Cara Alami & Efektif Mengatasi Penyakit Panu

Cara alami mengatasi panu - Panu merupakan jenis penyakit kulit yang paling umum menyerang di daerah tropis seperti di Indonesia ini. Menurut situs wikipedia bahasa Indonesia panu bukanlah penyakit yang berbahaya namun dapat menular yang disebabkan oleh jamur kulit yang umum disebut sebagai Candida albicans. Penyakit panu akan menyebabkan masalah kepercayaan diri terhadap penderitanya, dan penyakit ini dapat dengan mudah menular melalui alat atau perlengkapan sehari-hari yang digunakan secara bersama-sama sebagai contoh handuk, sabun, pakaian dll. Panu seringkali menyebabkan rasa sangat gatal ketika berkeringat.

Cara Alami & Efektif Mengatasi Penyakit Panu

Panu dalam dunia medis sering disebut dengan Tinea versicolor merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Penyakit panau ditandai oleh bercak yang terdapat pada kulit disertai rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak ini bisa berwarna putih, coklat atau merah tergantung kepada warna kulit penderita. Beda halnya dengan jerawat yang terlihat menonjol di kulit, panu justru tidak menonjol dan biasanya akan terasa gatal apalagi bila terkena keringat. Penyakit ini biasanya menyerang kulit di daerah yang menghasilkan banyak keringat, dan umumnya Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis dan panas sehingga umum dijumpai penyakit ini menyerang masyarakat secara umum.

Tips yang dapat mencegah jenis penyakit panu secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Jaga kebersihan badan dan pakaian.
  2. Selalu gunakan pakaian yang kering dan bersih.
  3. Gunakan peralatan mandi dan peralatan sehari hari seperti handuk, pakaian dll secara sendiri (jangan digunakan bergiliran atau bersama-sama untuk mencegah penularan)
  4. Baca juga cara mengatasi kutu air.

Biasanya panu terdapat pada bagian atas dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, muka dan kepala. Selain menyebakan gatal pada kulit, panu juga membuat penderitanya menjadi tak percaya diri. nah berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda coba untuk mengatasi panu:

Bawang putih
Bawang putih merupakan jenis bumbu yang paling sering mudah ditemukan didapur. Bawang putih mengandung agen antiseptik, antibakteri dan antijamur yang cukup efektif dalam mengatasi penyakit kulit seperti panu. Cara menggunakannya pun mudah, ambil 1-2 butir bawang putih, kemudian potong menjadi 2 bagian, gosokk-gosokkan pada bagian yang terdapat panu. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari hingga jamur penyebab panu mengelupas.

Jeruk nipis & belerang
Seperti anda ketahui bahwa jeruk nipis mengandung senyawa antibakteri dan antiseptik yang cukup baik dalam membasmi bakteri maupun jamur kulit. Jeruk nipis memiliki kandungan Vit C yang cukup tinggi. Belerang juga salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk mengobati segala jenis penyakit kulit termasuk panu. Cara penggunaannya, ambilah 1 buah jeruk nipis dan sedikit belerang. Haluskan belerang sambil memotong beberapa bagian jeruk nipis. Setelah mandi celupkan jeruk nipis tadi ke dalam belerang yang telah dihaluskan dan oleskan pada bagian yang terdapat panunya. Lakukan secara rutin setiap hari hingga panu hilang. Jeruk nipis juga dapat mengatasi stretch mark.

Lengkuas
Ambillah lengkuas yang masih segar agar mengandung banyak air. Kemudian potong – potong dan oleskan belahan lengkuas tadi pada bagian yang terdapat panu. Lakukan secara rutin sehabis mandi. Dengan cara ini maka panu akan berangsur-angsur hilang.

Belimbing wuluh
Sediakan 10 buah, dicuci dan digiling halus. Beri kapur sirih sebesar biji asam dan diremas-remas baik-baik. Ramuan ini digosokkan pada kulit yang terkena panu 2 kali sehari.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara