Tips Meningkatkan & Membuat Hidup Lebih Bahagia

Tips Efektif Membuat Hidup Anda Lebih Bahagia - Kebanyakan orang akan menganggap beberapa hal dalam hidup adalah suatu kebahagiaan seperti harta yang berlimpah, posisi kerja atau jabatan tinggi, kesehatan, memiliki istri atau pacar yang cantik dll sehingga banyak orang berusaha dan menjadikan beberapa hal diatas sebagai tujuan akhir untuk mencapai kebahagiaan. memang hal tersebut membuat kebanyakan orang yang bahagia, siapa sih yang tidak bahagia memiliki istri atau pacar yang cantik yang bisa dibanggakan kemanapun mereka pergi, memiliki banyak uang dan bisa membeli kebutuhan apapun yang mereka perlukan atau memiliki jabatan tinggi di suatu pekerjaan atau instansi tertentu dengan banyak karyawan yang menghormati mereka.

Lalu apa sebenarnya definisi dari kebahagiaan itu sendiri? Seperti dikutip dari situs Wikipedia.org, kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya. Bahkan berbagai peningkatan dalam hidup dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan rasa bahagia. Jika meningkatkan keadaan hidup seseorang belum tentu rahasia untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang, lalu apa cara yang efektif untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang dalam hidup mereka?

Membuat Hidup Lebih Bahagia

Sonja Lyubomirsky adalah seorang profesor psikologi di University of California-Riverside dan dia menghabiskan sebagian besar karirnya mempelajari kebahagiaan. "Penelitian telah mengumpulkan untuk meyakinkan menunjukkan bahwa sebagian besar kebahagiaan mungkin berada di bawah kendali seseorang melalui kegiatan yang mereka pilih dan bagaimana mereka menafsirkan dan menanggapi situasi dalam hidup mereka," ia dan peneliti postdoctural Kristin Layous menulis dalam Emosi Positif (Oxford University Press 2014). Nah berikut adalah beberapa cara efektif meningkatkan kebahagiaan seperti dikutip dari situs Entrepeneur.com:

Selalu mengingat bahwa hidup ini singkat
Merenungkan kematian mungkin tampak seperti cara mundur untuk menemukan kebahagiaan, tapi menunjukkan ini mungkin memang menjadi strategi yang efektif menurut sebuah penelitian terbaru oleh Lyubomirsky. Menurut situs badan kesehatan dunia atau WHO (world health organization) menyebut rata rata orang hidup didunia ini adalah 65 tahun, sekarang umur berapa hidup anda dan apakah sisa hidup anda akan digunakan untuk hal hal yang tidak perlu ataukah untuk melakukan hal yang membuat anda bahagia.

Dengan mengingat hidup ini singkat maka merupakan cara efektif untuk menemukan kebahagiaan, karena anda akan mampu bersyukur dengan kehidupan ini. Dengan rasa syukur untuk selalu menikmati hidup dengan lebih baik maka hal ini akan membuat hidup anda lebih bahagia. Dalam studi yang dilakukan oleh Sonja, peserta penelitian ini diinstruksikan untuk hidup bulan berikutnya seolah-olah itu hari hari terakhir (menetap di kota mereka saat ini) dan para peneliti melacak kegiatan sehari-hari mereka. Mereka yang berada di kelompok pertama melaporkan tingkat yang lebih tinggi dalam merasakan kesejahteraan dan dicek dan diawasi selama empat minggu percobaan, serta dua minggu setelah penelitian selesai. Tercatat bahwa kebahagiaan mereka meningkat dari waktu ke waktu.

Lebih mudah untuk menghargai atau mensyukuri sesuatu (baik itu makanan, kesempatan, waktu atau sumber daya) ketika hal itu terbatas karena ketika sumber daya terbatas, hal itu akan meningkat nilainya. Dengan membayangkan waktu semakin dekat dengan kematian, maka kebahagiaan untuk menggunakan waktu dan kesempatan akan terus meningkat dalam menjalani hari. Waktu yang baik tidak akan bertahan selamanya karena akan ada keterbatasan waktu yang bisa hanya anda gunakan yaitu "Selama Hidup".

Berpikir Positif
Salah satu hal yang membuat seseorang merasa tidak bahagia adalah karena mereka selalu dihantui rasa was was, kecemasan, kekhawatiran dll. Jika kecemasan dan kekhawatiran ini dibiarkan maka lambat laun akan menyebabkan anda mudah stres, mudah down dan selalu berpikir negatif. Dengan selalu berpikir positif hal ini akan mencegah anda untuk selalu mersa cemas, gelisah maupun khawatir yang pada akhirnya akan membuat hidup anda lebih bahagia.

Sesekali keluar dari kehidupan yang monoton
Seperti Lyubomirsky menulis dalam bukunya, "bahkan peristiwa yang paling indah atau penting yang rentan terhadap proses adaptasi hedonis, dimana mereka kehilangan dampak emosional mereka dari waktu ke waktu dan melalui paparan berulang." Nah ini berarti bahkan peristiwa yang membahagiakan sekalipun akan menjadi hal yang biasa ketika hal itu terus berulang atau monoton. Anda perlu liburan ketika pekerjaan selalu mengisi hari hari anda yang sibuk, beradaptasi dengan lingkungan yang baru ketika anda merasa bosan, lebih banyak waktu bersama keluarga atau teman ketika anda stres, membuat kegiatan atau aktifitas baru untuk mengisi hari anda dan hal menyenangkan lain akan membuat hidup anda lebih bahagia ketika anda merasakan hidup yang terus berulang atau monoton.

Bersosialisasi
Ya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, mereka akan tetap membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. "Orang-orang yang mengambil langkah-langkah untuk memiliki banyak teman, anggota keluarga, atau lebih banyak terhubung atau bersosialisasi dalam masyarakat tercatat memiliki tingkat yang lebih tinggi dalam kebahagiaan dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan aktivitas sehari-hari sendiri atau mereka yang penyendiri, bersosialisasi merupakan langkah yang baik untuk pemenuhan kesehatan mental dalam hal ini kebahagiaan, "tulis para peneliti. (Baca juga tips meningkatkan kesehatan mental) "Jadi, fokus pada hubungan yang dekat dengan orang orang disekitar anda dan bisa membantu orang lain hal ini akan membuat mereka lebih bersyukur atas apa yang mereka miliki, dan hal ini akan membuat hidup anda lebih bahagia."

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara