8 Cara Efektif Mengobati Sengatan Lebah (Tawon)

Tips mengatasi luka sengatan lebah - Rasa sakit akibat sengatan lebah memang menyakitkan, rasa sakit disertai rasa nyeri, seperti terbakar dan umumnya akan terjadi pembengkakan disekitar area sengatan lebah. Rasa sakit dan efek yang ditimbulkan dipengaruhi oleh area dimana sengatan terjadi, jenis lebah yang menyengat dll. Gejala ringan yang ditimbulkan oleh sengatan biasanya akan menimbulkan rasa nyeri, sakit dan bengkak namun untuk beberapa gejala lanjut sengatan lebah bisa menimbulkan gejala seperti:

  • Sulit bernapas
  • Gatal-gatal yang tampak merah dan menyebar ke daerah di luar bagian yang tersengat dan biasanya disertai pembengkakan.
  • Bengkak di wajah, tenggorokan, atau jaringan mulut
  • Suara serak atau sulit menelan
  • Kegelisahan dan kecemasan
  • Detak jantung yang cepat
  • Rasa pusing atau tekanan darah yang menurun tiba-tiba

Nah jika gejala lanjut seperti diatas anda harus segera menghubungi dan meminta bantuan medis dengan segera. Minumlah antihistamin segera dan bersiaplah untuk menggunakan Epinephrine pen sebagai bagian dari pengobatan darurat jika sebelumnya Anda pernah diresepkan obat tersebut. Carilah informasi mengenai cara menggunakan Epipen. tapi tentunya harus melalui konsultasi medis.

8 Cara Efektif Mengobati Sengatan Lebah (Tawon)

Lalu bagaimana jika sengatan terjadi dirumah anda, di kebun atau di lokasi yang jauh dari medis atau rumah sakit. Semua jenis lebah hanya akan menyengat jika mereka merasa terancam, terganggu dengan kehadiran anda. Setelah menyengat dan menyuntikkan racun umumnya mereka akan mati dengan sendirinya, jadi lebah ketika menyengat adalah misi bunuh diri hehehhehe.....

Racun lebah atau yang lebih dikenal dengan apitoxin, adalah cairan berwarna putih kekuning-kuningan terdiri dari protein. Jenis protein yang menyebabkan peradangan (pembengkakan) dan rasa ketidaknyamanan yang berhubungan dengan sengatan. Seekor madu lebah dapat menyuntikkan sekitar 0,1 mg racun, dan kebanyakan orang dewasa dapat menahan reaksi alergi dengan aman menahan 10 sengatan per pon berat badan.

Yang berbahaya akibat sengatan lebah adalah jika terjadi shock anafilaksis, atau reaksi yang sistematis, (cukup langka terjadi) dapat menimbulkan efek kejang kejang dan tubuh membiru, namun kejadian ini sangat langka terjadi namun apapun efek sengatan lebah yang terjadi sebaiknya segera dikonsultasikan dengan medis atau dokter terkait.

Ada beberapa cara untuk mengurangi gejala ringan akibat sengatan lebah. Artikel ini akan menunjukkan pada Anda cara memberikan pertolongan pertama pada sengatan lebah, yang akan membantu meredakan rasa sakit, mencegah pembengkakan lebih luas dan mempercepat penyembuhan berikut tips mengatasi sengatan lebah.

Hilangkan bekas sengatan sesegera mungkin. Ketika lebah atau tawon menyengat mereka akan meninggalkan racun dari perutnya berbentuk duri kecil runcing yang berwarna hitam kekuningan yang menancap diarea sengatan. Cabut menggunakan kuku jari anda. Setelah itu lanjutkan dengan (pilih salah satu)

 1   Jika tersedia minumlah ibuprofen atau asetaminofen untuk meredakan rasa sakit (harus sesuai petunjuk dokter).

 2   Mengompres menggunakan es batu. Tekankan es yang dikompres dengan kain pada area yang tersengat selama 20 menit. Gejala-gejala tersebut seharusnya menghilang segera. Rasa dinginnya dapat membatasi pembuluh darah (yang memperlambat aliran darah yang telah bercampur racun) sekaligus melumpuhkan rasa sakit dan rasa gatal.

 3   Atau anda bisa mengoleskan odol pada area yang tersengat lebah. Tunggu hingga 15 menit hingga gejalanya berkurang.

 4   Anda bisa juga menggunakan opsi lain yaitu Cuka, Soda Kue, dan Pelunak Daging. Campurkan cuka, soda kue, dan pelunak daging menjadi sebuah pasta. Pelunak daging mengandung enzim yang disebut papain yang dapat memecah racun dalam sengatan lebah. Oleskan pada area yang tersengat. Tunggu hingga 20 menit agar gejalanya mereda. Gejala-gejala ini seharusnya menghilang satu jam setelah aplikasi.

 5   Menggunakan madu. Oleskan madu pada daerah yang tersengat. Sensasi dingin dan lembutnya dapat meredakan gejala sedikit selama 30 menit.

 6   Menggunakan kentang. Kupas kentang mentah atau potong menjadi dua. Letakkan kentang tersebut pada area yang tersengat. Kentang mentah akan membuat Anda lega sejenak dan dapat membuat bekas sengatan sembuh lebih cepat.

 7   Menggunakan minyak esensial lavender. Terapkan satu tetes minyak esensial lavender langsung pada sengatan. Pastikan sengatan sudah benar-benar keluar sebelum melakukannya.

 8   Menggunakan lumpur. Tutupi sengatan sepenuhnya dan merata pada area sengatan menggunakan lumpur. Setelah 15 menit atau lumpur sudah mengering, cuci menggunakanair bersih.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara