hal sederhana yang mendekatkan percakapan dengan seorang yang baru dikenal seperti percakapan seputar hobi, minat, kehidupan sehari -hari dsb.

Bercerita
Sebuah cerita bisa menarik minat orang lain apalagi yang anda ajak berbicara pemalu atau kurang percaya diri. Perhatian orang sudah dimulai sejak awal kita bercerita dan berilah kesempatan kepada mereka untuk merespon apa yang anda ceritakan.

Bertanya
Sama halnya pada poin "mendengar tidak hanya berbicara". Jangan cuma jadi pendengar tetapi ajaklah lawan bicara ikut andil atau merespon percakapan dengan mengajukan pertanyaan. Cobalah ajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana agar mereka percaya kita menyukai apa yang mereka bicarakan, dan ingat jangan bertanya hal hal yang mengandung privasi kepada orang yang baru anda kenal karena hal ini akan mengusik kenyamanan mereka.

Memuji
Anda jangan pelit untuk memuji lawan bicara, apalagi jika percakapan yang mereka lakukan hal hal positif dan membanggakan. Jangan enggan memuji lawan bicara karena biasanya hasilnya positif tentu saja jika pujian diberikan jujur dan apa adanya.

Bicarakan hal bahagia dan Lupakan kisah sedih
Jika anda melakukan percakapan dengan seseorang yang baru anda kenal jangan coba-coba mengisahkan cerita sedih karena akan memberikan kesan negatif kepada lawan bicara. Orang akan menilai kita cengeng dan muram.

Hindari hal hal membosankan yang membuat lawan bicara tidak nyaman
Ada banyak hal yang harus anda hindari ketika melakukan percakapan, agar percakapan berjalan seru dan menyenangkan. beberapa hal yang harus anda hindari adalah:
  • Jangan menentang Argumen lawan bicara tanpa sebab dan alasan yang jelas.
  • Jangan membuat Perbandingan yang bersifat negatif.
  • Jangan meerasa Superior dalam sebuah percakapan
  • Jangan terlalu mengumbar Beban Masalah Pribadi atau mengeluh
  • Jangan melakukan penilaian Negatif
  • Jangan suka Menginterupsi
  • Jangan menyebar Gosip tanpa fakta

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara