sponsored ads

12 Tips Sederhana Mengatasi Semangat Down Di Kantor

Posted By : Posted on - 10:27:00 AM with No comments

Pekerjaan di kantor yang begitu padat atau sibuk seringkali membuat kita stres. Dan saat stres datang produktifitas seseorang akan menurun dan akibatnya akan berpengaruh terhadap kinerja. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menemukan kebahagian di pekerjaan atau di kantor tempat anda bekerja. Bekerja keras memang diperlukan namun adakalanya anda membutuhkan relaksasi sejenak untuk menumbuhkan mood atau semangat anda lagi dengan begitu pekerjaan akan kembali menyenangkan dan hal itu tentu akan meningkatkan kembali kinerja anda.

12 Tips Sederhana Mengatasi Semangat Down Di Kantor

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan semangat dan rasa bahagia di kantor atau di pekerjaan:

Siapkan rewards yang menyenangkan untuk diri anda
Mencoba incentivizing diri dengan imbalan sederhana bisa menjadikan semangat anda kembali tumbuh. sebagai contoh "Jika saya menyelesaikan laporan ini dan bisa selesai hari ini, maka saya bisa pergi bersama teman untuk secangkir kopi di gerai kopi favorit saya," atau "Saya bisa pergi ke happy hour dengan teman-teman malam ini, tapi hanya jika saya selesai membuat presentasi ini. "Anda bahkan bisa membuat daftar rewards atau imbalan untuk tetap termotivasi untuk minggu yang akan datang!

Permainan yang menyenangkan
Mungkin ketika tiba istirahat kantor anda bisa membuat permainan permainan ecil yang menyenangkan yang bisa menumbuhkan kembali mood anda saat bekerja. Mencoret-coret kertas, menggambar di kertas kosong yang tidak terpakai, atau bermain puzzle di meja Anda selama beberapa menit dapat membersihkan kepala Anda dan memicu kreativitas Anda dan tentu saja mampu menumbuhkan semangat anda lagi.

Pajang beberapa barang yang anda sukai
Tidak ada salahnya memajang beberapa hiasan atau barang favorit anda di meja kantor, hal ini dapat membuat mood anda meningkat. beberapa brang yang bisa anda pajang di ruangan kantor anda seperti foto pasangan anda, pernak pernik mainan favorit anda, bunga yang cantik dan barang lainnya.

Mendengarkan musik
Musik serius dapat meningkatkan mood Anda (dan produktivitas) ketika Anda mengalami hari yang buruk dan terlalu sibuk. Jadi dengarkan beberapa lagu favorit Anda terbukti ampuh mampu meningkatkan mood anda.

Berselancar di Internet
Bila Anda membutuhkan sedikit dorongan atau hal menyenangkan untuk kembali menemukan kembali mood anda, tidak ada salhnya untuk menonton video lucu di Youtube, chating bersama teman di Facebook, twitter atau mengunggah foto anda di Instagram. Cobalah salah satu situs favorit anda untuk hal yang lebih menyenangkan.

Relaksasi sejenak
Jika anda terlalu suntuk atau menemukan kejenuhan di kantor atau pekerjaan maka anda bisa mencoba teknik relaksasi sejenak untuk kembali meningkatkan mood anda seperti beberapa menit meditasi, yoga saat waktu luang. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School dan Bender Institut Neuroimaging di Jerman menemukan bahwa peserta yang tidak pernah berlatih meditasi tetapi mulai mengalami kontrol emosional yang lebih kuat, serta perangkat tambahan mental dan emosional. Jadi, menutup pintu kantor atau pop di headphone noise-canceling, mengatur timer selama lima atau 10 menit, tutup mata Anda, dan hanya bernapas secara rileks.

Melihat outdoor
Berjalan sejenak untuk melihat luar ruangan dan menghirup udara segar terbukti mampu meningkatkan kembali mood anda.

Makanlah Makanan yang Meningkatkan Mood
Jika Anda belum makan siang belum atau sedang mencari menu makan siang anda beberapa makanan dan minuman ini dapat membantu menumbuhkan kembali mood anda seperti coklat, secangkir teh hijau, kopi, susu hangat dll!

Minum cukup Air putih
Saat seseorang dehidrasi hal itu dapat menurunkan kinerja dan menjadikan rasa malas dan jenuh muncul. Nah untuk mengatasi hal ini pastikan untuk memenuhi kecukupan cairan tubuh anda dengan perbanyak minum air putih, idealnya 8-9 gelas atau 1,5 L air mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda perhari.

Senyum & tertawa
Memang sulit untuk tersenyum dan tertawa ketika anda sedang stres atau jenuh namun percayalah dengan sedikit senyuman untuk setiap orang yang anda temui di kantor atau sedikit canda tawa dengan rekan kerja anda terbukti ampuh mampu meningkatkan kembali mood atau semangat anda.

Pastikan ruang atau tempat kerja anda bersih
Tidak perlu menunggu cleaning service membersihkan meja kantor atau ruangan anda tempat bekerja. Saat anda merasa ruangan anda kotor maka bersihkan dan rapikan dengan segera. karena ruang yang kotor dan berantakan bisa menurunkan mood anda.

Pastikan cukup istirahat & olahraga
Tubuh yang fit tentu saja akan meningkatkan kinerja anda jadi pastikan tubuh anda selalu fit dan sehat dengan menjaga pola tidur yang berkualitas dan usahakan untuk berolahraga atau aktif secara fisik minimal 30 menit setiap hari. Olahraga tidak perlu berat, bangun pagi dan jogging mengelilingi rumah anda sebelum anda mandi terbukti mampu membuat tubuh anda sehat dan menumbuhkan semangat anda untuk bekerja.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara